Imigrasi Tingkatkan Pengawasan Tenaga Kerja Asing Asal India di Lapan - BRIN Biak

WhatsApp Image 2023 04 28 at 13.30.56

Biak Numfor, Jumat 28 April 2023

HUMAS PAPUA INFO - Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Papua, Anthonius M. Ayorbaba, SH.,M.Si, bersama Kepala Divisi Imigrasi, Ian Fidianto Markos, Kepala Kantor Imigrasi kelas II TPI Biak, Edward Infaindan bersama Kabid Intelijen dan Penindakan, Albert Divisi Keimigrasian Kanwil Kemenkum HAM Papua melakukan pengawasan terhadap 2 (Dua) tenaga kerja asing asal India di Lapan- BRIN Kabupaten Biak, pada Jumat 28/4/2023. Pengawasan orang asing di Lapan Biak dipimpin Kakanwil dan Kadiv Keimigrasian didampingi Kepala Sub Seksi Intelijen dan Penindakan Keimigrasian Kantor Imigrasi Kelas II TPI Biak Oky Syachputra. Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Papua, Anthonius M. Ayorbaba, SH.,M.Si bersama Kepala Divisi Imigrasi, Ian Fidianto Markos serta Pejabat Administrator, Pengawas Jajaran Keimigrasian Kanwil Papua dan Kanim Kelas II TPI Biak berkunjung ke Balai Lapan - BRIN ( Badan Riset dan Inovasi Nasional) diterima oleh Perekayasa Ahli Utama Pusat Riset Teknologi Roket Dr. Rika Andiarti dan Koordinator Pelaksana Fungsi Balai Lapan Biak.

WhatsApp Image 2023 04 28 at 13.30.53

Kedatangan Kakanwil Kemenkumham Papua didampingi oleh Pimti Pratama dan Pejabat lainnya melakukan monitoring dan silahturahmi bersama Staf dan Pimpinan Balai Lapan karena mempekerjakan Tenaga Kerja Asing yakni 2 Orang yang berasal dari Negara India. Dina Fifqiana yang menyambut kehadiran Kakanwil Papua dan Rombongan mengapresiasi kedatangan Kakanwil Papua dan Kadiv Imigrasi untuk dapat bekerja sama, saling membangun Koordinasi karena pada Lapan sendiri memperkerjakan orang asing yang tentunya dalam pengawasan Keimigrasian. Kadiv Imigrasi, Ian Fidianto Markos menyebutkan pengawasan keimigrasian 2 (Dua) tenaga kerja India yang bekerja sebagai teknisi pada ISRO Indian Space Research Organisation (ISRO) yang merupakan Organisasi Penelitian Luar Angkasa India bekerja sama dengan BRIN Badan Riset Inovasi Nasional (BRIN) Lapan Biak.

WhatsApp Image 2023 04 28 at 13.30.51

 

Dua tenaga kerja asing India di antaranya Sachidananda (53), Brijendra Kumar (28), Hari Ganesh. Pengawasan orang asing dipimpin Kakanwil dan Kadiv Imigrasi merupakan bagian dari tugas dan fungsi supervisi bidang Intelijen dan Penindakan Keimigrasian Divisi Keimigrasian Kanwil Kemenkum HAM Papua. "Terhadap kinerja Seksi Intelijen dan Penindakan Keimigrasian Kantor Imigrasi Kelas II TPI Biak dalam pemeriksaan didapati bahwa izin tinggal yang digunakan keempat WN India tersebut adalah masih berlaku dan sesuai dengan peraturan pemberian izin tinggalnya yaitu izin tinggal dinas yang dikeluarkan Kementrian Luar Negeri RI sebagai bagian kerja sama antar Pemerintah Republik Indonesia dan India," ujarnya. Kakanwil Papua, Anthonius M. Ayorbaba berpesan agar jenis kerjasama seperti ini juga dapat memberikan dampak yang positif bagi tenaga-tenaga ahli lokal melalui transfer pengetahuan di bidang Satelit Antariksa dari tenaga ahli India kepada tenaga ahli lokal Indonesia. (*)

LAPORAN TIM HUMAS KANWIL KEMENKUMHAM PAPUA

WEB : www.papua.kemenkumham.go.id
Twitter : @kanwilpapua
IG. : humaskemenkumhampapua
FB : Humas Kemenkumham Papua


Cetak   E-mail