Halal Bi Halal Keluarga Besar Kanwil KEMENKUMHAM Papua, ASN Pengayoman Kanwil Papua diminta saling memaafkan

WhatsApp Image 2018 07 13 at 16.22.01

Jayapura_Info_ Jumat_13 Juli 2018. Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Papua Menggelar Acara Halal Bi Halal guna menjalin silaturahmi di antara keluarga besar Pengayoman Kanwil Kemenkumham Papua.

Kegiatan tersebut dilaksanakan di Aula Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Papua, Jln Raya Abepura, Nomor 37 Kota Raja. Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Papua Iwan Santoso dalam sambutannya sangat mengapresiasi Panitia penyelenggara Halal Bi Halal Kanwil Kemenkumham Papua, atas kerja kerasnya melaksanakan kegiatan dimaksud.

WhatsApp Image 2018 07 13 at 16.22.01 1 WhatsApp Image 2018 07 13 at 16.22.02 1

Lebih lanjut Iwan Santoso berpesan, sebagai Umat Islam sudah selayaknya kita berlapang dada dan saling memaafkan. Iwan Santoso, Kakanwil Kemenkumham termuda di Indonesia mengajak ASN Pengayoman dan tamu undangan agar pada moment Halal Bi Halal tersebut saling memaafkan. Menurut Iwan, dalam pergaulan kita sehari-hari terkadang kita melakukan hal-hal yang tidak sepantasnya sehingga menyakiti hati sesama dalam berorganisasi.

Pada kesempatan ini, lanjut Iwan saya mengajak hadirin dan hadirat untuk melapangkan dada, membuka hati dengan rasa sabar dan penuh keikhlasan atas Ridho Allah SWT, meminta dan memberi maaf atas kesalahan diantara kita semua yang hadir dalam kesempatan yang berbahagia ini, agar terciptanya ukhuwwah Islamiyah" ungkap Iwan.

Dalam kesempatan tersebut ASN Kanwil Kemenkumham Papua berserta tamu undangan mendapat tausiah dari Ustad.DR.Eko Siswanto,S.HI.,M.HI. Eko Siswanto dalam tausiahnya menyampaikan Ada 3 point penting yang menjadi landasan dalam membangun silahturahmi antar umat beragama.

Pertama, Islam mengajarkan untuk memperhatikan kehidupan sosial, memperhatikan kepada kehidupan yang lain, menyampaikan salam kepada siapa saja, untuk tolong-menolong dan Islam mengajarkan kita untuk berbagi. Kedua, Akhlak-Akhlak Rasull menyambung tali silahturahim, memberi kepada orang yang tidak pernah memberi buat kita, memberikan maaf bagi orang yang menzolimi kita, menjadi kemuliaan akhlak Manusia yang Rasul ajarkan kepada kita. Dan yang ketiga, Membangun bingkai kebersamaan sangat dibutuhkan oleh kita yang plural dan beragam yang sangat heterogen dengan mengedepankan sebuah nilai universal Agama.

Menutup tausiahnya Ustad secara tegas berpesan, Semua Agama mengajarkan kasih sayang dan bagaimana cara kita bertoleransi, bagaimana kita berbagi, mengasihi, sehingga kemudian terciptalah sebuah kedamaian di tanah Papua yang kita cintai ini.

WhatsApp Image 2018 07 13 at 16.22.02 4

Turut hadir juga para tamu undangan Kepala Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pajak Papua & Maluku, Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Jayapura, Kepala BKKBN Provinsi Papua, Kepala BKN Kantor Regional IX Jayapura, Kepala Cabang Bank BNI Abepura, Kepala Cabang Bank Syariah Mandiri Abepura.

Sementara dilingkungan Kanwil Kemenkumham Papua,
Kadiv Administrasi, Pagar Butar Butar, Kadiv Pemasyarakatan Sarlotha Merahabia, Plt.Kadiv Imigrasi Bagus Putu, kadiv YankumHam Max Wambrauw, Pejabat eselon III & IV serta seluruh staf JFT dan JFU Kanwil Kemenkumham Papua. (Kr/Rb. Pict_Jrm/Af)

Laporan Humas Kanwil kemenkumham papua


Cetak   E-mail