KAKANWIL KEMENKUMHAM PAPUA MENGHADIRI DEKLARASI JANJI KINERJA 2020 & PENCANANGAN PEMBANGUNAN ZI MENUJU WBK/WBBM, MENKUMHAM RI : TUNJUKAN KEHEBATANMU KEMENKUMHAM SIAP WBK/WBBM TAHUN 2020

jakin9.jpg

Jayapura, 6 Januari 2020

Tifa News - Jajaran Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkum HAM) Papua, hari ini Senin 6 Januari 2020 mengikuti Teleconference Apel Pagi Pegawai dan Deklarasi Janji Kinerja Tahun 2020 serta Pencanangan Pembangunan ZI menuju WBK/WBBM secara langsung dari Lapangan Graha Pengayoman Jln Rasuna Said Kuningan Jakarta Pusat.

Kepala Kantor Wilayah, Murdjito Sasto menghadiri Acara tersebut secara langsung di Jakarta bersama seluruh Kakanwil Se-Indonesia.

Sementara di Kanwil Kemenkum HAM Papua yang hadir dan mengikuti teleconference dan aplikasi zoom diantaranya, Kepala Divisi Administrasi (Kadiv), Johan Manurung, Kadiv Pemasyarakatan, Sri Yuwono, Kadiv Pelayanan Hukum dan HAM, Kurniaman Telambanua, Kadiv Keimigrasian, Friecce Sumolang, Pejabat Eselon III dan IV serta JFT/JFU di Lingkungan Kanwil Kemenkum HAM Papua.

Sebelum acara dimulai terlebih dahulu mendengarkan Laporan dari Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kemenkum HAM RI, Bambang Rantam Sariwanto. Dikatakan Bambang, pencanangan Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM) di lingkungan Kemenkum HAM di tahun 2020 merupakan hakikat yang selalu diselenggarakan disetiap awal tahun dalam rangka menguatkan komitmen tata nilai dan budaya kerja kami PASTI.

Dengan agenda utama penandatanganan komitmen bersama pembangunan Zona Integritas (ZI) menuju WBK dan WBBM ditingkat pusat dan Kantor Wilayah, Penandatanganan Pakta Integritas antara Kemenkum HAM dengan pihak eksternal dalam Pembangunan ZI menuju WBK/WBBM antara Kemenkum HAM RI dan Ketua KPK RI juga Ketua Ombudsman RI, Penyerahan instruksi Menkum HAM RI tentabg revitalusasi Low and human rights center , Penyerahan Surat Keputusan (SK) bagi 1.985 PNS yang direkrut pada 2018 dilingkungan Kemenkum HAM RI, Pelatihan dan penguatan Pengorganisasian Peraturan Daerah (Perda) melalui corpurate university.

Usai pembacaan Laporan kegiatan dilanjutkan dengan sambutan Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) RI, Irjen Pol. Firli Bahuri. Ia mengawali dengan memberikan ucapan selamat kepada Jajaran Kemenkum HAM atas capaian meraih WBK berjumlah 39 Satker, WBBM sebanyak 4 Satker yang berhasil. Firli Bahuri mengatakan Respon atas acara hari ini, seluruh Jajaran Kemenkum HAM menunjukan kecintaan dan tekad bersama untuk mewujudkan tujuan negara kita yakni mencerdaskan kehidupan bangsa dan memajukan kesejahteraan umum.

Dikatakan ketua KPK, Semua ASN Kemenkum HAM tetap bertekad mewujudkan WBK dan WBBM karena ini merupakan perwujudan dari tujuan Presiden RI.

" Apa yang dikerjakan Kemenkum HAM hari ini, merupakan wujud nyata bukan sekedar slogan hampa, tetapi kita benar-benar berkomitmen untuk mewujudkan WBK dan WBBM bagi masyatakat, " Ungkap Firli

Pada penutupan sambutan, Firli mengajak WBK dan WBBM diwujudkan secara bersama, menyatukan tekad tidak ada seorang pun sukses tanpa membutuhkan orang lain.

Kita harus bersama-sama menyemangati dan bekerja sama membebaskan NKRI dari praktek korupsi, kata Firli penuh semangat. Sambutan juga disampaikan Ketua Ombudmas RI, Prof Amzulian Rifai yang juga menyampaikan apresiasi atas pencapaian yang diraih Jajaran Kemenkum HAM meraih WBK /WBBM.

Dikatakan Ketua Ombudsman, pemerintah tidak henti-hentinya, terus mencanangkan nilai bebas korupsi.

" Tidak sempurna memang, banyak tantangan yg kita hadapi tapi kita tdk boleh berputus asa, tekad itu tidak boleh berhenti dan tidak boleh kendor," tegas Amzulian Rifai

Ia pun lantas menegaskan, Kami mengapresiasi Kemenkum HAM bersama seluruh jajaran yang tidak pernah lelah terus berupaya, untuk berkontribusi pada tata kelola pemerintahan yang baik dan bebas dari korupsi. Apel hari ini bertindak selaku inspektur Upacara yaitu Menteri Hukum dan HAM RI, Yasonna H Laoly. Dalam sambutannya Yasonna mengajak Jajaran Kemenkum HAM berbela rasa duka atas musibah yg terjadi di daerah Jawa, kita doakan agar musibah ini cepat berlalu.

Menkum HAM berterimakasih kepada ketua KPK dan Ketua Ombudsman yang hadir untuk mewujudkan ASN Pengayoman yang berkualitas dan berintegritas .

Dikatakan Yasonna, tantangan di Tahun 2020 akan semakin berat, masih banyak Pekerjaan Rumah yg belum dituntaskan. Saya berharap hambatan dan tantangan akan menjadi peluang bagi kemenkum HAM yang mana telah menetapkan Target Kinerja yang menjadi buah pikir untuk dilaksanakan sebaik mungkin, dengan demikian kita dapat mewujudkan prioritas Nasional yang kita kerjakan dengan baik.

Saya yakin ke depan akan semakin meningkat prestasinya yang kita dapat, kata Menkum HAM.

Dijelaskannya bahwa pada Tahun 2018 Kemenkum HAM 10 Satker Kemenkum HAM berhasil meraih WBK dan WBBM, dan pada penghujung Tahun 2019 kita naik menjadi 400% raihan WBK/WBBM. Kalau kita mau pasti kita bisa. Maju atau tidaknya Satker tergantung kepada pemimpinnya, tegas Yasonna H Laoly. Menkum HAM mengatakan lebih lanjut, tantangan kita jauh lebih besar, maka sy mengajak kita semua di jajaran Kanwil untuk bertekad mewujudkan harus mampu meyakinkan anggotanya untuk bekerja dengan baik.

" Memimpin itu artinya meyakinkan orang lain untuk melakukan yg menjadi tujuan. Harimau meninggalkan belang, ka UPT akan selaku dikenang, akan menjadi sejarah, jika berhasil meraih WBK dan WBBM," Kata Yasonna H Laoly (6/1)

Tak pelak Menkum HAM, Yasonna pun meminta kepada Sekjen, agar Satker yang mendapat WBK dan WBBM harus mendapat reward.

Selain itu juga Yasonna H Laloly juga berpesan kepada 1.985 ASN rekrutan 2018 yang hari ini menerima SK PNS, Buat anak-anak saya yang hari ini resmi menjadi PNS, saya titipkan di tangan kalian Kemenkum HAM ini ke depannya.

" Kalian ini diterima dengan sebuah sistem yang baik, kalian harus memberikan yang terbaik, kalian adalah pemimpin 20 tahun ke depan, bermimpilah setinggi langit, karena jika kalian jatuh akan jatuh di antara bintang, " kata Yasonna

Kamu harus berani bermimpi, kamu harus punya cita-cita makanya bekerjalah dengan baik untuk mewujudkan cita-cita itu, yakinlah ke depannya kamu akan menjadi pemimpin, pesan Menkum HAM disambut tepukan tangan yang meriah dari peserta Upacara.

Jajaran Kemenkum HAM harus memiliki SDM unggul untuk itu saya mengajak untuk terus belajar sebagaimana yang telah ditetapkan yakni corpurate university artinya SDM Jajaran kemenkum HAM menjadi maju dan berkinerja dengan baik. Saya intruksikan kepada seluruh Kakanwil se Indonesia, segera Merevitalisasi Low and human rights artinya ada kehadiran kita dirasakan oleh masyarakat. Jangan sampai Kemenkum HAM antara ada dan tiada, keberadaan kita harus diakui di masyarakat, tegas Yasonna.

Pesannya, Mari kita kerja produktif untuk bekerja cepat dan berkinerja dengan baik. Melaksanakan kegiatan dengan menghasilkan output dan out came yang benar. Saya mengucapkan terima kasih kepada seluruh jajaran yang telah bekerja keras mewujudkan WBK dan WBBM, bagi yang belum berhasil meraih WBK, saya ingatkan dunia belum kiamat mari wujudkan, pesan Yasonna.

Tunjukan kehebatanmu tunjukan bahwa kemenkumham benar-benar menjadi WBK dan WBBM, inilah harapan kita bersama, ini adalah komitmen kita bersama. Selamat menjalani tahun baru 2020 semoga kita tetap menjadi abdi-abdi Negara. (*)

 

 JAKIN8.jpg

JAKIN6.jpg

JAKIN3.jpg

JAKIN5.jpg

JAKIN2.jpg

JAKIN1.jpg

JAKIN4.jpg

LAPORAN TIM HUMAS KANWIL KEMENKUMHAM PAPUA

Web : www.papua.kemenkumham.go.id

Twitter : @kanwilpapua

IG : humaskemenkumhampapua

FB : Humas Kemenkumham PAPUA

Channel Youtube : HUMAS KEMENKUMHAM PAPUA

Cetak