Pimpin Apel Pagi Kakanwil Kemenkumham Papua ajak jajarannya proaktif Dukung Program P3DN dan Afirmasi BBI, Prioritaskan Belanja Anggaran Untuk Produk Dalam Negeri

WhatsApp_Image_2022-09-22_at_08.40.06_1.jpeg

Jayapura, 22 September 2022

Humas Papua - Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Papua Anthonius M Ayorbaba mengajak jajarannya memiliki kemampuan berpikir proaktif berkomitmen dalam optimalisasi Program Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri (P3DN) dan aksi afirmasi Bangga Buatan Indonesia (BBI). Hal tersebut diungkapkannya saat memimpin apel pagi di jajaran kanwil kemenkumham papua, Kamis (22/09/2022).

Anthonius menjelaskan, pemerintah terus mengoptimalkan pembelian produk dalam negeri, terutama yang berasal dari Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) sebagai langkah tindak lanjut aksi afirmasi pembelian dan pemanfaatan produk dalam negeri.

Presiden RI Ir. Joko Widodo mengeluarkan Instruksi Presiden Republik Indonesia (Inpres) Nomor 2 Tahun 2022 tentang Percepatan Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri dan Produk Usaha Mikro, Usaha Kecil, dan Koperasi dalam rangka Menyukseskan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia pada Pelaksanaan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah.

WhatsApp_Image_2022-09-22_at_08.40.06_6.jpeg

Disebutkan pula, Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia, Yasona Laoly juga telah meminta komitmen dari seluruh Kanwil di Indonesia untuk menyukseskan Program P3DN tersebut. Hal itu diutarakan Sekjen kemenkumham saat kegiatan Rapat Koordinasi Evaluasi bagi seluruh kanwil Se Indonesia.

“Hal penting lainnya yakni memaksimalkan belanja barang dan modal yang bisa dilakukan, dengan mengutamakan produk dalam negeri,” imbuhnya.

WhatsApp_Image_2022-09-22_at_08.40.06_5.jpeg

Program P3DN akan mengoptimalkan belanja APBN di Kementerian/Lembaga untuk menggunakan produk dalam negeri sehingga dapat memacu pertumbuhan ekonomi nasional yang berkeadilan sesuai amanat Pancasila. Dalam hal ini, imbuhnya, Pemerintah secara tidak langsung mengedukasi masyarakat untuk bangga menggunakan produk buatan Indonesia.

Untuk itu kepada subagian yang dapat bertanggung jawab mensosialisasikan hal tersebut untuk dapat mensosialisasi kepada masyarakat sehinga masyarakat dapat memahami dan mau mengunakan prodak dalam negeri." Kata Anthonius

Lebih lanjut Kakanwil berpesan kepada pegawai yang mengikuti Diklat terkait hal hal yang sangat penting bagi kanwil ini mohon untuk usai kegiatan Diklat agar apa yang di dapat di implementasikan bagi organisasi ini.

WhatsApp_Image_2022-09-22_at_08.40.06_7.jpeg

Hal lain yang menjadi perhatian juga terkait data dukung laporan B09 untuk setiap Divisi dapat menyiapkan dan berikan kepada subbagian Humas sehingga dapat membuat laporan kanwil Papua ke inspektorat nantinya dan juga bagi pegawai yang melakukan kegiatan dan perjalanan dinas mohon untuk laporanya di proses secepatnya sehinga tidak menghambat laporan pengunaan anggaran. " Jelas kakanwil

Di akhiri arahanya Anthonius menyampaikan beberapa agenda penting yang nanti di laksanakan dalam Minggu berjalan untuk dapat di persiapkan oleh subbagian terkait agar kegiatan dapat terlaksana dengan baik memang tidak mudah kita Bangun koordinasi dengan stakolder lain tetapi dengan bersinergi dan kalaborasi dalam bekerja pasti pekerjaan yang tidak mudah pasti bisa di selesaikan dengan baik.

Mari kita tetap rajin berolahraga menjaga imun tubuh kita dan selalu menjaga prokes yang telah di tetapkan oleh pemerintah sehinga kita terbebas dari dampak penyebaran covid 19 yang masih melanda Indonesia." Pungkas Anthonius M Ayorbaba

WhatsApp_Image_2022-09-22_at_08.40.06_4.jpeg

LAPORAN TIM HUMAS KANWIL KEMENKUMHAM PAPUA

WEB : www.papua.kemenkumham.go.id
Twitter : @kanwilpapua
IG. : humaskemenkumhampapua
FB : Humas Kemenkumham Papua


Cetak   E-mail