50 MAHASISWA STUDENPRENEUR UNIVERSITAS CENDERAWASIH TERIMA MATERI KI & PERSEROAN PERORANGAN OLEH KAKANWIL KEMENKUMHAM PAPUA

WhatsApp_Image_2022-09-23_at_17.11.01.jpeg

Jayapura, Jumat 23 September 2022

HUMAS PAPUA - Sebanyak 50 orang mahasiswa Universitas Cenderawasih yang telah lulus seleksi program Kewirausahaan hari ini, (23/9/2022) menerima materi tentang Pelindungan dan pemberdayaan UMK melalui Perseroan Perorangan dan Kekayaan Intelektual langsung disampaikan Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Papua, Anthonius M. Ayorbaba, SH.,M.Si.

Kegiatan yang dihadiri 50 orang Studenpreneur (Super) digelar bertempat di Aula Besar Susteran Maranatha Waena, Kota Jayapura Provinsi Papua

Kegiatan yang dilakasanakn bertujuan memberikan stimulus kepada Pelaku Usaha atau Calon Pelaku Usaha kepada Peserta dalam bentuk materi pelatihan, hal ini disampaikan Ketua Tim Super Universitas Cenderwasih, Kurniawan Patma, SE.,M.Ak.

Kurniawan pun mengatakan 50 orang Mahasiswa yang tergabung dalam beberapa Fakultas Uncen tersebut sebelumnya mengikuti proses seleksi yang ketat guna mengikuti pelatihan kewirausahaan dan Pemberian bantuan modal untuk mengembangkan usahanya.

“Jadi hari ini yang hadir sekitar 50 Tim Kewirausahaan terpilih dan telah lolos seleksi Program Pelatihan yang digelar Universitas Cenderawasih,” Ujar Kurnia (23/9)

WhatsApp_Image_2022-09-23_at_17.11.03.jpeg

Sementara itu, Kakanwil Kemenkumham Papua, Anthonius M. Ayorbaba dalam penyampaian materi terus mendorong 50 Orang Mahasiswa yang menjadi peserta pelatihan yang tergabung juga dari Orang Asli Papua, agar berani untuk mengambil langkah mau memulai sesuatu, menurut Kakanwil jika ade-ade mau sukses harus dimulai dari diri sendiri.

Dikatakan Anthonius, saat ini Kementerian Hukum dan HAM meluncurkan terobosan baru dengan menghadirkan entitas Perseroan Perorangan dengan tanggung jawab terbatas, yang diatur dalam Undang-Undang Cipta Kerja. Untuk itu, Kakanwil mengajak Peserta Pelatihan agar mau mendaftarkan Usahanya hanya dengan merogoh saku Rp 50.000 asal Syaratnya lengkap berupa NPWP, KTP dan Email aktif Tim dengan sanagat cepat untuk memprosesnya.

Materi lainnya yang juga sanagat penting disampaikan kakanwil yakni Kekayaan Intelektual (KI) Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual Kemenkumham RI. Melalui KI Kakanwil menjelaskan Kekayaan intelektual adalah Hak yang timbul hasil olah pikir, karsa, rasa manusia yang menghasilkan suatu proses atau produk barang dan/atau jasa yang berguna bagi manusia itu sendiri.

Dikatakan Kakanwil , Ayorbaba Kekayaan Intelektual terbagi dalam dua yakni Kepemilikan Personal dan Komunal. Dijelaskan Kepemilikan Komunal terdiri dari Ekspresi Budaya tradisional (EBT), Pengetahuan tradisional (PT), Sumber Daya Genetik (SDG) dan Potensi Indikasi Geografis sedangkan Kepemilikan Personal terdiri dari Hak cipta dan Hak Kekayaan Industri. Hak kekayaan Industri terdiri dari Paten, Merek, Desain Industri, Rahasia Dagang,desain tata letak sirkuit terpadu, dan Varietas Tanaman.

WhatsApp_Image_2022-09-23_at_16.01.04_1.jpeg

Penyampaian materi Oleh kakanwil diselingi dengan contoh kongkrit apa yang telah dikerjakan Kantor Wilayah Kemenkumham Papua dalam melayani Papua. Hal ini tergambar dalam animo masyarakat Papua yang terus mendaftar Hak Kekayaan Intelektualnya untuk mendapat perlindungan Hukum.

Dikatakan Ayorbaba, saat ini Kantor Wilayah Kemenkumham Papua terus bekerja untuk menolong Masyarakat Papua dengan target di tahun 2022 ini harus mencapai 1000 sertifikat KI yang akan diserahkan kepada Masyarakat Papua kerja sama dengan Pemerintah Provinsi Papua.

“Saat ini untuk Hak Cipta kami telah menyerahkan 690 sertifikat, Merek 131,desain industri 5, Kekayaan Intelektual Komunal 5 hiingga total keseluruhna yang telah kita kerjakan sebanyak 831,” Ujar Anthonius M. Ayorbaba (23/9)

WhatsApp_Image_2022-09-23_at_16.01.01.jpeg

Semua harus bisa dimulai, kita irang Papua juga bisa. Kemauan mau berusaha itu akan menghantar kita kepada sukses, pesannya kepada Mahasiswa calon Pengusaha.

Materi pun ditutup dengan Sebuah Kalimat yang membangunkan semangat beusaha, marilah kita bekerja jangan meninggalkan air mata, tetapi mari kita bekerja dengan meninggalkan mata air kehidupan. Semua itu harus dibangun dengan motivasi diri yang positif, karena peluang itu ada, dan tinggal kita memulai keputusan terbaik untuk meraih sukses.

Turut hadir Kepala Sub Bidang KI, Sri Isyati, Kepala Sub Bidang Layanan AHU, Mohammad Ilham serta Tim dari jajaran Kanwil Kemenkumham Papua. (*)

 WhatsApp_Image_2022-09-23_at_16.00.57.jpeg

LAPORAN TIM HUMAS KANWIL KEMENKUMHAM PAPUA

WEB : www.papua.kemenkumham.go.id
Twitter : @kanwilpapua
IG. : humaskemenkumhampapua
FB : Humas Kemenkumham Papua

Cetak