HADIR SEBAGAI NARASUMBER KAKANWIL SOSIALISASI KEKAYAAN INTELEKTUAL BAGI 30 ORANG PESERTA OPD TERKAIT DALAM RAPAT KERJASAMA PEMANTAUAN DAN PENGAWASAI KI DI PAPUA

 

WhatsApp_Image_2023-04-17_at_15.33.01.jpeg

Senin, 17 April 2023

Jayapura _ Usai secara resmi membuka kegiatan Sosialisasi Pemantauan/Pengawasan Di Bidang Kekayaan Intelektual kakanwil pun di hadiri sebagai narasumber pada kegiatan rapat tersebut yang dilaksanakan bertempat di Ball Room Hotel Aston Lantai 3 Jayapura, Jln. Percetakan Negara No 15 Kota Jayapura , Provinsi Papua. Dalam penyampaian materinya Kakanwil Anthonius M Ayorbaba menyampaikan bahwa penegakan hukum di bidang Kekayaan Intelektual sangat penting dan harus dijadikan perhatian kita bersama di Papua, karena dalam mewujudkan pemanfaatan Kekayaan Intelektual sangat erat kaitannya dengan hak moral dan hak ekonomi bagi pemilik produk ataupun pemegang hak atas kepemilikan Kekayaan Intelektual baik aspek personal maupun aspek komunal. Selanjutnya Anthonius juga menyampaikan bahwa saat ini selain melakukan pemantauan dan pengawasan, Kanwil Kemenkumham Papua juga melakukan upaya penyebarluasan informasi terkait tata cara pendaftaran Kekayaan Intelektual kepada seluruh masyarakat penyedia jasa, usaha dagang, dan pelaku usaha khususnya pendaftaran merek. Selain itu kerjasama dengan berbagai pihak untuk membentuk Unit Layanan Sentra Kekayaan Intektual terus dilakukan guna mambantu proses pendaftaran Kekayaan Intelektual di masing-masing Kabupaten/Kota yang ada di Papua ini. " Kata Anthonius.

WhatsApp_Image_2023-04-17_at_15.32.20_1.jpeg

Lebih lanjut Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Papua, Anthonius M Ayorbaba mengatakan bahwa dalam rangka pemberian perlindungan hukum tersebut negara melalui Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual Kementerian Hukum Hukum dan HAM dalam memberikan kemudahan dengan pengembangan sistim dengan menggunakan basis media elektronik yang dipandang perlu disosialisasikan dan diedukasikan kepada masyarakat. “Tentu Kehadiran pemerintah daerah khususnya Pemerintah Daerah Kabupaten Yang ada di Papua ini dan sentra kekayaan Intelektual yang berada di area akademisi atau dunia pendidikan, kami sangat mengharapkan peran serta aktif yang berkesinambungan dalam rangka pengembangan kekayaan intelektual ”, Ujar Anthonius. Pentingnya Kerjasama Pemantauan / Pengawasan di bidang KI dengan Instansi Terkait diharapkan akan mampu mengurangi pelanggaran-pelanggaran terhadap Kekayaan Intelektual khususnya Pemerintah Daerah Provinsi Papua maupun di Kabupaten yang ada di Papua, hal ini juga disampaikan oleh Kakanwil pada kegiatan yang diikuti oleh 30 orang peserta dengan berbagai latar belakang profesi diantaranya yang turut hadir langsung mengikuti PJ Bupati Kepulauan Yapen Cyfrianus Y Mambai, Perwakilan Kepolisian Daerah Papua yang di wakili oleh Kanit 2 Subdit Indikasi Imran Hutajulu, Kabid Pelayanan Hukum Habel Way, Perwakilan Sat Pol PP Provinsi Papua/ Kota dan Kabupaten, PPNS KI Kantor Wilayah, Sentra KI, Organisasi Pemerintah Daerah (OPD) dan Stakeholder terkait.

WhatsApp_Image_2023-04-17_at_15.32.20.jpeg

“Semoga melalui kegiatan Kerjasama Pemantauan/Pengawasan di Bidang Kekayaan Intelektual pada hari ini diharapkan dapat memberikan pengetahuan dan wawasan kita bersama terutama berkaitan dengan Kekayaan Intelektual atas penegakan Hukum dan Pengawasannya demi mencegah pelanggaran Kekayaan Intelektual yang ada di Provinsi Papua, " ucap Anthonius M Ayorbaba. Kegiatan kemudian dilanjutkan dengan diskusi panel dengan narasumber dan tamu undangan yang hadir untuk mendalami dan membahas tentang Hak Cipta dan Pelanggaran Kekayaan Intelektual di wilayah provinsi Papua. Mengakhiri kegiatan Kakanwil mengatakan bahwa beberapa pemerintah daerah di Papua ada yang belum mengetahui pentingnya perlindungan Hukum Kekayaan Intelektual bagi masyarakatnya, serta dapat meningkatkan PAD daerahnya. "Kemenkumham Melayani Papua, akan terus mendorong, serta melakukan sinergitas bersama dengan Pemerintah Daerah di Papua untuk dapat memfasilitasi masyarakat agar mendaftarkan Hak Kekayaan Intelektualnya di Kanwil Kemenkumham Papua."ucap Anthonius M Ayorbaba. Di akhir bincang-bincang tersebut, Kakanwil Kemenkumham Papua, mengatakan. Sudah saatnya kita Bekerja di Papua Jangan Meninggalkan Air Mata, tapi Meninggalkan Mata Air Kehidupan Bagi Masyarakat Papua. Jangan Ragu Karena kami hadir untuk masyarakat Papua, Kamenkumham memiliki Tata Nilai kami PASTI yaitu (Profesional,Akuntabel,Sinergi,Transparan,Inovatif) serta Kanwil Kemenkumham Papua PASTI TIFA (Transformasi,Improvmen,Fisibilitas,Aktualisasi). " Pungkas Kakanwil Anthonius M Ayorbaba.

 

 

( Info Humas Kemenkumham Papua. Red. Dok: HR )


Cetak   E-mail