Percepatan Capaian Kinerja Triwulan II TA. 2023 Kakanwil Kumham Papua Adakan Rapat Evaluasi Pelaksanaan Kegiatan dan Anggaran

WhatsApp_Image_2023-03-27_at_16.10.30_1.jpeg

Senin, 27 Maret 2023

Jayapura _ Dalam percepatan capaian Kinerja dan Anggaran pada Triwulan II di Tahun Anggaran 2023, Kakanwil Kemenkumham Papua lakukan Rapat Evaluasi Pelaksanaan Kegiatan dan Anggaran bersama Pejabat Struktural yang digelar di Aula Utama Lantai II Kanwil Kemenkumham Papua, Senin (27/03).

Dalam laporannya Kepala Divisi Administrasi Hendrik Pagiling, menyampaikan tujuan dari Rapat ini adalah untuk mengetahui indikasi awal rencana penarikan dana untuk membiayai pelaksanaan kegiatan dan target kinerja yang akan dicapai di triwulan II yang akan sesuai dengan kebutuhan, Implementasi value for money dalam rangka merealisasikan anggaran berbasis kinerja, memahami penyusunan Disbursement Plan, Procurement Plan, dan Kalender Kerja TA. 2023, yang meliputi 5 komponen besar manajemen kinerja, yakni perencanaan kinerja, pengukuran kinerja, pelaporan kinerja, evaluasi kinerja dan capaian kinerja serta dapat menyusun kebutuhan anggaran sesuai dengan kebutuhan real di lapangan.

"Rapat ini sangat penting dilaksanakan, sebagai awal kita untuk melakukan kegiatan dan mengevaluasi anggaran di triwulan II di tahun 2023 di sisa empat hari kedepan ini. " Ujar Hendrik

WhatsApp_Image_2023-03-27_at_16.10.30.jpeg

Sementara itu Dipaparkan Kepala Kanwil Kemenkumham Papua, Anthonius M Ayorbaba, per tanggal 27 Maret 2023, dari total Pagu Kanwil Kementerian Hukum dan HAM Papua, yang telah terealisasi di Triwulan II ini baru sebesar 29,36%, dari target yang ditentukan yakni sebesar 43%. Yang mana sehubungan akan dilakukan Percepatan Realisasi Anggaran dilingkungan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Papua menetapkan Target Realisasi di Triwulan ke I 22%, Triwula ke ll 43 %, Triwulan ke lll 25 % dan Triwulan lV 10 % jika di akumulasikan dengan Target Triwulan l dan ll menjadi 65 %, perubahan Target Realisasi Anggaran tentunya akan mempengaruhi perubahan target Realisasi Hal lll DIPA pada masing masing Divisi maupun satuan kerja. " Ucap Anthonius

Anthonius Mengatakan, masih ada beberapa Satuan Kerja yang masih jauh dari target dalam penyerapan anggaran.

Untuknya, Anthonius M Ayorbaba berharap seluruh Pemangku Anggaran di setiap Divisi maupun satuan kerja di lingkungan Kanwil Kemenkumham Papua dapat melakukan langkah-langkah perbaikan pengelolaan anggaran sehingga realisasi Tahun 2023 dapat tercapai sesuai target yang diharapkan.

"Perbaiki perencanaan anggaran agar target kinerja yang sudah ditetapkan tidak meleset dari apa yang sudah disepakati,” katanya.

Evaluasi atas Pelaksanaan Kegiatan dan Anggaran Triwulan II Tahun Anggaran 2023 ini diikuti oleh Kuasa Pengguna Anggaran, PPK, dan Pengelola Keuangan Pejabat struktural dari masing-masing Divisi di lingkungan Kanwil Kemenkumham Papua.

WhatsApp_Image_2023-03-27_at_16.11.04_1.jpeg

Hadir memberikan arahan, Kepala Divisi Administrasi,Hendrik Pagiling, Kepala Divisi Keimigrasian, Ian Fidihanto Markos, Kepala Divisi Pemasyarakatan, Endang L Hardiman dan Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM, Muhamad Mufid. (Info Humas Kemenkumham Papua. Red/Dok : Heri)


Cetak   E-mail