TEGASKAN AKTIF APEL PAGI UNTUK PENINGKATAN KEDISIPLINAN PEGAWAI, KADIV PEMASYARAKATAN AJAK JAJARAN ASN KANWIL PAPUA MENUJU PASTI TIFA

WhatsApp_Image_2022-01-11_at_08.13.17_1.jpeg

Jayapura, Selasa 11 Januari 2022

HUMAS PAPUA - Apel pagi kembali dilaksanakan pada Selasa, 9 Januari 2022, tepat Pukul 08.00 WIT, di halaman Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Papua. Peserta apel pagi ini diikuti oleh seluruh Pegawai ASN dilingkungan Kanwil Papua dengan peningkatan jumlah kehadiran sekitar 80%, lebih banyak dari sebelumnya, tindak sebagai Pembina Apel Kepala Divisi Pemasyarakatan, Kusnali dengan Komandan Apel Yoppy R. Romhadi. Pelaksanaan apel pagi dilaksanakan rutinitas setiap hari Senin- Jumat dengan pelaksanaan setiap hari Senin digekar di Aula Utama dengan menggunakan Zoom Meeting bersama seluruh Jajaran Unit Pelaksana Teknis Pemasyarakatan dan Keimigrasian se-Papua. Sementara pada hari Selasa – Jumat digelar di Lapangan Upacara Kanwil Papua. Rutinitas ini akan menjadi langkah baik karena banyak manfaat yang bisa diperoleh bersama, yakni selain pembiasaan kedisiplinan, juga menciptakan rasa kebersamaan, kekeluargaan, serta semangat baru sebelum memulai aktifitas bekerja.

WhatsApp_Image_2022-01-11_at_08.13.17.jpeg

Sebagai Pembuka arahan dalam Apel tersebut Kadiv Pas Kusnali membacakan Resume Pemantauan Media tanggal 06 -10 Januari 2022 Pemantauan Media dilakukan oleh Biro Humas, Hukum, dan Kerja Sama. Data pemberitaan yang diolah dalam laporan ini terbagi dalam dua sumber yaitu: Media online, yang telah terdaftar di Dewan Pers dan terindeks oleh Google search engine. Media sosial, yang masuk dalam pemantauan adalah Twitter dan Youtube. Data Facebook dan Instagram tidak terbaca karena Application Programming Interface (API) bersifat tertutup. Pergerakan data pada Kamis 06 Januari – Senin 10 Januari 2022 (pukul 11.00 WIB) mencapai ±6.600 data, di antaranya tentang Deklarasi Janji Kinerja tahun 2022 LPKA Maros produksi Mini Cafe Box Container, Kemenkumham Papua deportasi 61 WNA selama tahun 2021, Kemenkumham Riau gandeng ICITAP AS gelar pelatihan pengamanan Lapas.

WhatsApp_Image_2022-01-11_at_08.13.20_1.jpeg

Perbandingan data pemberitaan Unit Es I (MEDIA ONLINE) menunjukkan Ditjen KI memiliki pemberitaan terbanyak sebanyak 47 berita, diikuti Ditjen PAS dan Ditjen Imigrasi. Perbandingan data pemberitaan kanwil (MEDIA ONLINE) menunjukkan Kanwil Jateng memiliki pemberitaan terbanyak sebanyak 69 pemberitaan, diikuti Kanwil Papua dan Kanwil Riau. Tokoh yang paling banyak disebutkan dalam pemberitaan adalah Menkumham sebanyak 307 berita, diikuti Kakanwil Sulsel dan Sekjen. Isu mengenai Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia didominasi oleh isu Netral dengan jumlah ±4.600 pemberitaan. Kemudian disusul dengan sentimen Positif sebanyak ±1.100 pemberitaan, dan sentimen negatif sebanyak ±300 pemberitaan. Pemberitaan dengan sentimen positif diantaranya, Deklarasi Janji Kinerja thaun 2022, LPKA Maros produksi Mini Cafe Box Container, Kemenkumham Riau gandeng ICITAP AS gelar pelatihan pengamanan Lapas, Petugas Lapas dan Warga Binaan di Pasbar tes urine, hasil negative, Cegah penyebaran Omicron, 25 WNA ditolak masuk Indonesia via Bandara Soetta. Sedangkan Pemberitaan dengan sentimen negatif diantaranya Petugas temukan sajam dan handphone saat geledah Lapas Kelas II A Sibolga, Napi Lapas Muaro Padang kendalikan pasokan ganja lintas provinsi, Pada media online, berita Kemenkumham dipublikasikan pada media mainstream, seperti Tribun, Detik, Kompas, Merdeka, CNN, Sindo, dan Liputan 6.

WhatsApp_Image_2022-01-11_at_08.13.18.jpeg

Dengan penyampaian dan penegasan beberapa rekomendasi diantaranya, Unit Eselon I, kantor Wilayah, dan UPT yang terkait dengan isu pemberitaan negatif dimohon segera melakukan langkah-langkah klarifikasi/mitigasi sehingga isu negatif tertanggulangi. Unit Eselon I, Kantor Wilayah, dan UPT melakukan publikasi pada media yang telah divalidasi oleh Dewan Pers dan terindeks di Google search engine dengan pertimbangan, Memudahkan akses masyarakat terhadap pemberitaan tentang Kemenkumham. Pemberitaan dapat tercatat dalam media monitoring Biro Humas, Hukum, dan Kerja Sama, Pemberitaan oleh media yang belum divalidasi oleh Dewan Pers memiliki nilai kepercayaan/kebenaran yang rendah.

WhatsApp_Image_2022-01-11_at_08.13.20.jpeg

Hal menarik dari apel pagi ini, semua Jajaran ASN Kanwil Kemenkumham Papua mulai menyadari pentingnya kedisiplinan yang tak hentinya digelorakan Kakanwil, Anthonius M. Ayorbaba disetipa kesempatan. Artinya setiap kehadiran akan terus dipantau melalui absen ASN dan laporan secara terperinci pada WhatsApp grup Kanwil Papua Pasti tifa. Sebagai penutup untuk semangat mengawali Kinerja hari ini (11/1) Jajaran meneriakan YEl-Yel Kemenkumham “PASTI” dan Kanwil Papua “PASTI TIFA”. (*)

 

 

LAPORAN TIM HUMAS KANWIL KEMENKUMHAM PAPUA

WEB : www.papua.kemenkumham.go.id
Twitter : @kanwilpapua
IG. : humaskemenkumhampapua
FB : Humas Kemenkumham Papua


Cetak   E-mail