KUNJUNGI LAPAS NARKOTIKA JAYAPURA, KAKANWIL PAPUA AYORBABA MINTA PERBANYAK KAMERA CCTV PADA SETIAP AREA BLOK HUNIAN, MUDAHKAN PETUGAS LAKUKAN PENGONTROLAN

WhatsApp_Image_2021-01-19_at_21.40.53_1.jpeg

Jayapura, Selasa 19 Januari 2021_HUMAS PAPUA — Kepala Kantor Wilayah Papua, Anthonius Mathius Ayorbaba didampingi Kepala Divisi Pemasyarakatan melaksanakan kunjungan ke Lapas Kelas II A Narkotika Jayapura dalam rangka melaksanakan monitoring dan evaluasi terkait pelaksanaan kinerja dan mengecek secara langsung kondisi fisik bangunan Lapas yang tidak sesuai dengan prototype Pembangunan Lapas pada Umumnya.

Kakanwil dan rombongan disambut Kepala Lapas Kelas II A Narkotika Samaluddin Bogra beserta Jajarannya. Di Lokasi Kakanwil langsung melakukan peninjauan ke objek vital yang ada di Lapas pada sarana dan prasarana Lapas mulai dari Blok Tahanan dan Napi, Ruang Pembinaan serta ke tempat Pelayanan Napi dan Tahanan (Self Service). Kakanwil juga menyempatkan dialog dengan Komandan Jaga yang bertugas hari itu.

Lembaga Pemasyarakatan Kelas II A Narkotika saat ini dengan Jumlah Narapidana dan Tahanan terbanyak se- Papua berjumlah 520 orang Napitah. Sedangkan kapasitas sebenarnya dari Lapas hanya bisa menampung sebanyak 308 orang saja. Sehingga Lapas Narkotika Jayapura termasuk sudah over kapasitas.

WhatsApp_Image_2021-01-19_at_21.40.53.jpeg

Usai melakukan peninjauan langsung ke lokasi Blok hunian WBP yang berada pada blok paling belakang, kepada Humas Kadiv Pemasyarakatan mengatakan, kita sudah survei bangunan Lapas Narkotika, namun jika merujuk pada revitalisasi Pemasyarakatan sesuai dengan Permenkumham Nomor 53 Tahun 2018 masih sulit dilakukan di Lapas Narkotika Jayapura di Doyo.

“ Dengan ijin dari Kakanwil mungkin ada perubahan yang lebih representative terkait dengan penyelenggaran revitalisasi Pemasyarkatan, karena Lapas Narkotika blok hunian menghadap ke belakang bukan ke kantor,” Ujar Kusnali

Sementara itu, Anthonius M. Ayorbaba Kakanwil Kemenkumham Papua menegaskan terkait dengan blok hunian Lapas Narkotika hanya memberi kenyamanan bagi penghuni tetapi tidak memberi kenyamanan bagi petugas dalam fungsi pengawasannya.

 

WhatsApp_Image_2021-01-19_at_21.40.58.jpeg

“Solusi yang dilakukan memang harus memaksa petugas untuk disiplin menjalankan semua Protap dalam pengamanan barulah bisa memastikan Lapas itu aman dan bisa dikendalikan,” Ujar Ayorbaba Untuk itu, apa yang telah dilakukan untuk pembenahan Lapas Narkotika Doyo ini akan kita dukung paling tidak untuk memastikan perubahan tata letak blok hunian dan juga penambahan blok baru, Ujar Ayorbaba (19/1)

“ Kita juga akan menambah pagar pemisah blok, sehingga setiap fungsi pemisahan blok ini memberikan kenyamanan kepada petugas, karena jumlah petugas tidak sebanding dengan jumlah Warga Binaan,” kata Ayorbaba.

WhatsApp_Image_2021-01-19_at_21.41.00.jpeg

Pesan Kakanwil kepada Jajaran Lapas Narkotika Jayapura, kunci orang sukses dalam bekerja adalah dengan hati. Kita bekerja harus senang. Kerja untuk hidup dan kerja pun harus belajar. Jadi jangan berpikir selamanya kita akan bekerja disitu-situ saja. Oleh karena itu kita harus mempunyai visi dan misi kedepan mau jadi apa. Karena dengan demikian kita tentu akan semangat dan pantang untuk merasa puas.

WhatsApp_Image_2021-01-19_at_21.41.03.jpeg

 

Kabag Program & Humas, Hendrik Pagiling, Kepala Bidang Bimbingan dan Pengentasan Anak, Jimreves Engel Stender Muloke, Kepala Sub Bidang Pengelolaan Benda Sitaan, Barang Rampasan Negara dan Keamanan, Samuel S. Tanawani, Pejabat dan Staf Jajaran Lapas Narkotika Jayapura turut hadir dalam kegiatan kunjungan Kakanwil tersebut. (foto/nar:heri)


Cetak   E-mail