Home

Profil

Satuan Kerja

Produk Hukum

Layanan Publik

Pusat Informasi

Survey IKM

REFORMASI BIROKRASI

Pencarian Data

kadarkum4.jpg

Jayapura, 15 Oktober 2019
papua.kemenkumham.co.id

HUMAS KEMENKUMHAM PAPUA - Lomba Keluarga Sadar Hukum ini selalu kita lakukan hingga tingkat Kabupaten, Distrik dan desa, pemenang lomba hari ini akan mewakili Provinsi Papua ke Perlombaan tingkat Nasional di Jakarta, Hal ini diungkapkan Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkum HAM) Papua, Iwan Santoso, SH.,M.Si usai pembukaan Lomba Kadarkum, Selasa, 15 Oktober 2019.

Acara Kegiatan Lomba Kelompok Sadar Hukum Tingkat Provinsi Papua Tahun 2019 diselenggarakan oleh Kanwil Kemenkum HAM Papua, pada Divisi Pelayanan Hukum dan HAM. Acara dua tahunan ini digelar bertempat di Aula Lt 2 (dua) Kanwil Kemenkum HAM Papua, Jln Raya Abepura Nomor 37 Kota Raja, Kota Jayapura , Papua. 

Ini sangat penting sekali dalam rangka meningkatkan dan mendorong agar bukan hanya mengetahui hukum tapi bisa diimplementasikan, bisa diaplikasikan, dipahami sehingga masyarakat kita bukan hanya sadar tapi patuh hukum, tegas Rustam Saru

" Saya kira kalau kita semua sudah taat hukum, saya kira di jalan-jalan itu tidak perlu lagi ada pengawasan," Ungkapnya

Pesan Wakil Wali Kota kepada peserta Lomba Kadarkum, walaupun sudah memiliki pengetahuan terhadap hukum, sudah sadar hukum, patuh hukum, tetapi harap ini bukan sekedar prestasi tapi bagaimana mengaktualkan itu, mengaplikasikan melalui keluarga terkecil

Harap Rustam Saru, dengan adanya kegiatan Lomba Kadarkum, agar ini ditelurkan dimasukan ke Media Sosial sebagai corong informasi untuk disebarkan ke semua warga kita, di tengah dunia penuh dengan teknologi segala informasi bergantung pada media sosial.

"Ke depan kita harus memiliki aplikasi bagaimana setiap peraturan tidak perlu lagi kumpulkan masyarakat untuk sosialisasi cukup dengan aplikasi yang cukup muda diakses masyarakat," Kata Wakil Walikota dan disambut tepuk tangan meriah dari Peserta.

Sementara itu, Iwan santoso, Kakanwil Kemenkum HAM Papua pada sambutannya mengungkapkan, kegiatan Lomba Kadarkum merupakan satu dari beberapa upaya yang dilakukan oleh Pemerintah guna mencerdaskan kehidupan masyarakat dibidang hukum.

" Ketika ada hal-hal terkait peraturan dari Pemerintah jika disampaikan pada level tertentu tidak sampai di level bawah maka tidak akan tersampaikan dengan baik," katanya

Dijelaskan Iwan Santoso, Lomba Kadarkum diselenggarakan dalam rangka mengarahkan masyarakat Provinsi Papua untuk tidak sekedar sadar, namun secara kongkrit memberikan edukasi dan mengimplementasikan kesadaran hukum dalam tindakan kongkrit dalam bentuk tingkah laku sehari-hari.

Lomba Kadarkum, kata Kakanwil untuk tingkat pusat dilaksanakan setiap 3 Tahun sekali, tingkat Provinsi 2 Tahun sekali dan untuk Tingkat Kabupaten setiap 1 tahun sekali. Lomba Kadarkum hari ini diikuti 5 peserta Lomba yang tergabung dari berbagai Distrik dan Kelurahan di Provinsi Papua, ungkap Iwan santoso dengan melombakan 6 Peraturan Perundang-undangan.

Hadir dalam kegiatan Pembukaan Lomba, Kepala Divisi (Kadiv) Administrasi, Johan Manurung, Kadiv Pemasyarakatan, Sri Yuwono, Kadiv Keimigrasian, Hermansyah Siregar, Pejabat Eselon III, Para Kepala UPT Pemasyarakatan dan Keimigrasian, Pejabat Eselon IV dan V dilingkungan Kanwil Kemenkum HAM Papua, Kabag Hukum Pemerintah Kota Jayapura, Perwakilan dari Kabupaten Keerom ,Awak Media serta seluruh tamu Undangan dan simpatisan. (*)

kadarkum1.jpg

kadarkum2.jpg

kadarkum3.jpg

kadarkum6.jpg

kadarkum5.jpg

LAPORAN TIM HUMAS KANWIL KEMENKUMHAM PAPUA

Web : www.papua.kemenkumham.go.id

Twitter : @kanwilpapua

IG : humaskemenkumhampapua

FB : Humas Kemenkumham PAPUA

Channel Youtube : HUMAS KEMENKUMHAM PAPUA