Dorong Kerjasama Pemantauan dan Pengawasan Kekayaan Intelektual di Papua Agar Terlindung, Kakanwil Kemenkumham Papua Buka kegiatan Kerjasama Pemantauan/Pengawasan di Bidang KI

WhatsApp_Image_2023-04-17_at_15.32.17.jpeg

Senin, 17 April 2023

Jayapura _ Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Papua melalui Divisi Pelayanan Hukum dan HAM menyelenggarakan kegiatan Kerjasama Pemantauan/Pengawasan di Bidang Kekayaan Intelektual (KI) Dengan Instansi Terkait dengan mengangkat tema " Pemantauan dan pengawasan dalam rangka pencegahan pelanggaran kekayaan intelektual”, bertempat di Hotel Aston Lantai 3 Jayapura. Senin (17/04/2023). Kegiatan yang dibuka langsung oleh Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Papua ( Anthonius M Ayorbaba ) ini menghadirkan 1 orang narasumber yaitu dari Direktorat Reserse Kriminal Khusus Kepolisian Daerah Papua Kanit 2 Subdit Indikasi ( Imran Hutajulu ). Turut hadir juga mengkuti kegiatan ini PJ Bupati Kepulauan Yapen ( Cyfrianus Y Mambai ) Kepala Bidang Pelayanan Hukum ( Habel Way ), JFT dan JFU Sub Bidang Kekayaan Intelaktual dan PPNS pada Subbidang Kekayaan Intelektual Kanwil Kemenkumham Papua serta peserta perwakilan OPD terkait.

WhatsApp_Image_2023-04-17_at_13.21.53.jpeg

Kepala Bidang Pelayanan Hukum selaku ketua pelaksana kegiatan dalam laporannya menyampaikan bahwa Sosialisasi Pemantauan/Pengawasan terkait Kekayaan Intelektual ini dimaksudkan untuk meningkatkan sinergi dan kerjasama antara Stakeholder di wilayah Papua terkait pelaksanaan Pemantauan/ Pengawasan di Bidang Kekayaan Intelektual dengan sasaran kegiatan adalah berkurangnya tingkat pelanggaran terhadap Kekayaan Intelektual di Provinsi Papua dengan melakukan pengawasan terhadap potensi pelanggaran Kekayaan Intelektual yang terjadi di masyarakat. " Jelasnya. Sementara itu dalam sambutan Kepala Kantor Wilayah menyampaikan Kekayaan Intelektual merupakan salah satu sektor yang mendorong majunya sektor perekonomian. Peran Hak Kekayaan Intelektual (HKI) adalah sebagai industri kreatif yang tergolong kuat dalam memberikan kontribusi ekonomi nasional.

WhatsApp_Image_2023-04-17_at_13.21.38.jpeg

Lebih lanjut, Anthonius menyampaikan perlindungan terhadap HKI mempunyai korelasi yang erat dengan peningkatan kreasi para penemu/pencipta dan pendesain yang pada akhirnya akan memberikan kontribusi ekonomi yang besar, baik untuk para penemu/pencipta/pendesain maupun untuk negara. Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia melalui Kanwil Kemenkumham Papua terus berupaya memberikan jaminan kepastian hukum bagi pemilik HKI. Salah satunya adalah melakukan pengawasan terhadap potensi pelanggaran KI di wilayah untuk itu kegiatan hari ini penting kita laksanakan sehingga kalaborasi dan sinergitas antara instansi terkait dalam pemantauan atau pengawasan Kekayaan Intelektual yang ada di daerah sesuai visi misi presiden yang mana poin ke sembilan sinergitas di setiap instansi dalam bekerja untuk mencapai hasil yang baik tanpa harus bekerja sendiri sendiri ", ungkap Anthonius M Ayorbaba.

WhatsApp_Image_2023-04-17_at_13.22.04.jpeg

 

Kakanwil berharab opd terkait dapat berkolaborasi dengan Kanwil kemenkumham Papua agar dapat menindaklanjuti penindakan di lapangan terkait pelanggaran Kekayaan Intelektual tentu hal ini perlu kita terus sosialisasi dan sampaikan agar masyarakat dapat pahami. " Ucap Anthonius. Di akhiri sambutanya Anthonius M Ayorbaba berharap melalui kegiatan ini dapat membawa dampak positif bagi perlindungan KI di Papua, Kerjasama Pemantauan / Pengawasan di bidang KI dengan Instansi Terkait diharapkan akan mampu mengurangi pelanggaran-pelanggaran terhadap Kekayaan Intelektual di Indonesia terlebih khusus di Bumi Cenderawasi Papua yang Kami cintai ini. " Tutur Kakanwil Anthonius M Ayorbaba.

 

 

( Info Humas Kemenkumham Papua. Red.Dok: HR )


Cetak   E-mail