One Day One Prison's Product Lapas Se Papua, Kakanwil Kemenkumham Apresiasi Apresiasi Hasil Karya Warga Binaan

WhatsApp_Image_2023-04-18_at_16.50.39.jpeg

Selasa, 18 April 2023

Jayapura _ Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Papua membuka kegiatan One Day One Prison Product yang berlangsung Ruang Lobi Utama Kanwil Kemenkumham Papua, Selasa (18/04/2023). Kegiatan One Day One Prison Product merupakan dukungan untuk meningkatkan produktivitas Warga Binaan Pemasyarakatan ( WBP ) melalui pembelian produk Warga Binaan oleh Petugas Pemasyarakatan dan masyarakat maupun pegawai kantor wilayah. Selain itu kegiatan ini merupakan rangkaian dari peringatan Hari Bhakti Pemasyarakatan ke 59. Kepala Divisi Pemasyarakatan Endang L Hardiman saat di temui tim humas mengatakan pameran ini di laksanakan sesuai dengan random yang sudah disampaikan oleh pusat untuk kegiatan rangkaian kegiatan hari bhakti pemasyarakatan jadi ini adalah hasil karya dari warga binaan kita semua dari semua Lapas yang ada di Papua ini. Hari ini kita dapat lihat hasil pameran ini memang sebetulnya sangat baik sekali dan produk-produknya juga ini memang sudah terukur karena itu banyak juga teman-teman yang antusias untuk membeli cuman karena waktunya mungkin yang saat ini sangat singkat karena besok sudah menjelang hari libur bersama.

WhatsApp_Image_2023-04-18_at_16.47.18.jpeg

Kadivpas berharap bahwa teman-teman warga binaan terutama dilakukan yang ada di Papua ini tidak berhenti untuk berkreasi jadi apapun yang sudah dibikin sekarang ini sudah baik dan ditingkatkan lagi supaya lebih baik lagi seperti yang kita lihat ada kue yang sudah bisa diproduksi juga rajutan ada pipa dari Biak, lemari hias sudut rumah, lukisan dari kulit kayu. Semuanya sudah bisa kita produksi untuk itu saya selaku kadivpas memberikan semangat dan apresiasi kepada semua Lapas yang sudah memberdayakan warga binaannya untuk berkreasi mudah-mudahan nanti setelah kita membuka cafe untuk edukasi dan asimilasi yang ada di Lapas kita di depan kantor wilayah ini ada space untuk kita memajangkan hasil karya mereka dalam bentuk instalasi ya semua masyarakat bisa tahu apa yang sudah dilakukan oleh teman-teman kita warga binaan yang ada di dalam lapas yang ada di Papua. " Jelas Kepala Divisi Pemasyarakatan Endang L Hardiman.

WhatsApp_Image_2023-04-18_at_16.47.19.jpeg

Sementara itu di tempat yang sama kakanwil Kemenkumham Papua Anthonius M Ayorbaba, mengajak pegawai dan masyarakat untuk membeli produk hasil karya warga binaan pemasyarakatan atau narapidana. Lebih lanjut Kakanwil menyampaikan bahwa dalam rangka hari bakti Pemasyarakatan 59 dengan satu kegiatan berkaitan dengan one prison one product hari ini dilakukan pameran di kantor wilayah dengan waktu yang juga memasuki mendekati hari libur jadi beberapa agenda-agenda penting berkaitan dengan terpaksa kita lakukan secara sederhana di kantor wilayah harapan saya selaku Kakanwil dengan produk-produk yang sudah dihasilkan oleh warga binaan di UPT masing-masing ini terus ditingkatkan dan perlu lagi untuk di buat dengan beberapa desain-desain yang lebih menarik dengan kualitas yang lebih baik sehingga akan mudah untuk di promosikan kepada masyarakat dan juga dijual. Kepala Kantor Wilayah Anthonius M Ayorbaba juga berharap kegiatan ini dapat meningkatkan pendapatan bagi Warga Binaan. Serta perolehan Penerimaan Negara Bukan Pajak yang berasal dari penjualan produk.

WhatsApp_Image_2023-04-18_at_16.47.15.jpeg

“Setiap produk yang terjual akan menghasilkan PNBP untuk negara, selain itu, ada juga sebagian untuk warga binaan yang menghasilkan produk yang akan diberikan saat mereka bebas nanti sehingga bisa dijadikan modal usaha,” tuturnya. proses ini tentu akan Kita sesuaikan dengan momen-momen yang ada Untuk itu saya menyampaikan terima kasih dan apresiasi untuk para Kalapas dan jajarannya se papua yang sudah bekerja keras membina warga binaan untuk peningkatan keterampilan yang ada di UPT masing-masing dan mari terus bersinergi membangun kolaborasi dengan semua pihak baik pemerintah daerah tapi juga lembaga-lembaga tertentu yang konsen untuk melakukan pembinaan bagi warga binaan di Lapas Lapas yang ada di Papua. Anthonius berharap ke depan lapas-lepas di Papua dapat juga punya icon icon dari produk yang mereka hasilkan yang tentu memiliki kualitas yang terbaik nama untuk semua jajaran Pemasyarakatan dan momentum Hari bhakti Pemasyarakatan ke-59 harus bisa dimaknai untuk meningkatkan kinerja pemasyarakatan yang lebih baik lagi mewujudkan kinerja Pemasyarakatan lebih pasti. " Pungkas Kakanwil Anthonius M Ayorbaba

 

 

( Info Humas Kemenkumham Papua. Red. Dok: HR )


Cetak   E-mail