PENCANANGAN PENANGANAN PELAYANAN PUBLIK BERBASIS HAM (P2HAM) DI KANWIL KEMENKUMHAM PAPUA, KAKANWIL : MAU AMAN, PELAYANAN PUBLIK DI PAPUA HARUS MENGEDEPANKAN NON DISKRIMINASI

WhatsApp_Image_2022-06-30_at_11.28.09_AM.jpeg

Jayapura, Rabu 30 Juni 2022

HUMAS PAPUA- Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum & HAM (Kemenkumham) Papua gelar Acara Pencanangan Pelayanan Publik Berbasis HAM (P2HAM) pada hari ini, Rabu (22/06/2022).

WhatsApp_Image_2022-06-30_at_11.28.08_AM.jpeg

Kegiatan yang digelar menghadirkan Direktur Jenderal Hak Asasi Manusia (Dirjen HAM) Mualimin Abdi melalui Hybrid turut serta seluruh Jajaran Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pemasyarakatan & Keimigrasian se-Papua melalui Virtual meeting dalam rangka pencanangan Penanganan Pelayanan Publik kepada Masyarakat berbasis Hak Asasi Manusia (HAM).

 WhatsApp_Image_2022-06-30_at_11.27.37_AM.jpeg

Melalui acara ini Jajarannya Kanwil Kemenkumham Papua terus semangat dalam memberikan pelayanan publik yang cepat, tepat berkualitas, non diskriminasi, bersih, akuntabel, dan berorientasi pada kepuasan masyarakat, dan berkomitmen mengumandangkan pelayanan publik yang prima dan selalu memberikan yang terbaik dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

WhatsApp_Image_2022-06-30_at_11.27.37_AM_1.jpeg

Sebelumnya Seluruh Jajaran baik Pejabat Pimti Pratama, Pejabat Administrator, Pengawas, Kepala UPT Pemasyarakatan & Keimigrasian dan Staf JFU & JFT mendaraskan Komitmennya melalui janji pelayanan Publik berbasis Hak Asasi Manusia dirangkaikan dengan Penandatanganan Komitmen tersebut yang diawali oleh Kepala Kantor Wilayah, Kepala UPT yang disaksikan langusng oleh Ketua Ombudsman RI Perwakilan Papua, Sabar Olif Iwanggin dan Kasie Pidum Kejaksaan Tinggi Papua.

WhatsApp_Image_2022-06-30_at_11.27.41_AM.jpeg

Dalam Sambutannya Kakanwil Kemenkumham Papua, Anthonius M. Ayorbaba, S.H.,M.Si mengatakan “Untuk tahun 2022 ini telah disepakati sebagai tahun transisi, sehingga yang harus dilaksanakan oleh unit kerja hanya tahapan pencanangan seperti hari ini kita laksanakan.

 WhatsApp_Image_2022-06-30_at_11.27.44_AM.jpeg

Lanjut Ayorbaba, hari ini kita hadir pada kegiatan yang sangat penting yakni Pencanangan Pelayanan Publik berbasis HAM di Kanwil Kemenkumham Papua. Penilaian Pelayanan Publik berbasis HAM sesuai dengan amanat yang tertuang dalam Pasal 5 Permenkumham Nomor 2 Tahun 2022 tentang Pelayanan Publik berbasis HAM yang berbunyi Pembentukan Pelayanan Publik berbasis Hak Asasi Manusia dilaksanakan melalui tahap Pencanangan, Pembangunan, Evaluasi, Penilaian serta Pembinaan dan Pengawasan.
Pencanangan P2HAM dalam 5 item tersebut sebagai bentuk komitmen dari seluruh Jajaran tertuang dalam surat pernyataan terkait hal-hal yang berkaitan dengan Pelayanan Publik.

WhatsApp_Image_2022-06-30_at_11.27.51_AM.jpeg

Tentu dengan kehadiran Ketua Ombudsman dan Kejaksaan Tinggi Papua, serta Pejabat Pimti Pratama dan seluruh Pejabat Administrator Kita terus meminta petunjuk dan arahan Dirjen HAM dalam berkinerja upaya mewujudkan Pelayanan Publik terbaik berbasis HAM di Jajaran Kemenkumham Papua.

WhatsApp_Image_2022-06-30_at_11.27.56_AM.jpeg

Walaupun saat ini yang sedang terjadi di lapangan khususnya di Daerah Papua penuh dengan tantangan, namun Kanwil Kemenkumham Papua tetap bersemangat untuk memberikan pelayanan terbaiknya. Kakanwil juga menyampaikan sebagai laporan kepada Dirjen HAM bahwa dalam upaya melaksanakan tusi tentu banyak hal yang telah kami kerjakan untuk terus membangun sinergitas bersama berbagai pihak termasuk sinergi bersama Pemerintah Daerah di Papua.

WhatsApp_Image_2022-06-30_at_11.28.02_AM.jpeg

“Dengan pencanagan hari ini tentu kami berkomitmen untuk bekerja keras dalam pewujudan HAM di Provinsi Papua akan jauh lebih baik lagi,” Ujarnya (30/6) Ayorbaba juga, mendorong Masyarakat memperoleh akses keadilan melalui bantuan anggaran dari Pemerintah Provinsi Papua, bersama Jajaran Kanwil akan melaksanakan Pelayanan Pendaftaran Gratis Hak Kekayaan Intelektual bagi Masyarakat Papua.

WhatsApp_Image_2022-06-30_at_11.28.05_AM.jpeg

Hal lainnya yang juga telah diupayakan pendekatan pelayanan melalui Gereja-Gereja dan Tokoh Agama, Kami juga telah menggelar pelatihan Paralegal untuk meningkatkan pemahaman hukum, agar Masyarakat benar-benar melek hukum. (30/6) “Semoga Pencanangan hari ini memberi perspektif baru dalam akselerasi Pelayanan Publik terbaik berbasis HAM untuk Masyarakat di Tanah Papua,” Harap Ayorbaba.

WhatsApp_Image_2022-06-30_at_11.27.29_AM.jpeg

Direktur Jenderal Hak Asasi Manusia Kemenkumham RI, Mualimin Abdi melalui Virtual langsung dari Jakarta mengatakan, Hari ini, wujud dari Pemerintah hadir dalam upaya pendekatan Pelayanan berbasis HAM di Tanah Papua dengan giat mensosialisasikan pelayanan Pelatihan Paralegal agar semakin menguatkan dalam memberikan Pelayanan Publik terbaik agar masyarakat menerima manfaat langsung.

WhatsApp_Image_2022-06-30_at_11.27.44_AM.jpeg

“Pelayanan Publik masyarakat meminta perlakuan yang adil, bebas dari KKN dan masyarakat mendapat kemudahan,” Ujar Dirjen HAM (30/6) Seluruh hal yang telah disampaikan Kakanwil Papua yang tertuang di dalam Permenkumham Nomor 2 Tahun 2022 karena pelayanan Hak Asasi Manusia masuk dalam seluruh Aspek kehidupan Masyarakat.

WhatsApp_Image_2022-06-30_at_11.27.49_AM.jpeg

Mualimin Abdi mengajak Kakanwil Papua dan Jajaran untuk memberikan Pelayanan terbaik bagi Masyatakat di Papua dan teruslah bangun sinergitas dengan Pemerintah Daerah baik kabupten/Kota maupun Provinsi Papua, tentunya komitmen seluruh Jajaran Kanwil Kemenkumham Papua yang diikrarkan hari ini berkomitmen memberikan Pelayanan terbaik bagi Masyarakat.

WhatsApp_Image_2022-06-30_at_11.27.50_AM.jpeg

Pesannya Dirjen HAM juga kepada Ketua Ombudsman dan Kejaksaan Tinggi yang hadir, agar terus membantu dan melakukan Pengawasan terhadap Pelayanan Publik yang dikerjakan oleh Jajaran. Ucapan terima kasih kepada Kakanwil dan Jajaran atas pelaksanaan pencanagan di hari ini penuh semangat, saya berikan Apresiasi dan tetap semangat dalam melakukan pelayanan Publik terbaik di Tanah Papua.

WhatsApp_Image_2022-06-30_at_10.57.39_AM.jpeg

Sedangkan Ketua Ombudsman RI Perwakilan Papua, Sabar Oliv Iwanggin usai kegiatan menyampaikan Apresiasi kepada jajaran Kantor Wilayah Kemenkumham Papua dan mengucapkan selamat atas terselenggaranya Pencanangan Penanganan Pelayanan Publik berbasis HAM. Ia berharap dengan sentuhan Hak Asasi manusia semoga Masyarakat benar-benar mendapat pelayanan yang jauh dari KKN, Diskriminasi, Akuntabel dan transparan.

WhatsApp_Image_2022-06-30_at_10.57.45_AM.jpeg

Sabar Oliv sepenuhnya siap bersinergi dan mendukung penuh apa yang akan dikerjakan Jajaran kanwil Kemenkumham Papua terutama Penanganan Pelayanan Publik berbasis HAM di tanah Papua.

WhatsApp_Image_2022-06-30_at_10.57.45_AM_1.jpeg

Juga Asisten Pidana Umum Kejaksaan Tinggi Papua, Riyadi yang mengaku Pencanangan Penanganan Pelayanan Publik berbasis HAM sangat berhubungan dengan Tusi dari Kejaksaan Tinggi Papua. Riyadi berharap kepada Kepala UPT Pemasyarakatan agar lebih proaktif dan transparan dalam bersinergi dengan Kajati Papua dalam memberikan Pelayanan kepada Warga Binaan Pemasyarakatan di Lapas. (*)

LAPORAN TIM HUMAS KANWIL KEMENKUMHAM PAPUA

WEB : www.papua.kemenkumham.go.id
Twitter : @kanwilpapua
IG. : humaskemenkumhampapua
FB : Humas Kemenkumham Papua


Cetak   E-mail