BERTEMU KAPOLDA PAPUA, KAKANWIL BERHARAP KERJA SAMA POLRI DAN KEMENKUMHAM PAPUA TETAP SOLID

BERTEMU KAPOLDA PAPUA, KAKANWIL BERHARAP KERJA SAMA POLRI DAN KEMENKUMHAM PAPUA TETAP SOLID

KAPOLDA 1

Jayapura, 29 Mei 2017 – Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Papua, Abner Banosro bersama tiga orang Kepala Divisi mendatangi Kantor Polda Papua bertemu dengan Kapolda Irjen Polisi Boy Rafli Amar di ruang kerjanya siang ini (29/5)

“Ada beberapa agenda yang kami sampaikan ke Bapak Kapolda terkait pembangunan Hukum di Tanah Papua, “kata Banosro

Dikatakan Banosro agenda penting yang disampaikan pada Divisi Pemasyarakatan yang membawahi delapan Lapas dan satu Rutan di Papua, yakni permasalahan Narkoba yang masih ada dalam Lapas terbukti dengan setiap ada pemeriksaan urine masih banyak napi yang positif masih menggunakan Narkoba.

Persoalan lain yang disampaikan terkait dengan tahanan yang dititip di Lapas, adakalanya saat diterima pihak Lapas tahanan dalam kondisi babak belur saat diterima petugas Pas, selang beberapa minggu tahanan tersebut meninggal hal ini menambah daftar panjang persoalan di dalam Lapas.

KAPOLDA 2

Menkumham RI saat rapat evaluasi di Jakarta menginstruksikan kepada seluruh Kakanwil di Indonesia, segera sampaikan kepada Kalapas jika terjadi persoalan pelarian narapidana, Pungli dan Narkoba tidak boleh Kantor Wilayah yang melakukan pemeriksaan tetapi diperiksa oleh Polisi, jika terdapat kesalahan maka oknum petugas tersebut langsung ditindak sesuai peraturan hukum yang berlaku.

Dilanjutkan, khususnya Divisi Imigrasi terkait dengan pengawasan orang asing yang masuk Indonesia serta TKI non prosedural.

Dikatakan,Divisi pelayanan Hukum dan HAM terkait dalam waktu dekat akan melakukan pemetaan secara menyeluruh permasalahan hukum yang paling menonjol di Papua. Hal ini perlu kerja sama dengan Polda Papua agar bisa menerima data-data yang valid terkait persoalan-persoalan hukum yang ada di Papua.

Hasil dari pemetaan tersebut akan direkomendasikan sehingga ditindaklanjuti oleh Pemerintah Daerah dalam rangka pembuatan suatu produk hukum daerah.

Banosro mengatakan, dalam pertemuan dengan Kapolda Papua tersebut, Irjen Pol Boy Rafli Amar menyampaikan segera mengadakan rapat koordinasi yang melibatkan Kanwil Kemenkumham Papua untuk menyikapi persoalan hukum yang ada di Papua. Abner Banosro sangat setuju, namun dirinya mengharapkan agar dibangun juga kerja sama antara Pengadilan serta Kejaksaan.

“Kami bersyukur atas penerimaan Pak Kapolda sangat cepat sekali merespon surat kami dan bertemu dengan kami karena selama ini berganti Kapolda sangat susah bertemu Kapolda di Papua,” kata Banosro

KAPOLDA 3

Sementara itu, Irjen Polisi Boy Rafli Amar di ruang kerjanya usai bertemu Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Papua Siang ini mengatakan, ke depan akan lebih ditingkatkan lagi kerja sama yang lebih kokret antara Kanwil Kementerian Hukum dan HAM Papua dengan Polda Papua. Terkait point serta bidang-bidang apa yang perlu dikerjasamakan lebih didetailkan lagi sehingga bisa diaplikasikan secara bersama-sama. Pertemuan hari ini baru penyampaian secara umum bentuk-bentuk yang akan dikerjasamakan.

“Sinergi ke depan antara Kanwil Kemenkumham Papua dan Polda Papua akan terus dibangun ke depan, sama-sama Lembaga Pemerintah,” Tegas Irjen Pol Boy rafli Amar.****Humas Kristian/Pict.Bayu

KAPOLDA 4

 

KAPOLDA 5

Cetak