Perkuat Sinergitas, Kakanwil Kumham Papua Teken MoU dengan Klasis Port Numbay

WhatsApp_Image_2023-01-11_at_18.54.43.jpeg

Jayapura, Rabu 11 Januari 2023

Humas Papua Info - Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Papua, Anthonius M. Ayorbaba, SH.,M.Si Dan Ketua Klasis Gereja Kristen Injil Port Numbay Pdt. Andris Welfianus Tjoe, M.Th menandatangani Nota Kesepahaman tentang Penguatan Kapasitas Paralegal bertempat di gereja getsemani kota raja Abepura, Rabu (11/01/2023). Kepada Peserta Rapat Pleno di Perluas Badan Pekerja Klasis Port Numbay Kakanwil Kemenkumham Papua Anthonius M Ayorbaba, menjelaskan maksud dan tujuan Tujuan nota kesepahaman ini merupakan perwujudtan sinergitas dan kalaborasi antara Kantor Wilayah Kementerian Hukum Dan Hak Asasi Manusia Papua dengan Klasis GKI Port Numbay dalam melaksanakan tugas dan fungsi penguatan Paralegal melalui Pelayanan Hukum dan Hak Asasi Manusia serta nota kesepahaman ini juga bertujuan untuk menfasilitasi para pihak dalam pemberi bantuan hukum yang meliputi penyuluhan hukum dan hak asasi manusia, sosialisasi peraturan perundang undangan dan Pendaftaran kekayaan intelektual. " Jelas kakanwil. Kakanwil Kemenkumham Papua mengatakan Penandatanganan Kerjasama ini adalah yang ke 2 dilakukan Antara Kanwil Kemenkumham Papua bersama badan pekerja Klasis di Papua.

WhatsApp_Image_2023-01-11_at_18.53.46.jpeg

 

"Kami sangat bersyukur dapat menjalin kerjasama dengan pihak badan pekerja Klasis di Papua . Setelah sebelumnya kami menjalin kerjasama dengan Badan Pekerja Klasis Biak Numfor dan Hari ini adalah bersama Badan Pekerja Klasis Port Numbay."Ujar Anthonius M Ayorbaba. Kantor Wilayah Kemenkumham Papua siap bersinergi dan berkalaborasi bersama badan pengurus Klasis Se Papua khususnya badan pekerja Klasis port Numbay untuk dapat penguatan Paralegal melalui pelayanan hukum dan hak asasi manusia bagi warga jemaat yang memerlukan bantuan hukum di wilayah kerja Klasis port numbay serta juga dapat membantu. mendorong Kabupaten/Kota di Papua untuk Pembangunan di bidang Hukum dan HAM agar lebih maju ke depannya. " Ucap Anthonius. "Salah satu tugas dan fungsi Kantor Wilayah Kemenkumham Papua adalah bersinergi serta mendorong Kabupaten/Kota dan juga dominasi gereja geraja di Wilayah Papua untuk bersama membangun Hukum dan HAM di wilayah Papua untuk lebih maju kedepannya.

WhatsApp_Image_2023-01-11_at_18.54.05.jpeg

Kami sangat mengapresiasi atas kerjasamanya bersama Badan Pekerja Klasis port Numbay ini memang tantangan baru di jemaat untuk bagimana bisa memberikan bantuan hukum bagi warga jemaat dan juga kita bersama sama membagun letigasi untuk mengurangi permasalahan hukum di lingkungan jemaat port Numbay ini kita tau modus kriminalitas terkait kasus narkoba ini sangat tinggi di wilayah pelayanan kerja Klasis port Numbay terutama di daerah perbatasan untuk itu fungsi Keimigrasian dari kantor wilayah serta pelatihan paralegal enam angkatan yang sudah kita latih dari hamba hamba Tuhan dari setiap jemaat yang ada di klasis port Numbay ini kiranya dapat membantu pendampingan hukum di Jamaat bapa ibu masing masing bagi yang membutuhkan."ungkap Anthonius M Ayorbaba. Didalam penandatangan kerjasama tersebut terdapat point Kekayaan Intelektual yang juga menjadi salah satu Tusi Kanwil Kemenkumham Papua.

WhatsApp_Image_2023-01-11_at_18.54.57.jpeg

"Kekayaan Intelektual terbagi atas Kekayaan Intelektual Perorangan dan Komunal. Hal ini yang terus kita dorong, agar potensi Kekayaan Intelektual di Papua khususnya di kota Jayapura di wilayah kerja Klasis port Numbay dapat didaftarkan untuk mendapat manfaat serta perlindungan hukum."ujar Anthonius M Ayorbaba. Sementara itu, Ketua Klasis GKI Port Numbay Pdt. Andris Welfianus Tjoe, M.Th memberikan Apresiasi Kepada Kanwil Kemenkumham Papua atas penandatanganan Kerjasama yang di gelar pada hari ini (11/01). "Kami sangat mengapresiasi pak Kakanwil Kemenkumham beserta jajarannya atas terlaksananya penandatanganan Kerjasama ini. Kami berharap kerjasama Badan Pekerja Klasis GKI Port Numbay dengan Kanwil Kemenkumham Papua tidak sebatas kertas melainkan dapat di implementasikan dengan baik Kepada Warga Jemaat di wilayah kerja Klasis port Numbay ."ujar Pdt. Andris Welfianus Tjoe.

 

 

LAPORAN TIM HUMAS KANWIL KEMENKUMHAM PAPUA

Web : www.papua.kemenkumham.go.id
Twitter : @kanwilpapua
IG : humaskemenkumhampapua
FB : Humas Kemenkumham PAPUA


Cetak   E-mail