TINGKATKAN SINERGITAS BAKOHUMAS PROVINSI PAPUA GELAR FORUM GROUP DISKUSI (FGD)

WhatsApp_Image_2021-07-15_at_17.40.14.jpeg

 

Jayapura, Kamis 15 Juli 2021

Humas Papua - Bertempat di ballroom Hotel Aston Jayapura Lantai 11 Jalan Percetakan Distrik Jayapura Utara, kamis (15/7/2021) telah dilaksanakan Focus Group Discussion (FGD) dengan tema “Strategi Bakohumas Guna Percepatan Pembangunan di Papua". Hadir dalam kegiatan Kapolda Papua Yang di wakili oleh Wakapolda Papua Brigjen Pol Dr. Eko Rudi Sudarto, S.ik., M.si, Kasdam XVII/Cenderawasih Brigjen TNI Bambang Trisnohadi, Asisten II Bidang Perekonomian dan Kesra Setda Provinsi Papua DR. Drs Muhammad Musaad, M.Si, Dosen Universitas Muhammadiyah Jayapura Rhidian Y Wasaraka, S.kom., M.si, Kepala Dinas Komunikasi Informatika (Diskominfo) Provinsi Papua, Jery A. Yudianto, dan Para Pejabat Utama Polda Papua.

Turut Hadir Juga dalam kesempatan tersebut, Lembaga Kehumasan di Lingkungan Pemerintah Provinsi Papua, lembaga kehumasan Pemerintah Kabupaten/Kota se-Provinsi Papua, Lembaga Kehumasan pemerintah Pusat termasuk Kanwil Kemenkumham Papua yang ada di Provinsi Papua dan lembaga kehumasan BUMN/BUMD yang ada di Provinsi Papua. Kegiatan di Buka dengan penyampaian laporan Kegiatan oleh Kabid Humas Polda Papua, Kombes Pol. Drs. Ahmad Musthofa Kamal, SH, dalam arahannya Menyampaikan Website Bakohumas sangat penting dalam rangka pelayanan informasi kepada masyarakat. “Diperlukan koordinasi, integrasi, sinergi dan sinkronisasi antar lembaga kehumasan pemerintah, dan BUMN di Papua.

WhatsApp_Image_2021-07-15_at_17.40.57.jpeg

 

“Bakohumas merupakan salah satu saluran komunikasi yang efektif untuk menyebarluaskan informasi kepada masyarakat terutama dimasa Pandemi ini dan juga Bakohumas akan mendukung penyelenggara PON XX Tahun 2021 yang akan di gelar di bulan Oktober mendatang," ungkap Kombes Pol. Drs. Ahmad Musthofa Kamal. Kegiatan di lanjutkan dengan Launcing Website Bakohumas Provinsi Papua Yang di buka Secara langsung oleh Kapolda Papua, dalam hal ini di wakili oleh Wakapolda Papua Brigjen Pol Dr. Eko Rudi Sudarto, S.ik., M.si Dan di saksikan oleh Tamu undangan. Wakapolda Papua Brigjen Pol Dr. Eko Rudi Sudarto, S.ik., M.si Dalam sambutannya mengatakan, sesuai amanat Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik (KIP), maka salah satu aspek penting dalam mewujudkan penyelenggaraan pemerintahan yang bersih dan berwibawa atau good governance adalah hak publik atau masyarakat untuk memperoleh akses informasi seluas-luasnya sesuai ketentuan perundang-undangan yang berlaku.

Dikatakan, jaminan dan hak masyarakat luas untuk memperoleh akses informasi publik, juga relevan dengan upaya pemerintah dalam rangka meningkatkan peran Bakohumas dalam rangka melakukan kerjasama dan koordinasi yang baik, efektif, efisien dan berkesinambungan antara pemerintah dengan stakeholder lainnya. Instruksi Presiden Nomor 9 Tahun 2020 tentang Otsus Papua yang menetapkan fokus pembangunan pada empat sektor prioritas yaitu pendidikan, kesehatan, ekonomi kerakyatan dan infrastruktur, terjadinya pro dan kontra mengenai Otsus Papua yang akan berakhir di tahun 2021 memicu polemik dan terjadinya unjuk rasa. Terkait dengan situasi Kamtibmas tersebut, terangnya, maka perlunya peran dari Bakohumas Provinsi Papua membangun komunikasi dalam diseminasi informasi mewujudkan kamtibmas yang kondusif guna mendukung pembangunan nasional di Papua.

WhatsApp_Image_2021-07-15_at_17.40.22.jpeg

 

Pada tahun 2021, di Provinsi Papua akan menyelenggarakan Pekan Olahraga Nasional (PON) ke- 20, pelaksanaan PON tahun ini memang berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, dimana saat ini kita masih hidup berdampingan dengan Covid-19. Namun, pandemi ini bukan menjadi penghalang masyarakat untuk ikut mensukseskan pelaksanaan PON XX di Papua. Oleh karena itu, katanya, PON tetap dilaksanakan yang tentunya dengan disiplin protokol kesehatan, dalam situasi pandemi saat ini, Bakohumas dapat memanfaatkan manajemen media sebagai wadah untuk mengajak, mensosialisasikan dan memberikan edukasi kepada masyarakat terkait protokol kesehatan. Selanjutnya Pemaparan Materi dari Narasumeber dengan tema strategi bakohumas guna percepatan pembangunan di Papua dan di lanjutkan dengan diskusi tanya jawab terkait Tema yang di usung. Hadir mewakili Kakanwil Kemenkumham Papua, Kasubag Humas, RB dan TI, Mulia Wari Sonny, SH.,M.H dan JFU(*)

 

WhatsApp_Image_2021-07-15_at_17.40.15_1.jpeg

 

LAPORAN TIM HUMAS KANWIL KEMENKUMHAM PAPUA

WEB : www.papua.kemenkumham.go.id
Twitter : @kanwilpapua
IG. : humaskemenkumhampapua
FB : Humas Kemenkumham Papua


Cetak   E-mail