Jemput Bola Pelayanan Eazy Passport Kanim Kelas I TPI Jayapura di Kantor Gubernur Papua, ASN serta Masyarakat Papua buat Passport Tanpa harus Ke Kantor Imigrasi

 

WhatsApp_Image_2021-01-19_at_08.44.53.jpeg

Jayapura, Selasa 19 Januari 2021_Humas Papua - Kantor Imigrasi Kelas I TPI Jayapura melakukan pelayanan eazy passport pada Selasa, 19 Januari 2021 yang digelar di Halaman Kantor Gubernur Provinsi Papua, Jl. Soa Siu Dok 2, Jayapura, Papua.

Kegiatan Layanan Eazy Passport digelar dalam rangka Hari Bhakti Keimigrasian yang ke 71 Tahun pada 26 Januari 2021 mendatang. Kegiatan ini juga dilaksanakan secara serentak pada Unit Pelaksana Teknis (UPT) Keimigrasian di Kabupaten Mimika, Biak dan Merauke.

Layanan jemput bola pembuatan paspor di masa pandemi Covid-19 dinamakan Eazy Passport, layanan tersebut menjadi inovasi Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Papua, yang diselenggarakan Kantor Imigrasi Kelas I TPI Jayapura diluncurkan untuk mempermudah para Aparatur Sipil Negara (ASN) Provinsi Papua serta masyarakat membuat paspor tanpa harus ke kantor Imigrasi.

Kepala Divisi Keimigrasian Novanto Sulastono di sela-sela kegiatan mengatakan layanan tersebut bisa diajukan secara kolektif untuk perkantoran, instansi pemerintah, kompleks perumahan dan masyarakat umum. Petugas akan mendatangi pemohon untuk melakukan foto dan wawancara di lokasi yang telah ditentukan.

WhatsApp_Image_2021-01-19_at_19.37.55.jpeg

Pelaksana Tugas Sekda Provinsi Papua, Doren Warkerkwa yang turut mengurus Passport Elektronik pada Layanan Eazy Passport yang digelar di Halaman Kantor Gubernur mengatakan ini merupakan pertama kali dilaksanakan di Provinsi Papua. Para ASN juga sangat membutuhkan Passport Elektronik maupun biasa.

“ Kami berharap semua Pegawai Negeri Sipil yang belum memiliki Passport bisa datang urus di sini supaya bisa memudahkan dalam perjalanan ke luar negeri, passport ini sangat penting, “ Ujar Doren Warkerkwa (19/1)

Menurutnya, karena ini sudah difasilitasi Pemerintah Provinsi Papua, Gubernur Papua dalam hal ini saya ada selaku Plt Sekda Papua telah mengurus Passport Elektronik dan ini akan sangat bermanfaat ke depannya.

Doren juga berterima kasih kepada Kakanwil Kemenkumham Papua, sebagai anak asli Papua yang mendorong agar Masyarakat Papua harus memiliki Passport memberikan kenyamanan bagi keluarga apabila bepergian ke luar Negeri.

Kakanwil Kemenkumham Papua, Anthonius M. Ayorbaba dalam kesempatan tersebut mengatakan Presiden sudah menetapkan bebas Visa bagi 169 Negara bisa masuk ke Wilayah Indonesia. Kita orang Indonesia juga harus tau, ada 32 Negara dimana kita bisa pergi bebas Visa.

WhatsApp_Image_2021-01-19_at_19.37.54.jpeg

“Konsep yang dilakukan oleh Presiden, tentu memberikan kesempatan kepada daerah ada peningkatan investasi di daerah juga mendorong peningkatan di bidang pariwisata,” Ungkap Ayorbaba

Kata Ayorbaba, Papua memiliki banyak potensi wisata yang juga harus didorong dan didukung.

Hari ini merupakan langkah awal untuk kita bisa bersinergi dengan Pemerintah Daerah dan Kanwil Kemenkumham Papua akan mengidentifikasi hal tersebut.

Kita juga sudah bersepakat dengan Sekda Provinsi Papua untuk kolaborasi dan bersinergi untuk memberikan investasi tetapi juga mendorong Pemerintah daerah dalam peningkatan daya saing daerah.

Dalam kesempatan ini kantor Imigrasi Jayapura melakukan pelayanan dimulai pukul 09.00 WIB s.d. 13.00 WIT, penerimaan berkas paspor dilakukan sehari sebelum proses pengambilan data biometrik.

Dalam kesempatan ini permohonan paspor yang diproses sebanyak 25 orang dengan rincian sebagai berikut, Paspor Baru ( Elektronik) sebanyak 11 (sebelas) Paspor Baru biasa sebanyak 8 serta Paspor Penggantian ( Elektronik) sebanyak 6 (Enam) Paspor Penggantian.

Kegiatan dilaksanakan dengan menggunakan kaedah protokol kesehatan baik petugas maupun masyarakat pemohon Paspor agar terhindar dari penyebaran Covid-19 yang masif penyebaranya belakangan ini. (foto/nar:heri)

LAPORAN TIM HUMAS KANWIL KEMENKUMHAM PAPUA

Web : www.papua.kemenkumham.go.id

Twitter : @kanwilpapua

IG : humaskemenkumhampapua

FB : Humas Kemenkumham PAPUA

Channel Youtube : HUMAS KEMENKUMHAM PAPUA


Cetak   E-mail