Home

Profil

Satuan Kerja

Produk Hukum

Layanan Publik

Pusat Informasi

Survey IKM

REFORMASI BIROKRASI

Pencarian Data

Kunjungi Pos Lintas Batas Kondo Kadiv Keimigrasian : terjang Medan Berat Demi Menjaga Pintu Gerbang NKRI

kondo1

Merauke,24/09/2019. Kepala Divisi Keimigrasian Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Papua Hermansyah Siregar di dampingi Kasubid Penindakan Keimigrasian Rukman, Kasubid Intelijen Keimigrasian Ben Yudha Karubaba, staf JFU Keimigrasian Widodo bersama Ka Kanim Kelas II TPI Merauke Murdo Danang Laksono, Ka Rudenim Jayapura Alimuddin, dan Tim Kanim Kelas II TPI Merauke mengunjungi Pos Lintas Batas RI-PNG di Distrik Naukenjerai Kampung Kondo Kabupaten Merauke.

Perjalanan dari Kabupaten Merauke menuju Pos Lintas Batas Kondo di tempuh melalui jalur darat dengan waktu kurang lebih 4 jam
Pos Lintas Batas yang terletak di kampung kondo ini merupakan wilayah kerja Kantor Imigrasi Kelas II TPI Merauke dan di jaga oleh 2 orang petugas Pos yaitu Daniel Bonara dan Florentinus Keith

My Work My Adventure

Untuk menuju Pos Lintas Batas RI-PNG di kampung kondo Kadiv Keimigrasian Hermansyah Siregar beserta rombongan dihadapkan dengan medan berat berupa Kondisi Geografis hingga harus membelah hutan menggunakan kendaraan double gardan serta motor trail. Namun hal tersebut tak mengurangi semangat orang nomor 1 di jajaran Keimigrasian se Papua ini.

"Selama bertugas di Papua, Pos yang kami kunjungi ini (PLB Kondo) merupakan pos dengan akses jalur darat tersulit. Kami pernah ke Pos Lintas Batas di kwirok melalui jalur udara namun untuk jalur darat ini yang tersulit hingga harus membelah hutan untuk bisa sampai di PLB Kondo. Butuh perjuangan extra dan tidak mudah demi menjaga Pintu Gerbang NKRI di Timur Indonesia. Kami tidak menyangka sekaligus bangga di PLB Kondo ini kita mempunyai 2 petugas Pos yang dengan semangat pengabdian yaitu Daniel Bonara serta Florentinus Keith", Ungkap Hermansyah Siregar.

Pos Lintas Batas Kondo saat ini telah jarang dilalui pelintas batas baik dari Indonesia menuju Papua New Guinea maupun sebaliknya dikarenakan letak geografis nya yang sulit di tempuh oleh kendaraan hal ini dikatakan oleh KaKanim Kelas II TPI Merauke Murdo Danang Laksono.

kondo2

"Untuk kondisi Sarpras di PLB Kondo ini cukup baik dan terawat hanya saja terdapat beberapa titik yang perlu sedikit perbaikan, namun hal tersebut tidak mengganggu pelaksanan pelayanan keimigrasian yang ada di pos ini. Perlu diketahui untuk saat ini PLB Kondo jarang dilewati Pelintas Batas baik dari Indonesia ke Papua New Guinea maupun sebaliknya karena letak geografis yang sulit di lalui kendaraan. Para pelintas batas dari Merauke ke PNG dan sebaliknya lebih memilih melalui Pos TNI AL di Torasi melalui speed boat sedangkan untuk di Pos TNI AL Torasi tidak terdapat petugas imigrasi. Hal ini saya sampaikan dengan harapannya kedepannya Pihak PNG-RI dapat merevisi Basic Agreement terkait PLB Kondo ini" ujar Murdo Danang Laksono

Sementara itu menurut Florentinus Keith petugas PLB Kondo yang telah bertugas 9 tahun di Pos Lintas Batas Kondo akses jalan menuju tempat tugas dari merauke merupakan salah satu tantangan yang ia hadapi demi melaksanakan tugasnya sebagai penjaga Pintu Gerbang NKRI.

"Untuk bertugas di sini (PLB Kondo) kalau dari Merauke cukup sulit jika musim kemarau dapat di tempuh melalui jalur darat, sedangkan di musim hujan akses jalan tertutup banjir sehingga harus menggunakam speed boat untuk sampai di tempat tugas tapi itu semua tidak menghalangi kami untuk tetap melaksanakan tugas" ujar Florentinus Keith.

Hal senada juga di sampaikan oleh rekan Florentinus, Daniel Bonara bahwa rintangan yang mereka hadapi untuk melaksanakan tugas tidak menyurutkan semangat mereka dalam memberikan pelayanan keimigrasian bagi masyarakat di perbatasan.

"Kami merasa senang dan bangga mendapat kunjungan langsung dari Kepala Divisi Keimigrasian Kanwil Kemenkumham Papua bapak Hermansyah Siregar bersama Ka Kanim Kelas II TPI Merauke bapak Murdo Danang Laksono dan Tim. Rintangan medan yang sulit sama sekali tidak menyurutkan semangat kami memberikan pelayanan keimigrasian terbaik bagi masyarakat di perbatasan" ujar Daniel.

kondo3

LAPORAN TIM HUMAS KANWIL KEMENKUMHAM PAPUA

Web : www.papua.kemenkumham.go.id

Twitter : @kanwilpapua

IG : humaskemenkumhampapua

FB : Humas Kemenkumham PAPUA

Channel Youtube : *HUMAS KEMENKUMHAM PAPUA