Sertijab Kalapas Kelas II A Abepura, Kakanwil Ayorbaba, Serukan Lapas Abepura harus Berubah dan WBK di Tahun 2021

46508742.jpg

Jayapura, Kamis 14 Januari 2021 Humas Papua - Serah terima jabatan dan pisah sambut Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Kalapas) Kelas II A Abepura dilaksanakan di Aula Utama Lapas Abepura (14/1) disaksikan Kakanwil Kemenkumham Papua, Anthonius Mathius Ayorbaba, SH.,M.Si. Plt Kalapas Abepura, Syahruddin Pulungan, SH menyerahkan tongkat kepemimpinannya kepada Andi Mohammad Syarif setelah 4 Bulan 13 hari sebagai Pelaksana Tugas Kalapas semenjak bulan 1 September 2020 hingga hari ini (14/1) (Mengantikan Kornelles Rumboirusi).

Di hadapan Kepala Kantor Wilayah, Anthonius Ayorbaba penandatanganan berita acara serah terima jabatan berlangsung secara hikmat , dilanjutkan dengan penyerahan memori jabatan dari Plt. Kalapas Syahruddin Pulungan kepada pejabat baru.

 

WhatsApp_Image_2021-01-14_at_16.30.10.jpeg

 

 

Dalam sambutannya, Syahruddin Pulungan mengucapkan terima kasih kepada Jajaran Lapas Abepura yang telah bekerja sama dan mendukung, sehingga Lapas Abepura tetap aman dan kondusif hingga sertijab dilaksanakan.

Sebut Pulungan, kewajiban saya sejak melaksanakan tugas sebagai Plt di sini, sudah mengajak untuk bekerja sama namun masih ada yang belum maksimal, kita maklumi semoga dengan Kalapas definitive tolong didukung. Apa yang telah kita buat, tolong ditingkatkan, dipetahankan.

“ Kalau kita mau kolaborasi satu sama yang lain bergandeng tangan semuanya bisa terlaksana dengan baik, “ Ungkap Pulungan (14/1)

“Selanjutnya, tantangan kedepan akan jauh lebih besar, dengan target pembangunan Zona Integritas, termasuk Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM)”, ujarnya. Pulungan juga berharap agar silahturahmi terus dapat terjalin dengan baik meski dirinya sudah bertugas di tempat yang baru.

WhatsApp_Image_2021-01-14_at_16.30.16.jpeg

Kepala Lapas yang Baru, Andi Mohammad Syarif mengharapkan dukungan dan bimbingan dari Kakanwil untuk menjalankan tugasnya sebagai Kalapas Abepura. Mohammad Syarif juga mengharapkan kerjasama dari jajarannya serta dukungan dari seluruh staf Lapas Abepura selama Ia menjabat.

“Tanpa kerja sama dan kolaborasi dari kita semua, tidak akan dapat membina warga binaan dengan maksimal”, pungkasnya.

Mengakhiri sambutannya, Andi Syarif menghimbau peningkatan kedisiplinan, “Mari kita tingkatkan integritas dan disiplin. Tidak jamannya lagi kita berleha-leha dalam bekerja. Mari kita rebut predikat WBK”, ujarnya.

Sementara itu, dalam Sambutan Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Papua, Anthonius Mathius Ayorbaba mengungkapkan kini Lapas ini sudah sangat megah, berbeda ketika 13 Tahun yang lalu saya menjadi Kalapas di sini.

“ Kita mengucap syukur kepada Tuhan karena sejak lama pergumulan kita Lapas ini telah berubah terhadap sarana dan prasarana juga blok hunian semuanya itu demi mewujudkan pelayanan terhadap Warga Binaan dapat berjalan dengan baik, “ Ujar Kakanwil Ayorbaba (14/1)

Dikatakan Ayorbaba, memasuki tahun baru, kita semua tetap bekerja dengan berpedoman pada Tata Nilai Kemenkumham “PASTI” dan dengan Konsep kerja baru Kanwil Papua PASTI TIFA (Tranformasi, Iprovmen, Fisibilitas dan Aktualisasi) semua ini akan kita kolaborasikan dan untuk mewujudkan semua capaian kinerja.

WhatsApp_Image_2021-01-14_at_16.30.03.jpeg

Ayorbaba berharap Konvensi berkaitan dengan revitalisasi Pemasyarakatan harus bisa terwujud di Lapas Abepura. Semua akses layanan berkaitan dengan penyeenggaraan hak-hak Warga Binaan Self servis, sms gateway, system database Pemasyarakatan semua harus dilakukan secara transparan dan tidak ada lagi pungutan Liar.

“ Saya datang atas perintah Menteri, untuk melihat perubahan yang benar-benar berubah karena kita tidak lagi bekerja dengan system dan cara-cara lama,” tegas Ayorbaba (14/1)

Pesan Kakanwil kepada Kalapas baru, ini merupakan rumah kita bersama, ini tempat dan Negeri kita bersama Tanah Papua, marilah kita bekerja bersama-sama jajaran Kantor Wilayah, kita tabuh bersama seperti menabuh Tifa supaya ada gerak dan harmoni langkah kita bersama-sama, melakukan kolaborasi dan sinergitas dengan semua pihak dan memastikan Lapas Abepura dan Lapas lainnya di Papua dapat merebut Predikat WBK di tahun 2021.

WhatsApp_Image_2021-01-14_at_16.30.01.jpeg

Kusnali Kepala Divisi Pemasyarakatan usai pelantikan berpesan kepada Jajaran Kepala Lapas Se-Tanah Papua sesuai dengan arahan Kakanwil terkait Konvensional revitalisasi Pemasyarakatan kita semua harus bersinergi dan mempunyai tanggungjawab yang sama untuk bekerja dengan baik mewujudkan Lapas – Lapas di Papua memperoleh Predikat WBK di tahun 2021.

Dalam acara sertijab tersebut hadir Kadiv Pemasyarakatan, Kusnali, Kepala Unit Pelaksana Teknis Pemasyarakatan Se-Kota Jayapura, Kepala Bagian Program dan Humas, Hendrik Pagiling, Pdt.Sarlotha Sesa, Ketua PHMJ Jemaat Kategorial Mandiri GKI Emaus Lapas Abepura, Pejabat Eselon IV,V serta JFU Jajaran Lapas Abepura. (*)

LAPORAN TIM HUMAS KANWIL KEMENKUMHAM PAPUA

Web : www.papua.kemenkumham.go.id

Twitter : @kanwilpapua

IG : humaskemenkumhampapua

FB : Humas Kemenkumham PAPUA

Channel Youtube : HUMAS KEMENKUMHAM PAPUA


Cetak   E-mail