Kemenkumham Papua – Fakultas Teknik Uncen Papua Jajaki Kerja Sama Pendaftaran Hak Kekayaan Intelektual Terhadap Hasil Riset Para Dosennya

 

WhatsApp_Image_2021-09-01_at_21.08.09.jpeg

Jayapura, Rabu 1 September 2021

Humas Papua - Upaya Kantor Wilayah Kemenkumham Papua untuk membangun sinergitas dengan pihak eksternal terus dilakukan. Terbaru, hari ini (1/09), Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Papua menerima kunjungan Dekan Fakultas Teknik Universitas Cenderawasih (Uncen) Papua.Kunjungan Dekan Fakultas Teknik, Dr. Ir. Jhon Jonatan Numberi , ST.,M.Eng diterima langsung Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Papua, Anthonius M. Ayorbaba, SH.,M.Si didampingi Kepala Sub Bidang Kekayaan Intelektual, Sri Isyati dan JFT Dwi Agus Prasetyo. Pada kesempatan tersebut, Jonatan Numberi mengungkapkan maksud kedatangannya bersama selain menjalin silaturahmi, juga untuk menjalin Sinergitas juga Kerjasama dalam hal penyelenggaraan pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Jonatan juga mengungkapkan Jumlah Dosen yang mengajar di Fakultas Teknik Uncen berjumlah 72 Orang dengan basis riset berkaitan dengan engineering, sehingga Hak Cipta, Paten dan Merk yang dapat dihasilkan riset, berharap agar dapat didaftarkan di Kementerian Hukum dan HAM sehingga ada perlindungan Hukum. Lebih lanjut dikatakan Hal ini dilakukan dalam menindaklanjuti kerja sama yang telah dilakukan berupa penandatanganan MoU bersama Rektor Uncen (4/5/2021). Menurutnya hal ini berkaitan juga dengan Tri Dharma Perguruan Tinggi berkaitan dengan pelaporan berkaitan dengan tugas kerja Dosen, artinya Dosen wajib menghasilkan cipta dan karya berupa Paten, nah Paten ini dapat dimanfaatkan oleh Industri maupun Masyarakat.

 

WhatsApp_Image_2021-09-01_at_21.08.09_1.jpeg Sementara itu, Anthonius M. Ayorbaba mengatakan secara prinsip dirinya menyambut baik kunjungan Dekan Fakultas Teknik Uncen karena Kanwil Kemenkumham Papua secara resmi telah menandatangani kerja sama bersama Rektor Uncen, pada Bulan Mei 2021 lalu. “Tentu kami apresiasi. Kami mengharapkan dapat membawa dampak positif nantinya.” kata Anthonius Ayorbaba (1/9). Kakanwil mengatakan Uncen merupakan Kampus yang strategis dan memiliki berbagai riset dan kaya akan Hak Kekayaan Intelektualnya. “ Khusus di Fakultas Teknik akan lebih banyak berkaitan dengan Cipta dan Paten sederhana, “ Ujar Ayorbaba. Untuk itu Jajaran Kanwil Kemenkumham Papua siap bekerja sama bersinergi dan bekerja cepat. Anthonius Ayorbaba berharap dengan kerja keras Dosen Fakultas Teknik dalam berbagai hasil risetnya tentunya kami juga meminta dukungan dari Pemerintah Daerah, karena persoalanya ada pada biaya PNBPnya. Kita juga tentunya mendorong Akreditasi pada Kampus Uncen agar mampu bersaing dengan Kampus di luar Papua. (*)

 

WhatsApp_Image_2021-09-01_at_21.08.14.jpeg

LAPORAN TIM HUMAS KANWIL KEMENKUMHAM PAPUA

WEB : www.papua.kemenkumham.go.id
Twitter : @kanwilpapua
IG. : humaskemenkumhampapua
FB : Humas Kemenkumham Papua


Cetak   E-mail