Kanwil Kemenkumham Papua Gelar Kegiatan Operasi Gabungan Warga Negara Asing Pada Sekolah Internasional HillScrest School Papua

WhatsApp_Image_2021-11-29_at_18.09.26.jpeg

Jayapura, 29 November 2021_HUMAS PAPUA

Kakanwil Kemenkumham Papua Anthonius M. Ayorbaba secara resmi melepas Kegiatan Operasi Gabungan Pengawasan terhadap Orang Asing yang ada di HillScrest School Sentani Kabupaten Jayapura. Kakanwil yang didampingi Kadiv Keimigrasian Novianto Sulastono, Kadiv Pemasyarakatan Kusnali memberikan pengarahan sebelum melepas Tim PORA untuk melakukan pengawasan. Dalam arahannya kakanwil mengapresiasi kepada dinas Perindagkop, Dinas Kesbangpol Dan Kantor pengawasan pelayanan bea cukai Jayapura yang sudah berpartisipasi dalam kegiatan ini. Kakanwil berpesan kepada tim untuk lebih teliti dalam pelaksanaan Pengawasan ini guna meminimalisir tindakan pelanggaran oleh Warga Negara Asing yang ada di wilayah Indonesia Khususnya di Papua guna menegakkan kedaulatan NKRI.

WhatsApp_Image_2021-11-29_at_18.09.37.jpeg

"Dalam pelaksanaan pengawasan Orang Asing penting untuk memperhatikan Permenkumham Nomor 35 Tahun 2021 tentang Konsultan Keimigrasian dan Permenkumham Nomor 36 tahun 2021 tentang Penjaminan Keimigrasian dalam hal ini pengawasan orang asing sehingga pengawasannya dapat terlaksana dengan baik." Ujar Anthonius M Ayorbaba. Selanjutnya kegiatan Operasi Pengawasan Orang Asing dipimpin langsung oleh Kabid Intelijen dan Penindakan Keimigrasian Abduraab Ely mewakili Kadiv Keimigrasian Novianto Sulastono, bersama instansi terkait diantaranya DISNAKER, Bea Cukai dan juga KESBANGPOL dengan sasaran Sekolah SD, SMP, SMA Hillscret School yang ada di Sekitar Sentani Kabupaten Jayapura. Dalam pengawasan kali bertujuan untuk mengecek data base siswa keseluruhan jumlah siswa dan WNA yang bekerja di HillScrest School Sentani tersebut.

WhatsApp_Image_2021-11-29_at_18.09.28.jpeg

Dalam koordinasi dan konsultasi pengawasan terkait Warga Negara Asing yang berada pada Hillsstrest School. Setelah dilakukan penelusuran dan pengecekan data Pekerja dan Siswa ternyata Nihil, tidak ditemukan pelanggaran penambahan dan pengurangan Orang Asing pada sekolah internasional HillsStrest School Papua Kabid Intelijen dan Penindakan Abduraab Ely dalam wawancaranya bersama Tim Humas menjelaskan bahwa tujuan operasi gabungan Bersama Disperindagkop, Disnaker, dan Kantor Pengawasan Pelayanan bea cukai ini adalah untuk menunjukan bahwa negara hadir untuk memberikan pelayanan kepada seluruh masyarakat dan untuk meminimalisir pelanggaran Orang Asing.

WhatsApp_Image_2021-11-29_at_18.09.33.jpeg

"Dengan digelarnya Operasi Pengawasan Orang Asing ini untuk menunjukan bahwa Negara hadir untuk memberikan pelayanan yang baik serta Keamanan masyarakat, selain itu juga untuk mengecek data base pegawai dan siswa yang bekerja pada Sekolah Internasional Hillsctrest School dala pengecekan tersebut tadi dimana data kami keimigrasian di sekolah Internasional HRS ini tidak ada masalah datanya sangat Akurat sesuai Perizinan yang di berikan oleh bagian keimigrasian kemenkumham RI." Ucap Abduraab Ely. Menangapi hal tersebut government relations Filipus Sohalait menyampaikan sinergitas ini sangat baik untuk di laksanakan dimana sekolah internasional HillScrest School sendiri memiliki pekerja Asing dan juga siswa asing untuk itu kami akan patuh terhadap peraturan pemerintah khususnya peraturan Keimigrasian.

WhatsApp_Image_2021-11-29_at_18.09.35.jpeg

"Kami berharap kedepannya kegiatan pengawasan ini dapat berjalan berkesinambungan. Kami mendukung langkah pengawasan yang di gelar oleh Kanwil Kemenkumham Papua melalui Keimigrasian dalam hal ini Tim Pengawasan Orang Asing"Ujar Filipus. Turut hadir pada kegiatan Operasi Gabungan ini kepala Divisi Keimigrasian Novianto Sulastono yang di wakili oleh Kabid Intelijen dan penindakan Keimigrasian Abduraab Ely, Kasubid Intelijen Keimigrasian Asran Siregar, Instansi terkait dan Pejabat pengawas serta JFT/JFU di jajaran Divisi Keimigrasian Kanwil Papua.

LAPORAN TIM HUMAS KANWIL KEMENKUMHAM PAPUA

WEB : www.papua.kemenkumham.go.id
Twitter : @kanwilpapua
IG. : humaskemenkumhampapua
FB : Humas Kemenkumham Papua


Cetak   E-mail