DARI NUSA TENGGARA BARAT, SEKJEN KEMENKUMHAM RI BERIKAN PENGUATAN WBK/WBBM KEPADA KANWIL NTT, PAPUA & PAPUA BARAT

WhatsApp_Image_2020-09-15_at_13.38.32.jpeg

Jayapura, Selasa 15 September 2020

papua.kemenkumham.go.id - Penguatan Pembangunan Zona Integritas (ZI) bagi Satker dilingkungan Kanwil Kemenkumham NTB, NTT, Papua, Papua Barat, Menuju WBK/WBBM oleh Sekretaris Jederal Kemenkumham RI, Bambang Rantam Sariwanto, langsung dari Nusa Tengara Barat.

Tahun 2020, Kanwil Kemenkumham NTB, NTT, Papua dan Papua Barat telah mencanangkan Pembangunan Zona Integritas menuju Wilayah Bebas dari Korupsi serta Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBK/WBBM).

Lebih lanjut dikatakan, seluruh satuan kerja mulai dari Kanwil hingga Unit Pelaksana Teknis (UPT) wajib terlibat dalam Pembangunan ZI, mewujudkan WBK/WBBM melalui reformasi birokrasi, khususnya dalam hal pencegahan korupsi dan peningkatan kualitas pelayanan publik.Hal itu disampaikan Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM NTB, Andi Dahrif dalam laporannya pada kegiatan Penguatan Pembangunan ZI Bagi Satuan Kerja Menuju WBK/WBBM Tahun 2020 di Kantor Wilayah Kemenkumham NTB oleh Sekretaris Jenderal Kemenkumham RI secara virtual, live dari Tepi Pantai Nusa Tenggara Barat (15/9)

Kemudian dilanjutkan dengan pemutaran video singkat komitmen kerja dari Kanwil Kemenkumham NTB, Kanwil NTT, Kanwil Papua Barat dan Kanwil Papua. (15/9)Dilaksanakan juga pembacaan Pernyataan sikap untuk memastikan setiap Kantor Wilayah memegang teguh komitmen melaksanakan Pembangunan Zona Integritas menuju WBK dan WBBM.Juga dilakukan penyematan Hand Badge Satuan Tugas Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM) oleh Sekretaris Jenderal kepada Kakanwil NTB sementara di Papua, Papua Barat dan NTT oleh masing-masing Kakanwil menyematkan kepada para Kepala Divisi serta memberikan penambah daya tahan tubuh bagi perwakilan 4 pegawai

Di Kantor Wilayah Papua Firtual Meeting bersama Sekretaris Jenderal digelar di Aula Utama, Jln Raya Abepura, Nomor 37 Kota Raja, Kota Jayapura- Papua.Dalam sambutan sekaligus arahan Sekretaris Jenderal Kemenkumham RI, Bambang Rantam Sariwanto, live dari NTB mengajak Jajaran, mari mentaati protokol kesehatan dengan baik itulah cara kita bersama-sama lawan Covid 19.

Bambang Rantam juga mengapresiasi Kantor Wilayah NTB, Papua,Papua Barat dan NTT atas partisipasinya mengikuti firtual meeting dalam upaya komitmen mewujudkan WBK dan WBBM.

" Kami hadir sebagai bagian dari spirit sodara, apa yang menjadi bagian harapan kita menuju WBK dan WBBM di tengah Pandemi Covid -19," Ungkap Bambang Rantam (15/9)Sekjen berharap semoga di tengah Pandemi ini kita tetap produktif dan bersemangat baik Pokja maupun seluruh jajaran Kanwil Kemenkumham Papua, NTB, Papua Barat dan NTT untuk mendapatkan penghargaan dari Kemenpan RB.Melihat perjalanan dari 2019 banyak sekali menjadi evaluasi serta persoalan yang kita hadapai, hal ini menjadi pengalaman yg bermanfaat dan kita diminta untuk belajar dari sana untuk kemajuan di tahun 2020, Ujar Sekjen Kemenkumham (15/9)

Katanya, Kanwil NTB, Papua, Papua Barat dan NTT telah menunjukan perkembangan yang luar biasa, hal ini dilihat dari tahun 2019 NTT satu Satker lolos WBK, Papua satu Satker WBK, sementara Papua Barat dan NTB masih belum berhasil.Sekjen Optimis dari hasil laporan Kakanwil NTB, Bambang Rantam mengakui dari laporan yang dibacakan NTB, Papua, Papua Barat dan NTT menunjukan hasil survey dari Balitbangkumham sudah sangat bagus dan membanggakan.

"Hal ini harusnya memacu semangat kita untuk mencapai tujuan yang akan kita capai," Tegas Bambang (15/9)

Lebih jauh disampaikan bahwa tahun 2020 kita mengusulkan seluruh Satker kita, inilah bagian dari kewajiban kita untuk menunjukan kinerja terbaik kita, karena menjadi point penting dalam rangka meraih WBK dan WBBM kita harus berkinerja terbaik.

"Di tengah Pandemi covid 19, kita harus tetap produktif dan semangat karena sangat penting dalam menuju Mewujudkan Satker kita WBK dan WBBM" Pukasnya

Raihan prestasi yang telah kita capai di kemenkumham itu, Kata Sekjen, merupakan kesuksesan kita bersama, kerja keras kita dari 520 Satker yang didaftarkan ke KemenPAN dan RB ini merupakan komitmen dan semangat kita untuk terus berupaya mengejar predikat WBK & WBBM di Tahun 2020. Dikatakan Bambang Rantam Sariwanto, Ini penting kita pahami dari 520 Satker memberikan pernyataan kepada Dunia dan masyarakat, Kemenkumham komitmen melayani dengan penuh integritas dan PASTI.

" Kita harus melayani dengan ramah, tersenyum dan bertanggung jawab kepada masyarakat," Ujarnya (15/9)

Sekjen mengingatkan Jikalau melihat perkembangan yang kita hadapi, 10 Desember 2020 mendatang merupakan hari penantian dari seluruh Satker kita untuk melihat hasil dari kinerja yang telah dilakukan. Inilah peluang kita mengingat waktu yang tersisa sekitar 2-3 bulan ke depan untuk terus berkinerja, tegas Sekjen (15/9)

" Saya melihat komitmen serta kinerja dan semangat yang luar biasa, menjadi pondasi dalam mendorong terwujudnya Pembangunan ZI menuju WBK dan WBBM dilingkungan kerja Saudara," Ungkap Bambang Rantam (15/9)

Harap Sekjen, komitmen dan strategi itu penting, karena waktu kita hanya 2 setengah bulan, semua komitmen yang kita ikrarkan melalui telah melaksanakan 6 area perubahan, buktinya masing-masing Kanwil telah luar biasa mempersiapkan diri dengan baik. Pesan Bambang Rantam Sariwanto, yang harus kita lakukan adalah pendekatan secara menyeluruh akan apa yang kita lakukan dalam strategi dan komitmen kita untuk menuju WBK dan WBBM.

Sekjen Kemenkumham RI kembali mengingatkan bahwa dalam waktu dekat akan ada Tim Penilai Pusat (TPN) melalui mistery shopee untuk melihat langsung dan menilai kondisi real di Satker masing-masing, ini yang harus menjadi perhatian para kakanwil dan jajarannya.

" Balitbangkumham telah melakukan aktivasi penilaian melalui survey IPK dan IKM, hal ini agar menjadi perhatian kita sekalian," Ungkapnya.

Kita berharap dengan benar-benar melaksanakan komponen pengungkit yang baik, selain itu harus terus berkomunikasi dengan penerima layanan sehingga mereka juga merasa puas dan memberikan penilaian yang terbaik untuk kita Satker kita. Dikatakannya, untuk peningkatan pelayanan terbaik dibutuhkan komitmen teguh dari Pimpinan Wilayah, sehingga perjuangan kita dalam memberikan kualitas pelayanan terbaik mendapat respon yang baik dan memajukan kualitas pelayanan kemenkumham kepada masyarakat, tutup Sekjen.

Turut hadir, Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Papua, Murdjito Sasto, Kepala Divisi (Kadiv) Pemasyarakatan, Vicktor Teguh Prihartono, Kadiv Keimigrasian, Friecce Sumolang, Kadiv Pelayanan Hukum dan HAM, Kurniaman Telaubanua, Kepala Kantor Imigrasi TPI Jayapura, Darwanto, Kalapas Wamena, Imam, Kalapas Nabire, Badaruddin, KaBapas Jayapura, Budi dan Pejabat Eselon III&IV dilingkungan Kanwil Papua. (*)

WhatsApp_Image_2020-09-15_at_13.38.33.jpeg

WhatsApp_Image_2020-09-15_at_16.41.42.jpeg

WhatsApp_Image_2020-09-15_at_16.41.42_1.jpeg

LAPORAN TIM HUMAS KANWIL KEMENKUMHAM PAPUA

Web : www.papua.kemenkumham.go.id

Twitter : @kanwilpapua

IG : humaskemenkumhampapua

FB : Humas Kemenkumham PAPUA

Channel Youtube : HUMAS KEMENKUMHAM PAPUA


Cetak   E-mail