KANWIL KEMENKUMHAM PAPUA IKUTI  OPINI BALITBANGKUMHAM

WhatsApp_Image_2022-05-17_at_8.41.55_PM.jpeg

Jayapura, 17 Mei 2022_Humas Papua

Bertempat di aula Kantor Wilayah seluruh ASN di jajaran Kanwil Kemenkumham Papua mengikuti OPINI, Obrolon Para Peneliti yang diselenggarakan secara daring oleh Balitbangkumham dengan mengusung tema Optimalisasi Peran Strategis Staf Ahli dalam Mengangkat Citra Positif Kementerian Hukum dan HAM. Turut hadir Kepala Kantor Wilayah, Anthonius M Ayorbaba, S.H., M.Si, Kepala Divisi Administrasi Hendrik Pagiling, Kepala Divisi PAS Endang Lintang, Kepala Divisi Keimigrasian Ian Fidihanto Markos, Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM, Muhammad Mufid,beserta seluruh JFT dan JFU Kanwil Papua. Dengan keynote speaker Wakil Menteri Kemenkumham RI Prof. Dr. Eddy O.S Hiairej, S.H., M.Hum, Kepala Balitbangkumham Dr. Sri Puguh Budi Utami, M.Si. Pada kesempatan tersebut turut dihadirkan narasumber dari Staf Ahli Menteri bidang Sosial, Staff Ahli Bidang Politik dan Keamanan, Staff Ahli Bidang Ekonomi, Staff Ahli Bidang Penguatan Reformasi Birokrasi, Staff Ahli Bidang Hubungan Antar Lembaga.

WhatsApp_Image_2022-05-17_at_8.41.51_PM.jpeg

Dalam sambutannya, Wanenkumham menjelaskan opini hari ini berisi kajian peran dan tugas staf ahli, bahwasanya kedudukan staf ahli sudah tertuang pada Perpres no 68 tahun 2019 tentang organisasi Kementerian Negara. Sedangkan tugas dari staf ahli adalah memberikan rekomendasi terhadap isu-isu strategis kepada Menteri atau Menteri Koordinator keahliannya. Selanjutnya dipaparkan beberapa paparan dari staf ahli mengenai tusi dan tanggung jawabnya sesuai dengan bidang masing-masing. Menurut Mien Usihen, selaku Staf Ahli bidang sosial menyebutkan, Dukungan lain Kemenkumham di bidang Pemajuan HAM dalam mendukung penyelesaian Isu sosial diantaranya adalah terpenuhinya akses keadilan masyarakat yang merupakan sasaran RPJMN 2020 - 2024, Misi Presiden, Misi Kemenkumham, tujuan dan sasaran strategis mengoptimalkan peran dalam penghormatan, perlindungan dan pemenuhan HAM.

WhatsApp_Image_2022-05-17_at_8.41.49_PM.jpeg

Sementara itu pada kesempatan tersebut, Ambeg Paramarta, selaku Staf Ahli Menteri Bidang Polkam mempaparkan, bahwasanya peran Staf Ahli Bidang Politik dan Keamanan mempunyai tugas memberikan rekomendasi terhadap isu-isu strategis kepada Menteri Hukum dan HAM terkait dengan bidang politik dan keamanan serta hubungan luar negeri dan wilayah perbatasan. Paparan selanjutnya oleh Staf Ahli Bidang Ekonomi, Lucky Agung Binarto. Dalam paparannya Lucky menjelaskan beberapa Strategi Kemenkumham dalam Pemulihan Ekonomi Nasional, melalui Permenkumham 34/2021 tentang Pemberian Visa dan izin Tinggal Keimigrasian dalam Masa Penanganan Penyebaran Corona Virus Disease 2019 dan Pemulihan Ekonomi Nasional, Surat Edaran Nomor IMI-0584.GR.01.01 Tanggal 27 April 2022 tentang Kemudahan Keimigrasian dalam rangka Mendukung Pariwisata Berkelanjutan pada Masa Pandemi Corona Virus Desease 2019. Membuka kembali perlintasan antarnegara tertentu, OA bisa mengajukan VK dan Vitas tujuan tertentu, Memberlakukan kembali BVK dan VoA khusus Wisata.

WhatsApp_Image_2022-05-17_at_8.41.52_PM.jpeg

Kegiatan dilanjukan dengan mendengar Paparan yang disampaikan oleh Staf Ahli Menteri  Bidang Penguatan Reformasi  Birokrasi, Iwan Kurniawan. Dalam paparannya Iwan menjelaskan upaya upaya yg dilakukan untuk mengawal Reformasi Birokrasi Kemenkumham menuju Dynamic Governace 2025, diantaranya adalah menerapkan manajemen kinerja yang didukung dengan penerapan sistem berbasis elektronik, setiap individu pegawai memiliki kontribusi yang jelas terhadap kinerja organisasi. Paparan terakhir disampaikan oleh Staf Ahli Bidang Hubungan antar Lembaga, Dhahana Putra mengenai sinergitas, kolaborasi antar lembaga diantaranya adalah memberikan rekomendasi terhadap isu isu strategis kepada Menteri terkait dengan bidang hubungan antar lembaga serta di ikuti dengan kajian kajian mengenai tusi antar lembaga. Acara webinar daring Opini diakhiri dengan sesi tanya jawab antara audiens yang hadir melalui virtual zoom dengan para narasumber.

WhatsApp_Image_2022-05-17_at_8.41.48_PM.jpeg

 

WhatsApp_Image_2022-05-17_at_8.41.47_PM.jpeg

LAPORAN TIM HUMAS KANWIL KEMENKUMHAM PAPUA

WEB : www.papua.kemenkumham.go.id
Twitter : @kanwilpapua
IG. : humaskemenkumhampapua
FB : Humas Kemenkumham Papua


Cetak   E-mail