KAKANWIL IWAN SANTOSO SIDAK KE SEJUMLAH BLOK HUNIAN PADA LAPAS KELAS IIB BIAK

KAKANWIL IWAN SANTOSO SIDAK KE SEJUMLAH BLOK HUNIAN PADA LAPAS KELAS IIB BIAK

LP 01

Kab Biak_Info_ 10 Agustus 2018 "Saya tidak mau tahu, bulan depan ketika saya kembali lagi ke Lapas Biak, blok hunian Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) harus sudah rapih dan bebas dari ludah pinang", hal ini diungkapkan Kepala Kantor Wilayah, Iwan Santoso kepada Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Kalapas) Biak, Luluk Kuncoro, saat melakukan pemeriksaan ke sejumlah blok hunian WBP siang ini. (10/8)

Pejabat dan Staf Lapas Kelas IIB Biak hari ini terlihat cukup sibuk dengan berbagai aktifitas baik menerima kunjungan dari keluarga narapidana maupun pengawasan serta pembinaan Narapidana dalam hotel prodeo tersebut.

Kesibukan pun nampak saat Orang nomor satu Kantor Wilayah Kemenkumham Papua beserta rombongan pun melakukan pemeriksaan ke sejumlah blok.

Namun sebelum beranjak ke Blok hunian, Iwan Santoso bersama rombongan menyambangi para pengunjung di ruang besuk Lapas Biak serta berdialog langsung dengan para pengunjung dengan keterbatasan ketersediaan fasilitas pada Lapas Biak.

" KPLP harus segera lakukan pembenahan dan kebersihan ruang besuk agar keluarga bisa nyaman dengan narapidana yang dikunjungi," tegas Kakanwil

Kemudian Kakanwil beserta rombongan yakni Kepala Divisi Administrasi, Pagar Butar Butar, Kepala Divisi Pemasyarakatan, Sarlotha Merahabia, Kabag Umum Mangatas Nadeak, Kasubag Kepegawaian Sri Isyati didampingi Kalapas Biak Luluk Kuncoro beserta jajaran memasuki blok-blok hunian serta berdialog langsung dengan narapidana.

Banyak hal yang dijumpai saat pemeriksaan tersebut. Diantaranya Blok hunian untuk anak sangat tidak layak, oleh karena fasilitas yang belum memadai pada Lapas Biak.

LP 02

Kapasitas pada Lapas Kelas IIB Biak menampung narapidana 120 orang. Sementara narapidana dan tahanan penghuni Lapas Kelas IIB Biak hingga saat ini sudah mencapai 199 orang, over sekitar 79 orang.

Kepala Divisi Pemasyarakatan, Sarlotha Merahabia di sela kunjungan mengatakan, yang kita bina ini adalah manusia sehingga tolong dijaga kebersihan sehingga mereka juga tinggal dengan nyaman.

Kadiv Pas sangat menyayangkan karena kondisi Blok hunian sangat kotor dengan dinding yang penuh dengan ludah pinang. Ia berharap Kalapas beserta jajaran perlu kerja sama dengan WBP untuk membersihkan setiap blok yang ada.

Sementara itu Kakanwil Kemenkumham Papua, Iwan Santoso usai melakukan pemeriksaan mengatakan, secara keseluruhan Lapas yang ada di Papua kondisinya sudah cukup baik. Tadi kami periksa di ruangan Tata Usahanya, sarana prasarana sangat memprihatinkan. Kami juga masuk melihat langsung ruangan untuk data basenya.

LP 05

Di Indonesia Timur tentunya berbeda dengan Indonesia bagian barat, dimana koneksi internet memang agak kurang baik namun ke depan akan ada perbaikan dari teman-teman di Pusat.

"Kita juga tadi ke blok memang kondisinya tidak bersih juga di dapur," Ujar Iwan Santoso

Lebih lanjut ia mengatakan, kami sudah mengingatkan kepada Kalapas segera dibenahi dan dibersihkan karena bulan depan kami akan kembali lagi ke Lapas Biak untuk memantau kondisinya lagi dan kita pastikan bahwa itu sudah ada perbaikan.

Selain itu, Kakanwil juga menegaskan masuk juga pada ruang-ruang hunian dan melakukan wawancara dengan narapidana, untuk makan cukup baik namun kebersihan saja yang harus diatasi.

Lebih lanjut Kakanwil menjelaskan jika dirinya juga memeriksa gudang senjata dan menyarankan kepada KPLP agar gudang senjata harus dibuat ada lubang ventilasi sehingga ada udara yang masuk karena dikuatirkan amunisinya sewaktu-waktu bisa meledak, kata Iwan

Kita juga akan terus melakukan koordinasi dengan Direktorat Jenderal Pemasyarakatan sebagai atasan langsung dari Lapas sehingga hal-hal terkait SDP dan lainnya segera dibenahi dengan baik, tutup Iwan Santoso. (*)

LP 04

LAPORAN TIM HUMAS KANWIL KEMENKUMHAM PAPUA

Bagian Program dan Pelaporan Kanwil Kemenkumham Papua

Web : www.papua.kemenkumham.go.id
Twitter : @kanwilpapua
IG : humaskemenkumhamkanwilpapua
FB : Humas Kemenkumham PAPUA
Channel Youtube : HUMAS KEMENKUMHAM PAPUA


Cetak   E-mail