Inspektorat Jenderal Lakukan Desk Evaluasi Pembangunan ZI Menuju WBK/WBBM : Kakanwil, Kami Optimis Menyumbang WBK Tahun 2021 Bagi Tanah Papua

WhatsApp_Image_2021-04-28_at_13.36.14.jpeg

Jayapura, Rabu 28 April 2021

HUMAS PAPUA - Jajaran Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Papua melaksanakan Evaluasi Pembangunan Zona Integritas menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) pada Rabu (28/04/2021). 

Kegiatan Desk Evaluasi Pembangunan Zona Integritas (ZI) Menuju WBK & WBBM diselenggarakan di Aula Utama Kanwil Papua, Jl. Raya Abepura, No.37 Kota Raja -Papua

Jajaran Kantor Wilayah yang terdiri dari 6 Kelompok Kerja (Pokja) Pembangunan Zona Integritas menuju WBK/WBBM yang dipimpin langsung Kakanwil Kemenkumham Papua, dievaluasi oleh Tim dari Inspektorat Jenderal Kemenkumham dipimpin oleh Magdalena Saragi beserta Tim Penilai Internal (TPI).

Hadir langsung Kakanwil, Anthonius Mathius Ayorbaba, sebagai Penanggungjawab Pembangunan ZI Menuju WBK/WBBM didampingi oleh Kepala Divisi Pemasyarakatan, Kusnali, Kadiv Keimigrasian, Novianto Sulastono serta Tim Pokja dari Satuan Kerja (Satker). 

Kegiatan diawali dengan Pertunjukan Yel-Yel Kantor Wilayah Papua, yang langsung dipimpin oleh Kakanwil, Anthonius M.Ayorbaba diikuti seluruh Tim Pokja penuh semangat.

Usai Pertunjukan Yel Kanwil Papua dilanjutkan dengan Pemaparan selama 30 menit oleh Kakanwil Papua selaku Penangungjawab Pembangunan ZI.

Dalam Paparannya, Anthonius M.Ayorbaba optimis Tim Pokja baik di lingkungan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Papua maupun di jajaran Satuan Kerja untuk selalu berkomitmen dalam pembangunan Zona Integritas menuju WBK/WBBM.

Kakanwil menjelaskan Pembangunan ZI yang dilaksanakan di kantor Wilayah dengan melaksanakn 6 Area Perubahan.

Kemudian, Anthonius M. Ayorbaba di sela-sela paparannya mengajak Jajaran Kanwil Papua baik yg tergabung dalam Tim Pokja, Mari kita bekerja bangun Papua penuh optimis dan semangat, berikan yang terbaik, serta lakukan perbaikan-perbaikan untuk mendapatkan hasil yang maksimal sehingga dapat lolos penilaian TPI dan diusulkan ke tingkat TPN.

Dikatakan Kakanwil Papua, sejak dirinya memimpin Kantor Wilayah Papua dengan Maskot atau konsep Kerja PASTI TIFA, Anthonius Yakin akan meraih WBK di Tahun 2021 walau dua kali gagal dalam konstestasi ditahun yang sudah lewat.

Usai menyampaikan Paparan dilanjutkan dengan Wawancara oleh Tim Penilai Internal terkait Pembangunan ZI di Kanwil Papua. Anthonius M. Ayorbaba menjawab dengan sangat tenang dan PASTI setiap pertanyaan yang dilontarkan Tim Penilai hingga masing-masing ketua Pokja juga mendapat giliran untuk menjawab pertanyaan dari Tim Penilai Itjen sebagai Penilai Internal.

Sementara itu, Usai lakukan penilaian terhadap Kanwil Papua, Ketua Tim Penilai Inspektorat Jenderal kepada Humas mengatakan sekilas tentang time line Pembangunan ZI di Lingkungan Kemenkumham RI dari tahun 2015 hingga 2021.

Magdalena menerangkan dari rentang waktu tersebut usulan Satker dari TPI ke Tim Penilai Nasional (TPN) terus bertambah setiap tahunnya serta  Satker yang  mendapat peredikat WBK dan WBBM terus meningkat.

Magdalena pun memberikan penjelasan tentang faktor-faktor penyebab kegagalan atau penggugur dalam pelaksanan pembangunan Zona Integritas sekaligus memberikan strategi atau upaya penguatan dan perbaikan dalam mengahadapi kendala-kendala tersebut.

Timnya sudah 1 Minggu di Papua untuk melaksanakan desk evaluasi kepada 15 Satuan kerja termasuk Kanwil Papua.

Magdalena menekankan, kepada seluruh satker yang berproses, agar jangan hanya berfokus pada Predikat WBK yangbterpenting adalah proses memuju Pembangunan Zona Integritas yang bebas Korupsi, Pungli dan Gratifikasi, itu yang mwnjadi esensi dari WBK dan WBBM di Wilayah.

Ia berharap seluruh Satker di Papua agar tetap semangat dalam berproses terus melakukan inovasi dan lakukan perubahan serta totalitas kita melayani Masyarakat secara prima, itu lah Pembangunan ZI sesungguhnya.

Kami Tim TPI juga selama melakukan Desk Evaluasi memberikan masukan dan saran terhadap hal-hal yang perlu diperbaiki maupun ditingkatkan baik dari segi data dukung maupun dari segi pelaksanaan Pembangunan Zona Integritas.

Menurut Magdalena Desk evaluasi yang berlangsung hingga 28 April 2021 hari ini dengan mengevaluasi 15 Satker termasuk dengan Kanwil Kemenkumham Papua, hasilnya akan resmi dilaporkan kepada Kakanwil Papua. (*)

 WhatsApp_Image_2021-04-28_at_13.36.15.jpeg

WhatsApp_Image_2021-04-28_at_13.36.16.jpeg

WhatsApp_Image_2021-04-28_at_13.36.20.jpeg

WhatsApp_Image_2021-04-28_at_13.36.18.jpeg

LAPORAN TIM HUMAS KANWIL KEMENKUMHAM PAPUA

WEB : www.papua.kemenkumham.go.id
Twitter : @kanwilpapua
IG. : humaskemenkumhampapua
FB : Humas Kemenkumham Papua

Cetak