TERUS BANGUN SINERGITAS, KAKANWIL AUDIENCE BERSAMA BUPATI KEEROM WUJUDKAN PELAYANAN HUKUM DAN HAM

 

WhatsApp_Image_2021-09-07_at_12.02.12.jpeg

 

Jayapura, Selasa 7 September 2021

Humas Papua - Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Papua, Anthonius Mathius Ayorbaba, S.H.,M.Si, hari ini (07/09) Bertemu Bupati Pemkab Keerom, Piter Gusbager. Pertemuan berlangsung di ruang rapat Kantor Bupati Keerom di Jalan Pemda kerom. Kakanwil Kemenkumham Papua saat bertemu Bupati Keerom didampingi Kepala Divisi Keimigrasian, Novianto Sulastono, Kepala Pemasyarakatan Kusnali, Kabag Program dan Humas Hendrik Pagiling, Kasubag Humas RB dan TI Mulia Wari Sonny, Kasubid Perizinan dan Informasi Keimigrasian Handwiyuto, Kalapas Perempuan (LPP) Keerom Sarlotha Hay, Kalapas Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Keerom Mildar. Dalam pertemuan tersebut Kakanwil Anthonius M. Ayorbaba bersinergi mendorong agar Pos lintas batas Imigrasi yang akan rencana di tambah, pembangunan renovasi air bersih bagi lapas Perempuan dan Lapas anak, dan Membahas Tanah yang akan di bagun Bapas dan Lapas yang masih dalam proses perencanaan, dan juga Penerimaan CPNS terkait putra daerah keerom yang akan mengisi Kuota Formasi Papua, Tentunya dengan berbagai pertimbangan dan aturan yang berlaku guna mendorong perubahan tingkatan di Kabupaten Keerom Kedepan.

 

WhatsApp_Image_2021-09-07_at_12.02.27.jpeg

 

Dijelaskan Kakanwil, Kemenkumham memiliki 11 Unit Eselon I yang juga dilaksanakan di daerah, guna mendukung tugas Pemerintah Daerah khususnya Pemda Keerom agar lebih maksimal berjalan. Anthonius meminta Pemerintah Daerah membantu Kanwil Kemenkumham Papua dengan menyediakan lahan guna pembangunan sebuah Kantor Lapas yang baru di lingkungan Kabupaten Keerom. Hal lain yang menjadi perhatian Kakanwil untuk bangun sinergitas yakni Pos Lintas Batas dan UPT Pemasyarakatan di mana di Kabupaten Keerom ada UPT kita yakni Lembaga Pemasyarakatan Perempuan Kelas III Jayapura dan Lembaga Pembinaan Khusus Anak Kelas II Jayapura Ayorbaba meminta agar sinergitas bersama Pemkab Keerom dalam memperhatikan masyarakat dalam memperoleh Hak kekayaan Intelektual dan juga Kakanwil berharap Pemda dapat memperhatikan kedua UPT Pemasyarakatan yang berada di Wilayah Kabupaten Keerom untuk dapat membantu dengan mengfasilitasi Air bersih bagi Lapas perempuan dan LPKA. Ucap Kakanwil

Hal lainnya terkait dengan Pembangunan Hukum dan HAM di Kabupaten Kerom, Anthonius M Ayorbaba berharap kerja sama bersama Pemkab untuk mendorong JDIH dalam upaya pembemtukan Produk Hukum Daerah yang mana kabupaten Keerom sendiri sudah terintegritas pada JDIH Kemenkumham. Fokus perhatian juga pada Hak Kekayaan Intelektual (HKI) pada intinya Kakanwil menyampaikan Kanwil Kemenkumham Papua, Siap membantu Pemkab Keerom terkait pendaftaran HKI dalam upaya peningkatan investasi Daerah Kerom. Kakanwil optimis dan siap, bahwa prinsipnya Kanwil Papua siap bantu Pemkab dari sekia tugas kami dalam mendukung Visi dan Misi Bupati dan Wakil Bupati Kab kerom. Kanwil Papua siap bersinergi dalam upaya peningkatan pelayanan kepada masyarakat melalui Peran Tokoh adat dan Tokoh Agama.

 

WhatsApp_Image_2021-09-07_at_12.02.29.jpeg

Kemudian hal ini ditanggapi serius oleh Bupati Kerom, Piter Gusbager mengatakan Pemda Kerom sangat terbuka menerima dan bekerja sama dengan Instansi baik Vertikal maupun Horizontal yang ada di Kabupaten Kerom. Janji Bupati untuk Lapas Kelas III Perempuan Jayapura dan Lembaga Pembinaan Khusus Anak Kelas II Jayapura, Pemda akan membantu membangun Air Bersih di Lapas Perempuan dan Lembaga Pembinaan Khusus Anak Jayapura Yang ada di Betaf, mengingat air bersihnya kurang baik bagi warga binaan dan juga Pemda akan siap mendukung Kanwil Kemenkumham Papua dalam pembayaran sisa Hak Ulayat Adat Masyarakat dalam pembagunan Bapas. Ungkap Piter Gusbager. Sementara untuk Hak Kekayaan Intelektual, Bupati Optimis pada Tahun ini akan segera di inventaris HKI di kabupaten Keerom yang akan didaftarkan dan akan kita seriusi ke depan. " Ucap Piter Gusbager di akhir sambutannya (*)

LAPORAN TIM HUMAS KANWIL KEMENKUMHAM PAPUA

WEB : www.papua.kemenkumham.go.id
Twitter : @kanwilpapua
IG. : humaskemenkumhampapua
FB : Humas Kemenkumham Papua


Cetak   E-mail