PERJUANGKAN LEMBAGA MANAJEMEN KOLEKTIF DI PAPUA, KAKANWIL AJAK SENIMAN PAPUA DAFTARKAN HAK CIPTA, MAU VIRAL STOP PLAGIAT

May be an image of 3 people, dais and text that says 'AEOA KANTOR WILAYAHPAPUA WILAYAH SOSIALISASI KEKAYAAN INTELEKTUAL LAINNYA Pendaftaran Cipta mendorong Kreasi dan Inovasi serta M prong Terbentuknya Lembaga Mano n Kolektif Daerah 28 MARET 2024 RPUበ VC'

 

Jayapura, Kamis 28 Maret 2024

HUMAS PAPUA INFO - "Mau Viral Stop Plagiat,Kerja keras Kanwil Papua bersama Dinas Pariwisata Kota Jayapura, untuk daftarkan Hak Cipta Khusus untuk para Seniman, dengan target Membentuk Lembaga Manajen Kolektif di Tanah Papua, demikian yang disampaikan Kepala Kantor Wilayah (Kaķanwil) Kemenkumham Papua, Anthonius M. Ayorbaba, S.H.,M.Si di sela-sela Penyampaian Soasialisasi Kekayaan Intelektual, pada Kamis 28/3/2024, di Jayapura. Kegiatan yang dikemas dalam tema : Mendorong Kreasi dan Innovasi serta Terbentuknya Lembaga Manajemen Kolektif (LMK) di Daerah diikuti sekitar 50 Peserta Seniman Kota Jayapura. Kegiatan Sosialisasi KI di gelar pada Ball Room Hotel Aston Jayapura, Jl. Percetakan Negara No.50 - 58, Gurabesi, Kec. Jayapura Utara, Kota Jayapura, Papua, kerja sama Dinas Pariwisata Kita Jayapura dan Kanwil Kemenkumham Papua.

May be an image of 7 people and table

Kepala Kantor Wilayah, Anthonius M. Ayorbaba dalam sambutannya menjelaskan pentingnya perlindungan Kekeyaan Intelektual (KI) khususnya ciptaan berupa lagu kepada penggiat seni dan siswa/siswi SMP dan SMA yang menjadi juara pada perlombaan Cipta Lagu dilingkungan sekolah se Kota Jayapura. Disampaikan sekolah yang keluar sebagai pemenang Pertama diraih oleh Siswa SMP Kristen Kalam Kudus, Juara II & III diraih Siswa SMU Yapis Jayapura sementara Juara Harapan I diraih oleh Siswa SMU Negeri 4 Jayapura. Perlombaan pun digelar bagi beberapa pelaku seni pencipta lagu dan penyanyi yang berada di kota Jayapura dan sekitarnya. Kepala Kantor Wilayah, Anthonius M. Ayorbaba pun mengungkapkan keinginannya membentuk LKM di Papua. Karena menurut Pria Kelahiran Ansus Serui ini, LKM dapat membantu para Pencipta lagu, pelaksana pertunjukan serta hak terkait untuk mendapatkan hak ekonominya (royalti) dari ciptaannya sendiri. "Para pelaku seni di Tanah Papua akan menikmati hasil dari kerja kerasnya, wujud Negara hadir membantu para pelaku seni," Tegas Ayorbaba (28/3)

May be an image of 10 people, people studying and table

Dikatakan Ayorbaba, Pada pangkalan data permohonan cipta di Kanwil Kemenkumham Papua, baru terdapat 114 Pencipta lagu dari 200 pencipta yang dibutuhkan sebagai salah satu syarat terbentuknya LMK di Provinsi Papua. Kakanwil, Anthoniusb M. Ayorbaba pun mengajak seluruh Siswa Pelajar serta para pelaku seni pencipta lagu yang sudah memiliki lagu sendiri untuk segera mendaftarkan lagu nya di Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Papua beralamatkan di Kotaraja Jayapura. "Kami tunggu kehadiranmu di Kantor Wilayah, dan memastikan layanan kami bebas dari Pungutan liar dan sesuai prosedur yang berlaku," Ujarnya. Kepada Kepala Dinas Pariwisata Kota Jayapura, Mathius B. Mano, S.Par dapat membantu memfasilitasi permohonan pendafataran tersebut dan bersama-sama mewujudkan terbentukanya LMK di Privinsi Papua. Pada waktu yang sama, Kadis Pariwisata Kota Jayapura, Mathius B. Mano, S.Par pun memberikan penguatan bagi peserta sosialisasi terkait Tugas danPokok dan Fungsi dari Dinas Pariwisata Kota Jayapura. Mathius Mano pun mengajak para Pelaku Seni yang berada di Wilayah Kota Jayapura untuk bersama-sama mewujudkan terbentukanya LMK di daerah, serta siap berkolaborasi bersama Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Papua dalam memberikan perlindungan hukum terkait kekayaan intelektual di Provinsi Papua terkhusus di Kota Jayapura. (***)

 

 

 

LAPORAN TIM HUMAS KANWIL KEMENKUMHAM PAPUA

WEB : www.papua.kemenkumham.go.id

Twitter : @kanwilpapua

IG. : humaskemenkumhampapua

FB : Humas Kemenkumham Papua


Cetak   E-mail