Resmi Buka Rapat Timpora Tingkat Provinsi, Kakanwil : Buat Langkah Strategis dalam pengawasan orang asing di Papua

WhatsApp_Image_2023-03-14_at_15.00.53.jpeg

Jayapura 14/03/2023 - Bertempat di Hotel Horison Ultima Entrop Kakanwil Anthonius M. Ayorbaba didampingi Kadiv Keimigrasian Ian Fidihanto Markos secara resmi membuka kegiatan Rapat Tim Pengawasan Orang Asing (Timpora) tingkat provinsi Papua. Kegiatan yang diikuti oleh stakeholder terkait ini bertujuan untuk berkordinasi secara bersama-sama terkait pengawasan orang asing yang berada di seluruh Provinsi Papua.

"Kegiatan Rapat Timpora ini sesuai amanah undang-undang No 6 Tahun 2011 tengang keimigrasian, sehingga kita bersama instansi terkait bisa saling berkoordinasi bekerjasama mengawasi dan memantau pergerakan dan kegiatan orang asing di wilayah kita" Tegas Kakanwil.

Dalam sambutannya Kakanwil menyampaikan bahwa keberadaan dan kegiatan orang asing yang masuk maupun keluar wilayah Indonesia selain berdampak positif juga memiliki kerawanan yang dapat ditinjau dari aspek Ideologi,Politik,Ekonomi, Sosial Budaya, Pertahanan dan Keamanan.

"Kami meyakini keberadaan dan kegiatan orang asing yang masuk maupun keluar wilayah Indonesia selain memiliki dampak positif juga memiliki kerawanan yang dapat ditinjau dari aspek Ideologi,Politik,Ekonomi, Sosial Budaya, Pertahanan dan Keamanan" Ujar Kakanwil.

WhatsApp_Image_2023-03-14_at_15.01.01.jpeg

Kakanwil juga menyampaikan bahwa di tahun 2023 ada agenda penting di Provinsi Papua yang dapat mengundang Turis Mancanegara untuk hadir dalam agenda tersebut yakni Sail Teluk Cenderawasih 2023 dimana agendi ini adalah kegiatan percepatan pembangunan Provinsi Papua sesuai agenda rencana aksi Inpres Nomor 9 Tahun 2020 Tengang percepatan pembangunan Kesejahteraan Provinsi Papua dan Papua Barat.

Kemudian STC Tahun 2023 terpilih sebagai Tuan Rumah Governors Climate and Forest Task Force (GCFTF) dan International Converence on Biodiversity Eco-Tourism and Creative Economy (ICBE) dan akan kedatangan delegasi dari 40 Negara dan peserta kurang lebih dari 500 orang sehingga peran dari Timpora ini sangat dibutuhkan karena ini merupakan agenda besar.

Selanjutnya kakanwil juga menyampaikan bahwa Mimpi Dirjen Imigrasi adalah Memimpin imigrasi dalam pelayanan publik menjadikan imigrasi indonesia semakin mutakhir sepertia Apa yang sudah dicapai di UEA, Qatar dan Singapore.

Turut serta dalam kegiatan pembukaan ini Kadiv Administrasi Hendrik Pagiling dan juga Kadiv Pemasyarakatan Endang Lintang Hardiman.

(Laporan Tim Humas Kanwil Kemenkumham Papua)

WhatsApp_Image_2023-03-14_at_15.00.42_1.jpeg

 


Cetak   E-mail