Beri Penguatan WBK/WBBM dan Arahan Sekjen Di Lapas Kelas II B Merauke, Bapas Kelas II Merauke dan Kanim Kelas II TPI Merauke, Kakanwil : Lakukan dengan Semangat Kerja Yang Tinggi, Yakinlah Bahwa UPT di Papua Mampu Meraih Predikat WBK/WBBM

 WhatsApp_Image_2023-04-15_at_16.45.59.jpeg

Merauke 15/04/23 – Dalam rangka melakukan Penguatan Pembangunan Zona Integritas Menuju WBK/WBBM, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Papua Mathius M Ayorbaba yang didampingi oleh Kepala Divisi Imigrasi, Ian Fidihanto Markos memberikan penguatan dan penyampaian arahan Sekjen pada Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Merauke dan Balai Pemasyarakatan Kelas II Merauke Sera Kanim Kelas II TPI Merauke Bertempat di Aula Bapas Kelas II Merauke.

Pelaksanaan kegiatan tersebut merupakan tindak lanjut dari Surat Keputusan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia tentang Penetapan Usulan Satuan Kerja Berpredikat Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) / Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) di Lingkungan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia.

Kegiatan di awali dengan Sambutan Kalapas Kelas II B Merauke Lukas L. Frans,dalam sambutannya Menyampaikan Laporan Kondisi Lapas yang apabila musim hujan maka Lapas Kelas II B Merauke akan tergenang oleh air dan dapat mengganggu proses oprasional pada lapas kelas IIB merauke dan dapat menyebabkan gangguan kesehatan pada Warga binaan dan petugas yang ada di lapas.

"Kami mengucapkan terima kasih dan bersyukur atas kedatangan Bapak Kakanwil beserta rombongan untuk memberikan penguatan terkait Pembangunan ZI Menuju WBK/WBBM serta melihat langsung situasi Lapas Kelas II B Marauke. Selain terkendala jika curah hujan tinggi maka terjadi genangan air yang cukup mengganggu aktivitas baik WBP maupun Petugas, kami juga terkendala dengan akses kendaraan pengangkut Bahan Makanan WBP. Untuk itu kami berharap kedepannya pembangunan Pintu/akses masuk Kendaraan Bama dapat terealisasi untuk mempermudah pendistribusian Bama ke dalam Lapas Kelas II B Merauke."Ujar Lukas L. Frans.

Selanjutnya Sambutan Kepala Balai Pemasyarakatan Kelas II Merauke Kabapas melaporkan permasalahan yang ada di Bapas Kelas II Merauke adalah Pembimbing Pemasyarakatan yang sampai saat ini belum memiliki Hunian Tinggal dan di harapkan kedepan nya mendapatkan atensi dari pimpinan.

Dilanjutkan dengan Penguatan dan Arahan Oleh Kepala Divisi Imigrasi tentang Pelaksanaan WBK di Lapas Kelas IIB Merauke dan Bapas Kelas II Merauke, Menurut Ian Markos, agar Memperhatikan Arahan Sekjen bagaimana Mengantisipasi Libur Lebaran dimulai dengan Mengatur Jadwal Piket agar nanti nya Keamanan Tetap Terjaga serta kedisiplinan harus dijaga.

"baik kedisiplinan masuk kerja, maupun dalam berpakaian. pegawai Lapas dan Bapas agar meningkatkan kedisiplinan, melaksanakan pekerjaan sesuai dengan standar operasional prosedur (SOP), dan jauhi narkoba, sesuai dengan amanat Menkumham dan Sekjen. bapak/ibu rekan-rekan petugas untuk selalu berinovasi dan sama sama mendorong pencanangan ZI menuju WBK/WBBM."tutur Ian F. Markos.

WhatsApp_Image_2023-04-15_at_16.46.00.jpeg
Kegiataan penguatan dilanjutkan oleh Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Papua Anthonius M Ayorbaba.

Kakanwil mengatakan Dalam menggapai WBK kuncinya adalah Menyusun Strategi. yang menjadi tantangan pelaksanaan WBK di Papua adalah UPT Pemasyarakatan tetapi bukan berarti Tidak Bisa Mendapatkan WBK. WBK dapat diwujudkan apabila Pimpinan mampu mengerakan roda organisasi yang dipimpinnya.

"jangan beranggapan bahwa pemenuhan data dukung wbk itu berat karena hal itu merupakan tusi kita setiap hari di kantor, kedepannya di harapkan tidak terjadi kecolongan lagi seperti triwulan pertama dan adanya semangat yang baru untuk Triwulan Ke dua. tidak ada tugas yang berat apabila di kerjakan bersama. Yakinlah bahwa kerja keras bapak/ibu akan berbuah manis, UPT di Papua pasti bisa meraih predikat WBK/WBBM."ujar Anthonius M Ayorbaba.

Anthonius M Ayorbaba juga mengingatkan kepada Seluruh Jajaran ASN yang ada di lingkungan Kanwil Kemenkumham Papua agar dapat menyiapkan diri dengan baik untuk mengikuti Penyesuaian Ijasah (PI) dan Ujian Dinas mengingat sekarang syatem Ujian telah menggunakan Computer Test (Comet), sehingga harus di siapkan jauh jauh hari.

"nilai IKPA dan Urutan Kanwil Papua dalam Realisasi Anggaran Triwulan Pertama sudah sangat baik dan harus tetap kita kawal menjadi lebih baik lagi hal yang harus di perhatikan adalah nilai IKPA perlu adanya keseimbangan antara realisasi anggaran dan nilai ikpa." Ungkap Anthonius M Ayorbaba.

di akhir arahannya Kakanwil Kemenkumham Papua juga mengingatkan pentingnya berolahraga mengingat covid 19 masih ada di antara kita, dengan berolahraga tubuh kita dapat menjadi sehat dan dapat bekerja secara produktif, dan juga memperhatikan arahan Sekjen bagi yang akan Melaksanakan Cuti Hari Raya. Kegiatan di akhiri dengan foto bersama.

Turut Hadir PLT Kepala Kantor Imigrasi Kelas II TPI Merauke, Kepala Bagian Program Dan Humas Kanwil Kemenkumham Papua, Victor Lucky Maturbongs,Kasubag Program dan Pelaporan,Ronal Lumatauw, Perwakilan Pegawai Kanim Kelas II TPI Merauke dan Para Pejabat administrasi Lapas kelas IIB dan Bapas Kelas II merauke

WhatsApp_Image_2023-04-15_at_16.46.01.jpeg

LAPORAN TIM HUMAS KANWIL KEMENKUMHAM PAPUA

WEB : www.papua.kemenkumham.go.id
Twitter : @kanwilpapua
IG : humaskemenkumhampapua
FB : Humas Kemenkumham Papua


Cetak   E-mail