Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Papua Gandeng Ombudsman Perwakilan Papua Tinjau Pelayanan Publik Di Lapas Kelas IIB Nabire

Nabire,15/11/2018. Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Papua Iwan Santoso yang didampingi Kasubag PPHTI Mulia Wari Sonny menggandeng Kepala Perwakilan Ombudsman Papua Iwangin Sabar Olif melihat secara langsung pelayanan publik yang dilaksanakan pada Lapas Kelas IIB Nabire.

IMG-20181115-WA0014.jpg

Kedatangan Kepala Kantor Wilayah bersama rombongan diterima oleh KA Lapas Kelas IIB Nabire Sopian di ruang kerjanya.Dalam kunjungannya Kepala Kantor Wilayah mengatakan bahwa Kanwil Kemenkumham Papua siap bersinergi dengan pihak-pihak terkait guna menciptakan pelayanan publik yang bersih dan transparan. "Pada kesempatan ini kami sengaja menggandeng bapak Kepala Perwakilan Ombudsman Papua untuk secara langsung bersama-sama melihat bagimana proses pelayanan publik, sarana dan prasarana bagi Petugas dan Warga Binaan Pemasyarakatan serta pelayanan hak-hak WBP yang ada di Lapas Nabire. Kami telah berupaya memperbaiki sistem pelayanan publik yang ada di Lapas-Lapas se-Papua untuk itu kami sangat memerlukan masukan dari pengawas external terkait hal itu, salah satu dari pengawas external itu adalah Ombudsman"ungkap Iwan Santoso.

IMG-20181115-WA0016.jpg

Lebih lanjut dikatakan oleh Kepala Kantor Wilayah kemenkumham Papua Iwan Santoso bahwa kondisi Lapas yang ada di Papua secara keseluruhan belum Ideal. Namun pihaknya terus mengupayakan dengan keterbatasan personil, keterbatasan sarana dan prasarana tidak menjadi penghalang untuk terus berjuang mengimplementasikan Pemasyarakatan PASTI SMART. "Untuk saat ini kondisi Lapas-Lapas yang berada di Papua memang belum Ideal, namun kami terus berupaya ditengah keterbatasan untuk dapat selalu maksimal dalam mengimplementasikan tata nilai pemasyarakatan PASTI SMART. Untuk Lapas Nabire sendiri saya sangat mengapresiasi inovasi-inovasi yang telah dibuat oleh Ka Lapas Nabire berupa pemberdayaan WBP di bidang keterampilan, ternak ayam, bimbingan rohani dll sehingga WBP memiliki kesibukan yang positif di dalam Lapas Nabire" kata Iwan Santoso.

IMG-20181115-WA0013.jpg

Mengenai pelayanan publik di Lapas Kelas IIB Nabire Kepala Perwakilan Ombudsman Papua Iwanggin Sabar Olif mengatakan sangat mengapresiasi Kanwil Kemenkumham Papua beserta Jajarannya secara khusus Lapas Kelas IIB Nabire. "Saya sangat mengapresiasi sistem pelayanan publik pada Lapas Nabire. Selama ini gambaran kami bahwa kondisi Lapas terkesan Seram / kumuh namun setelah melihat lebih jauh kedalam, Lapas disini bersih, hijau, dan jauh dari kesan seram/kumuh. Satu hal yang sangat menarik di Lapas Nabire bahwa pelayanan terhadap Hak-Hak Warga Binaan Pemasyarakatan salah satunya mengetahui kapan dirinya (WBP) bebas dapat langsung diketahui oleh yang bersangkutan hanya dengan menempelkan jari mereka ke mesin yang telah disediakan kemudian data wbp,masa hukuman,waktu bebas dapat terlihat jelas. Hal ini saya rasa menjadi Role Model bagi Lapas-Lapas yang ada di Papua agar kedepannya dapat memaksimalkan Pelayanan Publik berbasis IT" ungkap Iwanggin Sabar Olif.

IMG-20181115-WA0012.jpg

Selain melihat proses pelayanan publik di Lapas kelas IIB Nabire Kepala Kantor Wilayah beserta rombongan juga melihat langsung kondisi blok Warga Binaan Pemasyarakatan, Dapur, Pagar, daftar menu makan WBP, serta bertemu dengan Pegawai dan CPNS Lapas Kelas IIB Nabire. KA Kanwil berpesan kepada para pegawai agar dalam melaksanakan tugas tetap berpegang pada Protap yang berlaku serta bersikap terpuji dan menjauhi hal-hal negative.

IMG-20181115-WA0009.jpg

Sementara itu Kepala Lapas Kelas IIB Nabire Sopian mengatakan pihaknya sangat berterima kasih atas kunjungan Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Papua bersama Kepala Perwakilan Ombudsman Papua. "Terima kasih kepada bapak Ka Kanwil beserta Kepala Perwakilan Ombudsman Papua berkenan hadir di tengah-tengah kami untuk melihat kondisi pelayanan publik yang kami laksanakan disini. kami terbuka menerima kritik dan saran dari masyarakat maupun pengawas internal dan external dalam hal ini Ombudsman Perwakilan Papua saran yang disampaikan kepada kami akan menjadi bahan evaluasi pelayanan publik kami agar kedepannya kami menjadi lebih baik lagi." Tutup Sopian.

IMG-20181115-WA0008.jpg    IMG-20181115-WA0006.jpg

IMG-20181115-WA0010.jpg

 

 

 

LAPORAN TIM HUMAS KANWIL KEMENKUMHAM PAPUA

Web : www.papua.kemenkumham.go.id
Twitter : @kanwilpapua
IG : humaskemenkumhamkanwilpapua
FB : Humas Kemenkumham PAPUA
Channel Youtube : HUMAS KEMENKUMHAM PAPUA

 


Cetak   E-mail