SEMINAR AKHIR PERENCANAAN GEDUNG KANTOR IMIGRASI KELAS 1 KABUPATEN MIMIKA NILAI 72 M

WhatsApp_Image_2022-12-16_at_16.30.46.jpeg

Jayapura, Jumat 16 Desember 2022

HUMAS PAPUA INFO - Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Papua, Anthonius M.Ayorbaba, menerima surat resmi dari Bupati Kabupaten Mimika berkaitan Ruslah Kantor Imigrasi Kelas II TPI Mimika ke Pemerintah Daerah Kabupaten Mimika. Dibalik upaya perjuangan Kakanwil Papua bersama Tim khusus Kantor Imigrasi untuk menaikkan status Kelas dari Kelas II menjadi Kelas I. Sehingga Upaya ini semakin matang disaat kerja sama dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Mimika melalui Bupati Eltinus Omaleng untuk meruslah Kanim Kelas II TPI Mimika menjadi aset dari Pemda Mimika. Upaya membangun tata kota yang baik, tentu yang lagi dikerjakan Pemerintah Daerah termasuk Pembangunan Kantor Bupati, mengingat Kantor Imigrasi masuk dalam kategori pelebaran jalan Bandara. Sedangkan Kepala Dinas PUPR Kabupaten Mimika mengatakan, Konsultan dari Mimika.

WhatsApp_Image_2022-12-16_at_16.30.36.jpeg

Apresiasi kepada Kakanwil, kita masih membutuhkan masukan sebesarnya2nya. Standar yang yangbakan dibangun dengansemua fasilitas di dalamnya adalah mengakomodir Kanim kelas I. Prototipe bangunan akan ditata dengan sangat baik dan berharap menjadi percontohan di Indonesia. "Sudah ada panduan standar dan Pemerintah Daerah Optimis siap membangun Kantor Imigrasi Mimika. Perlu untuk kerja bersama berkaitan dengan Sertifikat Lahan, karena akan sdkit jadi pertanyaan pada Biro BMN dan Setjen. Tantangan kita ada pada Kemenkeu pengalihan Kantor lama. Karo BMN melalui Zoom Meeting : Apresiasi kepada Pemda Mimika dan Kakanwil yang terus bekerja keras, dan Pemda Mimika yang telah menyediakan Lahan dan MembangunKanim Mimika.

WhatsApp_Image_2022-12-16_at_16.30.35.jpeg

Terkait dengan Proses administrasi oengelolaan BMN kami yakin Pemda Mimika sudah menyiapkan Lahan dengan kondis Clean and Clear. Laporan yang kami terima bahwa lahan tersebut masih melekat hak Ulayat dan memohon info dari Kakanwil dan Ka Dinas PUPR, mengingat lahan menjadi sesautu persialan tersendiri. Tentu banyak menemukan banyak permasalahan terkait dengan lahan untuk Lapas dan rutan di NTT baru-baru ini. Sementara itu Kakanwil Papua, Anthonius M.Ayorbaba mengucapkan apresiasi dan terima kasih atas kolaborasi yang terbangun bersama Pemerintah Daerah Mimika sehingga lahan yang direncanakan akan dibangun Kantor Imigrasi Mimika yang baru sangat representatif untuk peningkatan kelas II ke kelas I Kanim Mimika.

WhatsApp_Image_2022-12-16_at_16.30.44.jpeg

Hal ini akan terus kita dorong bersama Tim kerja dari Kanim Imigrasi Mimika untuk proses ke depan agar pembangunan menggunakan anggaran Pemerintah Daerah Mimika segera terlaksana. "Tugas saya sebagai Kakanwil akan menyampaikan Bapak Menteri Hukum dan HAM untuk ruslah Kantor Imigrasi yang lama dengan dengan Pemda Mimika," Tegas Kakanwil, Anthonius M.Ayorbaba. Kakanwil Anthonius M Ayorbaba, Apresiasi kepada Pemda Mimika yang bersedia membangun Kantor Imigrasi Mimika. Kakanwil menyampaikan bersyujur karena boleh meninggalkan Legazy selama memimpin di Kanwil Papua dengan berdirinya Kanim Mimika.

WhatsApp_Image_2022-12-16_at_16.12.20.jpeg

Laporan telah dibawa langsung oleh Kakanwil ke Jakarta dan langsung diserahkan dan dilaporkan kepada Menteri Hukum dan HAM pada 10 Desember 2021, Menkumham apresiasi dengan ketersediaan dokumen pembangunan dan juga telah bertemu dengan Ses Imigrasi untuk progres pembangunan. Dengan Gambaran awal pembangunan yang baik ini maka ke depan Tim akan melakukan beberapa langkah dengan melakukan studi banding ke Sulawesi Tengah dan menurut Kakanwil masih dipikirkan hal lain. Secara keseluruhan dikatakan Kakanwil, tidak banyak Kantor kemenkumham Dibangun oleh Pemda selain Kalimantan Timur. " Ucapnya Yang terpenting ada dukungan dari Sekreatris Jenderal Imigrasi untuk berproses tetapi tugas kanwil akan terus meyakinkan Biro Perencanaan untuk penambahan kelas menjadi Kelas I dengan berbagai pertimbangan tentunya yang awalnya direncanakan Mimika akan didorong menuju kota Jasa dengan didorong menjadi Bandara Internasional. Kantor Imigrasi akan menjadi sebuah kantor strategis dalam upaya membantu Pemda dan saling memberikan dukungan tentunya.

WhatsApp_Image_2022-12-16_at_16.12.19.jpeg

 

Berkaitan dengan Kantor lama akan diserahkan sepenuhnya dari kementetian Keuangan karena menurut Ayorbaba hal ini merupakan Pemerintahan ke Pemerintahan lainnya. Area yang luar dari Kantor Imigrasi yang lama, dengan sudah memenuhi unsur Kekayaan Intelektual terutama kearifan Lokal. Kita siap untuk mengawal bersama termasuk bersiap memikirkan tantangan kita ke depan dengan pengelolaan Aset. Ke depan Kanwil Kemenkumham akan menseriusi kerja keras mendorong segera pembangunan Kantor Imigrasi yang baru. "Kita yang dipercayakan Tuhan untuk memimpin di Tanah ini suatu saat akan berakhir, kita harus bekerja dengan meninggalkan legazy untuk menjadi berguna bagi generasi mendatang," Ungkap Ayorbaba.

LAPORAN TIM HUMAS KANWIL KEMENKUMHAM PAPUA

WEB : www.papua.kemenkumham.go.id
Twitter : @kanwilpapua
IG. : humaskemenkumhampapua
FB : Humas Kemenkumham Papua


Cetak   E-mail