500 IBU-IBU ANGGOTA PKK KOTA JAYAPURA ANTUSIAS MENERIMA MATERI KEKAYAAN INTELEKTUAL OLEH KAKANWIL KEMENKUMHAM PAPUA

WhatsApp_Image_2023-03-15_at_12.08.33_1.jpeg

Jayapura, Rabu 15 Maret 2023

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Papua, Anthonius M. Ayorbaba saat memberikan materi dalam kegiatan rapat konsultasi TP PKK Kota Jayapura.

HUMAS PAPUA INFO - Hak Kekayaan Intelektual atau HAKI memiliki fungsi yang penting bagi pelaku UMKM sebagai perlindungan hukum serta legalitas dan tentunya mencegah pelanggaran HAKI itu sendiri.

Hal itu diungkapkan Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Papua, Anthonius M. Ayorbaba saat memberikan materi dalam rapat konsultasi TP PKK Kota Jayapura, di Kantor Wali Kota Jayapura, Rabu (15/3/2023).

Kekayaan intelektual dibagi menjadi dua kategori, yaitu hak cipta dan hak kekayaan industri yang terbagi menjadi lima jenis, yaitu paten, merek, desain industri, rahasia dagang, dan desain tata letak sirkuit terpadu.

WhatsApp_Image_2023-03-15_at_12.08.39.jpeg

"Ini harus didaftarkan agar bisa mendapatkan perlindungan Hukum dari Negara. Papua khususnya Kota Jayapura memiliki potensi ekonomi yang harus mendapatkan HAKI. Kami sudah mengeluarkan 1.192 sertifikat untuk OAP tahun 2022, dan yang terbanyak adalah lagi," ujarnya.

Dalam prinsip ekonomi, HAKI dari kegiatan kreatif dari daya pikir manusia yang diapresiasikan dalam berbagai bentuk yang akan memberikan keuntungan kepada pemilik yang bersangkutan.

"Kalau kita sudah melakukan pendaftaran dengan baik maka akan memperoleh manfaat. Jadi, saya minta yang sudah punya produk agar segera mendaftar demi keamanan dan kenyamanan," ujarnya.

Hak atas ciptaan sama halnya dengan hak moral yang secara langsung merujuk pada subjek ciptaannya atau yang melekat pada penciptaan atau pemegang hak cipta tersebut.

"Kementerian hukum dan HAM siap melayani bagi siapapun yang ingin mendapatkan HAKI, asalkan mempunyai produk. Mari kita semua bekerja bersama membangun Papua," ujarnya.

Ayorbaba berharap kreativitas dan inovasi harus terus didukung dan butuh sosialisasi dan terus dikawal agar bisa menikmati manfaatnya guna terwujudnya kemakmuran dan kesejahteraan perekonomian masyarakat melalui sinergitas dan kolaborasi yang baik. (*)

WhatsApp_Image_2023-03-15_at_12.08.30.jpeg

LAPORAN TIM HUMAS KANWIL KEMENKUMHAM PAPUA

WEB : www.papua.kemenkumham.go.id
Twitter : @kanwilpapua
IG. : humaskemenkumhampapua
FB : Humas Kemenkumham Papua


Cetak   E-mail