Rapat TIM PORA Tingkat Provinsi Papua diselenggarakan oleh Kanwil Kemenkumham Papua

Jayapura_23/11/2018. Rapat Tim Pengawasan Orang Asing (TIM PORA) dilaksanakan oleh kanwil kemenkumham papua bertempat di Ruang Rapat Divisi Keimigrasian Kanwil kemenkumham papua.

IMG_6638.JPG

Kegiatan ini dibuka langsung oleh Ka Kanwil Kemenkumham Papua Iwan Santoso di dampingi Kadiv Keimigrasian Hermansyah Siregar dan dihadiri Pejabat Eselon III,IV serta JFU Divisi Keimirasian Kanwil Kemenkumham Papua.Pada sambutannya Ka Kanwil mengatakan Dalam pengawasan Orang Asing tentunya Kimigrasian tidak dapat berdiri sendiri. Untuk itu di bentuk Tim Pengawasan Orang Asing (TIM PORA)"dalam pengawasan Orang Asing pihak Keimigrasian tidak dapat melangkah sendiri. Tentunya dibutuhkan sinergi dari instansi vertikal maupun daerah untuk melakukan pengawasan tersebut, untuk dibentuk Tim Pengawasan Orang Asing (TIM PORA) yang terdiri dari  stakeholder terkait. Rapat TIM PORA ini tidak hanya berlangsung di tingkat Provinsi untuk kedepannya akan diselenggrakan di tingkat kabupaten guna lebih menjangkau Pengawasan dari tingkat provinsi hingga kabupaten"ungkap Iwan Santoso.

IMG_6645.JPG

Lebih lanjut dikatakan bahwa satker keimigrasian di wilayah papua berjumlah 5 satker diantaranya 4 Kantor Imigrasi dan 1 Rumah Detensi Imigrasi yaitu Kanim Kelas I Jayapura, Kanim Kelas II Biak, Kanim Kelas II Merauke, dan Kanim Kelas II Mimika serta Rumah Detensi Imigrasi Jayapura. Dengan luas wilayah papua yang dua kali lipat pulau jawa berbanding dengan jumlah satker imigrasi tentunya sangat tidak efektif. "Satker keimigrasian di bawah Divisi Kemigrasian Kanwil Kemenkumham Papua Berjumlah 5 satker terdiri dari 4 Kantor Imigrasi dan 1 Rumah Detensi Imigrasi. Tentunya jika melihat luas wilayah papua yang dibandingkan dengan satker imigrasi yang ada tentunya tidak efektif untuk itu kami membentuk Unit Kerja Keimigrasian (UKK) yang rencananya akan diresmikan tgl 26 November 2018 di tembagapura. UKK ini kedepannya tidak hanya berada di tembaga pura namun kami akan berkoordinasi dengan pemerintah daerah di papua agar dapat membentuk UKK di daerahnya. Dengan adanya UKK diharapkan fungsi pengawasan Orang Asing maupun pelayanan keimigrasian dapat lebih dekat dengan masyarakat" tutup Iwan Santoso.

IMG_6661.JPG

Hadir pula dalam Rapat tersebut perwakilan Kodam XVII Cenderawasih Fujika Robert, perwakilan Lantamal X Indarto (Dantim Intel), Perwakilan BNNP Papua Sabidin Basri, Perwakilan Kanwil Kemenag Papua Gayati, Perwakilan Kesbangpol Provinsi Papua Simon Rumbiak, perwakilan kantor kesehatan pelabuhan Lahadi, Perwakilan Disnaker Semuel takroma, Kepala Rudenim Jayapura Alimuddin.

LAPORAN TIM HUMAS KANWIL KEMENKUMHAM PAPUA

Web : www.papua.kemenkumham.go.id
Twitter : @kanwilpapua
IG : humaskemenkumhamkanwilpapua
FB : Humas Kemenkumham PAPUA
Channel Youtube : HUMAS KEMENKUMHAM PAPUA


Cetak   E-mail