KAKANWIL LAKUKAN DIALOG INTERAKTIF TENTANG PENGENALAN KEKAYAAN INTELEKTUAL KEPADA MASYARAKAT DI RRI BIAK NUMFOR

WhatsApp_Image_2021-03-05_at_07.57.50.jpeg

Biak, Jumat 5 Maret 2021

HUMAS PAPUA- Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Papua, Anthonius Mathius Ayorbaba menjadi Narasumber dalam Dialog Interaktif Radio Republik Indonesia Biak Numfor, Jumat (5/03/2021)

Mengawali talkshow KaKanwil Kemenkumham Papua Anthonius M Ayorbaba mengatakan bahwa Kekayaan Intelektual (KI) itu adalah hasil karya cipta pikiran manusia yang dituangkan dalam bentuk suatu produk atau proses yang berguna untuk manusia.

Adapun jenis-jenis Hak Kekayaan Intelektual adalah Hak Cipta, Hak Merek, Paten, Desain Industri, Hak Desain Industri, Hak Desain Tata Letak Sirkuit Terpadu, Rahasia Dagang.

Diluar jenis KI yang telah disebutkan , terdapat KI yang juga tumbuh berkembang di masyarakat yang bernamakan KI Komunal (KIK). KIK merupakan warisan budaya tradisional yang perlu dilestarikan, mengingat budaya tersebut merupakan identitas suatu kelompok atau masyarakat.

Dilaksanakannya kegiatan ini dirasa penting oleh karena Sejalan dengan program Direktorat Jenderal KI (DJKI), Talkshow ini juga diharapkan mampu untuk meningkatkan inventarisasi KIK ke dalam database Data Nasional KI Komunal DJKI juga terhadap kesadaran masyarakat akan pentingnya melindungi KIK.

Pada kesempatan ini, Kakanwil Kemenkumham Papua mengajak masyarakat untuk turut serta bersama-sama peduli dalam perlindungan KIK dengan cara mendaftarkan hasil karyanya bisa melalui on line /memanfaatkan Teknologi Informasi maupun di Kanwil dan Kanwil Papua siap melayani Masyarakat Biak.

Melalui keunikan KIK yang mengandung unsur karakteristik warisan tradisional, KIK dirasa mampu untuk ikut andil dalam upaya menarik wisatawan untuk mengunjungi daerah-daerah di Indonesia, termasuk Kota Biak yang pada akhirnya manfaat yang diterima akan kembali lagi kepada masyarakat dari segi peningkatan perekonomian daerah dari sektor wisata.

Bahwa KIK kini telah menjadi salah satu aspek penting ditengah-tengah kehidupan sosial masyarakat, maka perhatian penuh diharapkan dapat diberikan kepada warisan budaya serta alam disekitar kita.

Dengan adanya Dialog Interaktiv ini, Masyarakat Kabupaten Biak Numfor sangat antusias hal ini di buktikan dengan sesi tanya jawab melalui sambungan telepon di sesi tanya jawab Dialog Interaktiv RRI Kabupaten bersama Kanwil Kemenkumham Papua.

WhatsApp_Image_2021-03-05_at_07.57.57.jpeg

WhatsApp_Image_2021-03-05_at_07.57.55.jpeg

LAPORAN TIM HUMAS KEMENKUMHAM PAPUA

Web : wwww.papua .kemenkumham.go.id

Twitter : @kanwilpapua

IG : humaskemenkumhampapua

FB : Humas Kemenkumham Papua


Cetak   E-mail