Home

Profil

Satuan Kerja

Produk Hukum

Layanan Publik

Pusat Informasi

Survey IKM

REFORMASI BIROKRASI

Pencarian Data

PERANG MELAWAN NARKOBA TERUS MENJADI KOMITMEN BERSAMA CABANG RUTAN TANAH MERAH

A.CAB.RUT TANAH MERAH 001

(BOVEN DIGOELl 21 NOVEMBER 2016)  – Cabang Rumah Tahanan Negara Tanah Merah, Kabupaten Boven Digoel berkomitmen Perang Melawan Narkoba, sebagai bentuk keseriusan Cabang RUTAN Tanah Merah kali ini melakukan tes Urine kepada seluruh petugas Cabang Rutan dan Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP). Total 12 petugas dan 8 WBP akan mengikuti tes urine tersebut.

"maraknya peredaran narkoba akhir-akhir ini sangat memperihatinkan, bagi petugas dan WBP Cabang RUTAN Tanah Merah, Tidak Ada ampun bagimu, jika bermain-main dengan narkoba" terang Zadrach Korwa,S.E selaku Kacab.RUTAN Tanah Merah.

Tes urine pada cabang RUTAN Tanah Merah menggandeng Instansi terkait seperti Dinas Kesehatan Kabupaten Boven Digoel dalam hal ini Puskesmas Tanah Merah dan Dari Pihak Kepolisian (POLRES Boven Digoel). Kegiatan ini dirasakan sangat penting agar dalam melaksanakan tugas, petugas benar-benar bersih dari peredaran narkoba dan penggunaan narkoba. Narkoba juga sangat berpengaruh pada keadaan Psykologis WBP yang sedang menjalani Hukuman, serta menjadi pemicu tindakan-tindakan huru hara atau kerusuhan pada Lembaga Pemasyarakatan (LAPAS),RUTAN dan Cabang RUTAN.

A.CAB.RUT TANAH MERAH 002

Untuk itu Petugas Cabang RUTAN Tanah Merah serta WBP WAJIB bersih dari Narkoba, "Jika dalam tes urine ini petugas,maupun WBP terbukti menggunakan Narkoba akan kami serahkan proses hukum nya kepada Pihak Kepolisian" pungkas Zadrach Korwa,S.E

Pada akhir pemeriksaan Dr.Nirmala Pombailit selaku pemeriksa mengatakan " Hasil tes urine seperti yang tertera pada alat tes urine menunjukan Petugas dan Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) cabang Rumah Tahanan Negara Tanah Merah NEGATIVE menggunakan Narkoba (NIHIL) "

Selain itu dari pihak Kepolisian sangat mengapresiasi kegiatan yang dilakukan Cab.RUTAN Tanah Merah, seperti dikatakan oleh Kanit Narkoba POLRES Boven Digoel BRIPKA.Hidayat Umaternate saat di wawancara wartawan RRI Boven Digoel " saya Mewakili POLRES Boven Digoel sangat mengapresiasi kegiatan ini, KEMENKUMHAM Papua melalui perwakilannya Cabang RUTAN Tanah Merah telah membuka pintu kepada kami secara terbuka,transparan dan tegas, cabang RUTAN Tanah Merah merupakan Instansi pertama yang berada di Kab.Boven Digoel yang secara Terbuka menggandeng Pihak Terkait untuk melaksanakan, dan mengawasi Proses Pemeriksaan Urine Bagi personil dan Warga Binaan Pemasyarakatan nya, kami harapkan untuk kedepannya semakin banyak instansi-intansi pemerintah maupun swasta di wilayah hukum Kab.Boven Digoel dapat mengikuti langkah Cab.RUTAN Tanah Merah untuk berani melakukan pemeriksaan urine terkait narkoba kepada para pegawainya secara terbuka dan transparan, guna menciptakan Kab.Boven Digoel yang BEBAS dari NARKOBA. (Oleh Robert Bayu Nsd_PAS)

A.CAB.RUT TANAH MERAH 003