DORONG PENINGKATAN PEMAHAMAN & PENTINGNYA PERLINDUNGAN KEKAYAAN INTELEKTUAL DI BIAK, KAKANWIL DAN DIREKTUR SOSIALISASI KI

biak1.jpeg

Jayapura, Jumat 30 April 2021

HUMAS PAPUA - Papua dianugerahi oleh Tuhan dengan Alam yang indah dan hutan menghijau dikenal tropical rainforest wilderness yang menyimpan kekayaan alam yang melimpah. Potensi Kekayaan Intelektual di Papua sangat besar, Hal ini disampaikan Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Papua, Anthonius M. Ayorbaba saat membuka secara resmi Sosialisasi Kekayaan Intelektual Tahun 2021 di Kabupaten Biak Numfor. ( 29/4/2021)

Sosialialisasi ini bertajuk Peningkatan Pemahaman dan Pentingnya Perlindungan Kekayaan Intelektual di Kabupaten Biak.

Kegiatan digelar bertempat di Hotel Asana Kabupaten Biak dengan menghadirkan para seniman, musisi, anak muda kreatif, kelompok kerja kreatif dan Pimpinan OPD dan Jajaran Pemerintah Daerah Kabupaten Biak.

Dalam sambutannya, Anthonius M.Ayorbaba mengatakan berdasarkan data yang telah diberikan oleh Dinas terkait Kekayaan Intelektual Komunal Kabupaten Biak Numfor berjumlah 54 KIK diantaranya Wor (Unsur Upacara Adat), Wor (nyanyian adat), cerita Rakyat, Puisi/sastara lisan, permainan Rakyat, Tari-tarian gerak, Pengetahuan tradisional, Potensi indikasi geografis dan Sumber Daya Genetik.

" Dari 54 KIK tersebut baru 2 KIK yang formulirnya sudah diisi dan lengkap persyaratannya diantaranya Anggrek Biak dan Gandum Papua, " Ungkap Anthonius (30/4)

Kakanwil berharap 51 KIK yang tersisa agar dilengkapi formulir dan data dukungnya agar bisa didaftarkan ke Direktorat Jenderal KI.

Akhir sambutannya Kakanwil berpesan dengan sosialisasi ini dapat mendorong peningkatan pendaftaran Kekayaan Intelektual serta mendorong stakeholder di Kabupaten Biak agar memberikan perhatian nyata terhadap KI di Papua.

Usai membuka kegiatan, Kegiatan dilanjutkan dengan Sosialisasi yang digelar secara Panel. Narasumber yang menyampaikan Sosialisasi hari ini, Direktur Hak Cipta dan Desain Industri, Dr. Syarifuddin, S.T.,M.H dan Kakanwil Kemenkumham Papua, Anthonius M.Ayorbaba.

Anthonius M. Ayorbaba pada materinya mendorong peningkatan daya saing investasi di daerah secara khusus Tanah Papua, dengan menyampaikan upaya pendaftarannya sejak memimpin Di Papua Barat.

Materi ini sangat menarik dan sontak peserta terus bersemangat dan memberikan tepukan tangan.

Sementara itu, Direktur Hak Cipta dan Desain Industri, Syarifuddin pada materinya menjelaskan secara keseluruhan Hak Cipta dengan Aturannya dan memberi contoh konkrit dengan perkembangan Digitalisasi saat ini.

" Saya sudah tiba di Tanah Papua dan saya berkomitemen untuk terus memberikan terbaik bagi Tanah ini dan mendorong semua karya cipta harus terus didorong dan penciptanya memperoleh kesejahteraan, " Ungkapnya

Sosialisasi ini dimoderatori oleh Kepala Bidang Pelayanan Hukum, Habel Way dengan memimpin diskusi bersama peserta bertanya dan Narasumber menjawab.

Hadir juga Kepala Dispenrindakop Kabupaten Biak, Kalapas Kelas II B Biak, Kepala Kantor Imigrasi Kelas II TPI Biak, Kasubid AHU, Kasubid KI dan JFT serta Staf di Jajaran Pelayanan Hukum dan HAM. (*)

 biak2.jpeg

biak3.jpeg

biak5.jpeg

biak7.jpeg

biak8.jpeg

biak9.jpeg

biak10.jpeg

LAPORAN TIM HUMAS KANWIL KEMENKUMHAM PAPUA

WEB : www.papua.kemenkumham.go.id
Twitter : @kanwilpapua
IG. : humaskemenkumhampapua
FB : Humas Kemenkumham Papua


Cetak   E-mail