JAGA ASET NEGARA MELALUI PENATAUSAHAAN BMN, KANWIL PAPUA GELAR TALK SHOW PENGELOLAAN BMN

WhatsApp_Image_2022-11-22_at_11.11.40.jpeg

Jayapura, Selasa 22 November 2022

HUMAS PAPUA INFO - Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Papua, Kepala Divisi Administrasi, Hendrik Pagiling, S.H.,M.H buka secara resmi Talk show Pengelolaan BMN tahun 2022 Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Papua, Selasa (22/11/2022).

Talk show Pengelolaan BMN tahun 2022 Kanwil Kemenkumham Papua & Jajaran dipusatkan di Kota Jayapura serta dihadiri oleh seluruh Kepala UPT Pemasyarakatan dan Keimigrasian melalui luring dan Daring.

Kegiatan ini dilaksanakan bertempat di Ball Room Hotel Horison, Kota Raja Kota Jayapura Provinsi Papua.

Turut hadir Kepala Divisi Imigrasi, Ian Fidianto Markos yang didampingi Kabag Umum, Dina Aplena, dan juga hadir Kepala Lembaga Pembinaan Khusus Anak Sarlota Hay, Kabapas Keerom Lukas Apono, Plt Kakanim Kelas I TPI Jayapura Abduraab Ely, serta Pejabat Pengawas dilingkungan Kanwil Kemenkumham Papua, juga Narasumber dari KPNL dan BPN Kota Jayapura.

Dalam amanatnya membuka kegiatan ini mewakili kakanwil, Kepala Divisi Administrasi Hendrik Pagiling menyampaikan, Salah satu peran vital dari kegiatan penertiban BMN adalah diharapkan mampu memberikan gambaran kondisi sekarang berapa besar nilai seluruh aset negara, baik itu yang bersumber dari APBN maupun dari sumber perolehan lainnya yang sah, serta disamping itu ketersediaan adanya database BMN yang komprehensif dan akurat dapat segera terwujud.

WhatsApp_Image_2022-11-22_at_11.15.29.jpeg

Dalam siklus logistik, tahap pertama dari proses manajemen aset adalah perencanaan kebutuhan dan penganggaran. Penyusunan rencana kebutuhan barang dilakukan dengan melihat ketersediaan jumlah barang yang dimiliki dengan rencana kegiatan pelaksanaan tupoksi dan sarana dan prasarana pendukungnya. " Jelas kadivmin

Hendrik, berharab kedepan database BMN akan memainkan peran yang strategis dalam setiap pengambilan keputusan perencanaan kebutuhan barang nasional oleh Pengelola Barang dan usulan alokasi penganggarannya dalam APBN.

Visi pengelolaan aset negara ke depan adalah menjadi the best state asset management on the world, tantangan untuk mewujudkan visi tersebut tidaklah ringan, perlu kerja keras dari semua pihak mengingat problematika di seputar pengelolaan aset negara sekarang ini begitu kompleks.

Oleh karena itu, pengelolaan aset negara harus ditangani oleh SDM yang profesional dan handal, dan mengerti tata peraturan perundangan yang mengatur aset negara.

Penertiban BMN pada kementerian / lembaga negara yang sekarang lagi berjalan harus dijadikan momentum bersama untuk menginventarisir dan menata kembali aset negara yang selama ini masih belum tertangani dengan baik agar penggunaan dan pemanfaatan aset negara sesuai dengan peruntukannya, serta mampu memberikan manfaat yang sebesar-besarnya bagi negara dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

WhatsApp_Image_2022-11-22_at_11.15.31.jpeg

Perubahan yang terdapat pada PP 28/2020 tidak akan efektif apabila pengelola BMN dan satker tidak memahami perubahan yang tercantum di dalamnya.

Latar belakang perubahan PP 28/2020 ini adalah untuk menyesuaikan pengaturan yang lebih komprehensif. Perubahan ini dilakukan supaya ada pengaturan yang lebih komprehensif yang disesuaikan dengan perkembangan kebutuhan, sehingga pelaksanaan dan pengelolaan BMN dapat dilaksanakan secara optimal, efektif, dan efisien.

Pokok perubahan pada PP 28/2020 yakni; mengenai pemindahtanganan, pemanfaatan, penilaian, badan layanan umum, dan pengaturan lainnya.

Dari sisi pemanfaatan, terdapat bentuk baru pemanfaatan BMN, yaitu kerja sama terbatas untuk pembiayaan infrastruktur. Bentuk baru pemanfaatan BMN ini merupakan optimalisasi BMN untuk meningkatkan fungsi operasional BMN guna mendapatkan pendanaan untuk pembiayaan penyediaan infrastruktur lainnya. " Jelas Hendrik

Di akhiri amanatnya Kadivmin Hendrik Pagiling, berharab Jajaran untuk senantiasa bersyukur serta menjaga nama baik Kemenkumham RI.

"Mari kita selalu bersyukur dan menjadikan Kementerian Hukum dan HAM sebagai Rumah Besar kita dimana kita mencari penghidupan untuk keluarga kita, untuk itu mari kita terus jaga nama baik dan marwah Kementerian Hukum dan HAM.

Kegiatan di lanjutkan dengan Talk Show dengan Tema " Ayoo..!! Jaga Aset Negara Melalui Penatausahaan BMN dan di lanjutkan dengan sesi tanya jawab tentang aset negara.(**)

WhatsApp_Image_2022-11-22_at_11.13.20.jpeg

LAPORAN TIM HUMAS KANWIL KEMENKUMHAM PAPUA

WEB : www.papua.kemenkumham.go.id
Twitter : @kanwilpapua
IG. : humaskemenkumhampapua
FB : Humas Kemenkumham Papua


Cetak   E-mail