Jayapura, Jumat 2 Agustus 2024
HUMAS PAPUA INFO - Dalam rangka mewujudkan Pelayanan Publik yang baik dan prima, salah satunya dengan mengoptimalkan peran kehumasan dalam sebuah instansi, Kantor Wilayah Kemenkumham Papua mengikuti kegiatan pembinaan dan koordinasi Humas, Hukum dan Kerjasama secara virtual di Aula Kanwil kemenkumham Papua, Jumat (2/8/2024).
Kegiatan yang digelar oleh Biro Humas, Hukum, dan Kerja Sama diikuti oleh Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kemenkumham Papua, Anthonius M. Ayorbaba, S.H.,M.Si Kepala Divisi Administrasi Hendrik Pagiling, didampingi Kepala Bagian Program dan Humas Victor Lucky Maturbongs, Kepala UPT Pemasyarakatan dan Keimigrasian se-Kota Jayapura, Kepala Sub Bagian HRBTI Mulia Wari Sonny serta pelaksana pada bagian HRBTI.
Kegiatan ini juga diikuti oleh 9 (Sembilan) Kantor Wilayah yakni Kemenkumham Sulawesi Selatan, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Barat, Sulawesi Utara dan Kanwil Papua Barat, secara virtual dipimpin langsung oleh Kepala Biro Humas, Hukum, dan Kerja Sama Hantor Situmorang, didampingi Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Papua, Anthonius M. Ayorbaba bertujuan untuk memberikan pelatihan dan penguatan atas fungsi Advokasi Hukum, Kehumasan, Kerja Sama Dalam Negeri, dan Kerja Sama Luar Negeri kepada pegawai Kantor Wilayah dan UPT sekitar yang melaksanakan fungsi tersebut.
Peran dari Kehumasan menjadi ujung tombak kepada Masyarakat kita. Glorifikasi image dari Institusi Pemerintah termasuk Kemenkumham Papua.
Dalam Sambutan Kakanwil Kemenkumham Papua, Anthonius M. Ayorbaba, S.H.,M.Si Berterima kasih dan Apresiasi kepada Karo Hukerma boleh mengunjungi langsung dan dapat melaksanakan kegiatan di pagi ini (2/8) Bersama 9 Kantor Wilayah.
"Dengan kerja-kerja Humas Pemerintah dapat memberikan trust dari Masyarakat melalui kerja-kerja kehumasan dalam waktu cepat memberikan laporan," Tegas Kakanwil Ayorbaba.
Di sisi lain, menurut Ayorbaba dengan Kerja Humas Masyarakat pun dapat mengetahui informasi baik melalui tantangan kinerja Humas Pemerintah, jika ada komplen dari Masyarakat melalui e-Lapor mampu direspon dengan cepat, maupun melalu Media Sosial Kanwil.
Berkaitan dengan kerja sama luar negeri, kaya Ayorbaba tentu kinerja Kemenkumham diminta untuk mengembangkan kerja sama melalui Aplikasi P2MA, Hubungan Kelembagaan.
Hari ini kita boleh mendengar secara langsung penguatan yang disampaikan Ķaro Hukerma, tentunya kita dapat sharing berkaitan dengan tantangan-tantangan yang dihadapi di Papua.
Dijelaskan oleh Kakanwil Papua dengan perkembangan yang cukup pesat dengan pelayanan Kanwil Papua sebagai Provinsi Induk melayani Daerah Otonomi Baru (DOB) dengan terobosan Innovasi kegiatan layanan yang dikemas dalam " Kanwil Kemenkumham Papua Melayani Provinsi Papua Selatan, Papua Tengah dan Papua Pegunungan"
Menurutnya Ekspektasi Masyarakat sangat besar tentunya dengan layanan yang luar biasa dari Jajaran Kanwil yang melayani dengan iķlas yaitu Pelayanan langsung di tempat. Kata Ayorbaba, hal yang dilakukan ini dengan mendapat ragam apresiasi dan terima kasih atas kerja-kerja cepat Kanwil Kemenkumham Papua yang berkolaborasi dengan UPT Keimigrasian dan lintas Divisi.
"Dengan gerakan cepat dan kerja cepat tentu kami akan menyusun sebuah perencanaan yang baik agar mendapat dukungan di Tahun 2025, " Harap Anthonius M. Ayorbaba
"Prospek kerja humas ke depan harus semakin tajam, terpercaya dan berimbang," Ujarnya (2/8)
Hal ini Didukung, kaya Ayorbaba, dengan Program unggulan Kanwil Kemenkumham Papua PASTI TIFA melalui Innovasi, Disiplin, Berkinerja dan Berolahraga.
Selanjutnya Kepala Biro Humas, Hukum, dan Kerja sama Hantor Situmorang, dalam penyampaian materi menjelaskan peran Kehumasan ini tidak hanya ada pada Biro Humas, Hukum dan Kerja Sama saja tetapi juga di Kantor Wilayah bahkan sampai pada Satuan Kerja untuk membangun kepercayaan masyarakat kepada Kementerian Hukum dan HAM RI.
“Humas merupakan ujung tombak sebuah instansi yang memiliki peran yang sangat krusial dalam membangun dan memperkuat citra positif sebuah instansi pemerintah. Marilah kita tingkatkan peran kita semua dan tingkatkan kepedulian kita serta mengikuti perkembangan-perkembangan yang ada. Kecepatan menjawab dan merespons menjadi penting dalam pengelolaan aplikasi LAPOR! dan pengelolaan informasi krisis pada mediA, tegas Hantor (2/8)
Hantor juga menjelaskan Kegiatan ini melibatkan berbagai sesi pelatihan yang fokus pada peningkatan keterampilan komunikasi, penulisan berita, dan manajemen media sosial. Selain itu, diadakan pula diskusi mengenai strategi efektif dalam menghadapi krisis komunikasi dan bagaimana membangun hubungan yang baik dengan media massa.
Hantor mengatakan kita ke Papua membawa Tum lengkap jadi kepada rekan-rekan Humas agar melakukan koordinasi dan Komunikasi jika ada kendala yang dihadapi di Kawil masing-masing.
Kegiatan pun dilanjutkan dengan sesi diskusi bersama Karo Hukerma termasuk salah satu penanya dari Kanwil Maluku dan 2 penanya diantaranya dari Kanwil Kemenkumham Papua. (***)
LAPORAN TIM HUMAS KANWIL KEMENKUMHAM PAPUA
WEB : www.papua.kemenkumham.go.id
Twitter : @kanwilpapua
IG. : humaskemenkumhampapua
FB : Humas Kemenkumham Papua