KAKANWIL KEMENKUMHAM PAPUA BAGUN DISKUSI BERSAMA PARA PELAKU SENIMAN TENTANG HAK CIPTA BAGI MASYARAKAT DI BUMI CENDERAWASIH

WhatsApp_Image_2022-01-10_at_13.45.13.jpeg

Jayapura, 10 Januari 2022

Humas Papua - Bertempat di Ruangan kerjanya Kakanwil Kemenkumham Papua Anthonius M Ayorbaba menerima dan menindak lanjuti Permohonan Bantuan hukum terkait Hak cipta lagu yang di usung oleh Pdt Jake M Ibo dan Sdra Deo Lumbang Gaol ( gembul sapaan akrabnya ) seniman musik di Papua. Dalam penerimaan Permohonan pendaftaran hak cipta ini kakanwil Kemenkumham Papua Anthonius M Ayorbaba menjelaskan terkait Prosedur, Syarat dan Biaya kepada para pelaku seniman yang ingin mendaftarkan hak ciptanya. Mematenkan atau mendaftarkan karya cipta,seperti lagu-lagu ini sangat penting. Sebab, jika lagu yang diciptakan nanti terkenal atau tren dan tidak terdaftar, maka tidak bisa mengklaim terhadap mereka yang publikasikan lagu tersebut menjadi tren. Karena, masing-masing orang akan berpikir dari segi segmentasinya. Menurut Anthonius M Ayorbaba dari segi hak ciptanya tentu bisa menerima royality seperti penambahan pendapatan, menikmati kesejahteraan seperti kebanyakan musisi Indonesia saat ini yang hidup dari royality mereka. Oleh karena itu, jika terdaftar sebagai hak cipta, sehingga ketika direkam dan lain sebagainya tentu akan berdampak baik terhadap peningkatan kesejahteraan dari pencipta lagu tersebut. Paling tidak, dari hasil ciptaan lagu ini dapat memberikan kehidupan di dalam keluarga dari hasil karyanya. Karena ini bentuk penghargaan dari hasil karyanya yang harus diberikan apresiasi oleh semua yang menikmati hasil karya seseorang.

WhatsApp_Image_2022-01-10_at_13.45.14.jpeg

“ Kita menikmati karya anak bangsa dari sisi segi musik dalam lagu lagu yang memberikan kita nuansa kehidupan dan memberikan kita sebuah harapan Semua orang bisa nyanyi, tetapi semua orang tidak bisa mencipta. Untuk itu, orang-orang yang mencipta harus diberikan perlindungan, sehingga hak-hak kakayaan intelektual mereka benar-benar berdampak positif bagi mereka,” ucap Anthonius M Ayorbaba. Kakanwil berharap dengan apa yang terus dipublikasikan serta di sosialisasikan ini, maka masyarakat bisa memiliki kesadaran untuk mendaftar. Tak hanya itu, pihak Kanwil Kemenkumham Papua akan melakukan berbagai pendekatan pelayanan langsung kepada masyarakat, tetapi juga masyarakat yang datang ke Kanwil Kemenkumham Papua akan diproses untuk mengecek dan menyampaikan berbagai persyaratan sesuai dengan biaya yang diketahui untuk didaftarkan hasil ciptaannya. Dan tentu hak kepemilikan dari anda dan posisi lagu mu akan mendapat prospek yang baik bagi konsumsi masyarakat dan masyarakat menikmati lagu itu sebagai karya terbaik dalam hidup. Untuk itu Anthonius M Ayorbaba selaku Kakanwil kemenkumham Papua berharab kepada seluruh pelaku seni yang berada di Papua untuk jangan tunggu lagi ini kesempatan di awal tahun tingalkan pikiran kebekuanmu lupakan masa lalu mu dan bergeraklah dengan tahun yang baru supaya ada prospek yang terbaik untuk anda juga layak menerima kesehjahteraan dari hasil karya yang Tuhan berikan pada hidup mu sukses selalu para pencipta seniman di tanah Papua. " Tutur Anthonius M Ayorbaba.

WhatsApp_Image_2022-01-10_at_13.45.23.jpeg

Menanggapi hal tersebut Deo Lumbang Gaol ( gembul ) selaku seniman sangat terinpirasi dan termotivasi dan lebih giat lagi untuk lebih teliti lagi dalam berkarya dengan apa yang telah di sampaikan oleh kakanwil Kemenkumham Papua untuk itu beliau mengajak seluruh para seniman dan musisi di Papua untuk segerah daftarkan hak ciptanya di kanwil Papua untuk mendapat bantuan hukum semoga dengan penjelasan ini dapat memajukan musisi musisi di Papua Kedepan. " Jelas Gembul. Senada dengan apa yang telah di sampaikan oleh Sudara Deo Lumbang Gaol, Pdt Jake M Ibo menyampaikan pertemuan ini sangat memberikan masukan dan motivasi kepada kami untuk membangun federasi pekerja seni di Papua yang mana secara pusat sudah ada cuma di Papua belum ada dan kami merasa ini suatu wadah yang tepat untuk mendorong para pekerja seni yang ada di Papua. Kita tau di Papua banyak para pelaku seni yang hebat hebat tetapi belum terorganisir untuk mendaftarkan hak ciptanya dan setelah mendengar langsung apa yang telah di sampaikan oleh kakanwil kita akan membagun federasi para pekerja seniman di Papua untuk memajukan musisi musisi di tanah Papua " jelas Pdt Jake M Ibo (Foto/nar:Heri)

WhatsApp_Image_2022-01-10_at_13.45.27.jpeg

LAPORAN TIM HUMAS KANWIL KEMENKUMHAM PAPUA

WEB : www.papua.kemenkumham.go.id
Twitter : @kanwilpapua
IG. : humaskemenkumhampapua
FB : Humas Kemenkumham Papua


Cetak   E-mail