Peringati HBI Ke-73, Jajaran Kemenkumham Papua Gelar Upacara Tabur Bunga di Taman Makam Pahlawan Kesuma Trikora

WhatsApp_Image_2023-01-24_at_17.14.30.jpeg

Jayapura, Selasa 24 Januari 2023

Humas Papua Info _“Bangsa Yang besar, adalah bangsa yang menghormati dan menghargai jasa para pahlawannya” merupakan salah satu kata bijak yang masih dipegang oleh generasi muda saat ini. Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia merupakan salah satu instansi yang memegang teguh petuah bijak ini. Terbukti pada setiap hari besar yang diperingati rutin oleh Jajaran Kemenkumham di seluruh wilayah, Upacara Tabur Bunga selalu menjadi salah satu agenda rutin. Bulan Januari merupakan bulan bhakti Imigrasi, dimana setiap tanggal 26 Januari diperingati sebagai Hari Bhakti Imigrasi (HBI).

Taman Makam Pahlawan Kesuma Trikora yang beralamat di Waena Distrik Heram Kota Jayapura menjadi lokasi dimana Jajaran Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Papua yang dipimpin oleh Anthonius M Ayorbaba melaksanakan upacara penghormatan kepada para Pahlawan dalam rangka Hari Bhakti Imigrasi ke 73 Tahun 2023 mengusung tema " Imigrasi Baru Untuk Indonesia Semakin Maju." Upacara yang juga dihadiri oleh Kepala Divisi Keimigrasian Ian Fidihanto Markos,Kepala Divisi Administrasi Hendrik Pagiling, Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM Muhammad Mufid, Kepala Divisi Pemasyarakatan Endang L Hardiman beserta seluruh Kepala Unit Pelaksanan Teknis se Papua beserta perwakilan pegawai dari beberapa UPT Keimigrasian dan Pemasyarakatan di kota Jayapura.

Prosesi diawali dengan Upacara penghormatan kepada para pahlawan yang dipimpin oleh Kakanwil Kemenkumham Papua Anthonius M Ayorbaba selaku Inspektur Upacara. Usai melakukan upacara, seluruh pejabat dan peserta upacara langsung menuju makam untuk melakukan tabur bunga di beberapa makam pahlawan.

WhatsApp_Image_2023-01-24_at_17.11.04.jpeg

Usai melakukan ziarah dan Tabur bunga, kepada tim humas, Kakanwil mengatakan, ziarah hari ini ke Taman Makam Pahlawan Kusuma Trikora Jayapura, sebagai bagian dari Jajaran Imigrasi dalam rangka Hari Bhakti Imigrasi ke 73. Kegiatan hari ini, jelas Anthonius dimaksudkan sebagai suatu penghormatan dan penghargaan kepada para pahlawan yang telah mendahului kita terutama pahlawan yang berjuang khususnya di Bidang Imigrasi.

Anthonius juga menyampaikan dengan tema HBI ke 73 " Imigrasi Baru Untuk Indonesia Semakin Maju " tentu memberikan insperasi baru bagi jajaran kemenkumham di seluruh indonesia terlebih khusus bagian keimigrasian dengan melakukan langkah langkah kongret terhadap beberapa kegiatan yang sudah di lakukan.

Baik pelayanan Isi paspord dan Pelayanan Paspord Sempati yang sudah di lakukan khusus hari sabtu dan minggu untuk masyarakat yang mau urus paspord dan juga kegitan donor darah yang telah di lakukan kurang lebih mendapat 91 kantong darah yang bisa kita sumbangkan kepada PMI untuk menolong masyarakat yang membutuhkan dan juga kegiatan olahraga bersama yang akan di lakukan pada hari puncak HBI nanti dan juga ada pelayanan khusus paspord gratis bagi mereka yang lahir di tanggal 26 Januari bagi masyarakat berusia 17 tahun ke atas ini merupakan wujud pelayanan keimigrasian kepada masyarakat. " Jelasnya

WhatsApp_Image_2023-01-24_at_17.11.08.jpeg

Lebih lanjut Kakanwil berpesan kepada seluruh jajaran keimirasian di lingkungan kanwil papua, dalam momentum HBI ke 73 ini imigrasi sebagai garda terdepan penjaga kedaulatan negara harus mewujudkan profesionalisme dan bekerja cepat melakukan sinergitas kalaborasi bersama TNI POLRI maupun bagian institusi yang tidak terpisahkan dalam kewenangan undang undang imigrasi untuk bagimana bekerja sama yang baik dalam melaksanakan tugas keimigrasian. " ucap Anthonius

Kakanwil Anthonius M Ayorbaba berharab jajaran Imigrasi dapat responsip terhadap bebagai informasi yang berkembang di masyarakat untuk dapat menepi infomasi publik yang tidak benar terhadap pelayanan keimigrasian kepada masyarakat. " pungkas Kakanwil Anthonius M Ayorbaba

WhatsApp_Image_2023-01-24_at_17.10.03.jpeg

LAPORAN TIM HUMAS KANWIL KEMENKUMHAM PAPUA

WEB : www.papua.kemenkumham.go.id
Twitter : @kanwilpapua
IG. : humaskemenkumhampapua
FB : Humas Kemenkumham Papua


Cetak   E-mail